Sukses Jual Bahan Stiker di e-Commerce

jualan-di-e-commerce

Jualan di e-commerce sudah menjadi kebutuhan bagi pemilik modal. Sekarang semua barang bisa dijual, asal sesuai ketentuan. Pun dengan kalian yang ingin mencari bahan stiker, dengan mudah bisa menemukannya di internet.

Ada beberapa keuntungan jualan di e-commerce. Keuntungan ini dilihat dari sisi konsumen, pelaku bisnis dan perusahaan e-commerce-nya.

Keuntungan jualan di e-Commerce:

1. Keuntungan bagi Konsumen

Keuntungan yang diperoleh konsumen ialah mereka bisa mencari barang hanya dengan browsing. Ia juga bisa membandingkan harga tanpa harus mendatangi tokonya. 

Selanjutnya konsumen bisa melakukan pembayaran juga menggunakan aplikasi yang ada di ponsel. Bisa dikatakan dari mulai mencari, membandingkan harga hingga memilih dan membayar bisa dilakukan dengan satu alat yakni ponsel dan internet.

2. Keuntungan bagi Pelaku Bisnis

Para pelaku bisnis yang jualan di e-commerce tak harus memiliki toko fisik dengan tempat pajangan yang menghabiskan ruang. Sebagai distributor perlu juga memiliki stok, namun untuk mendisplaynya sangat efektif menggunakan e-commerce.

Tinggal foto, kasih dekripsi, masuk ke kategori, tentukan harga, kalau perlu harga cicilan. Lalu sistem pembayaran dan pengiriman semuanya dilakukan dengan teknologi online.

Ia juga bisa melayani calon pembeli dengan sangat cepat. Dengan akses komunikasi saat ini, tak sedikit pelaku usaha yang mendapatkan keuntungan berlipat-lipat karena bisa melayani pembeli lebih banyak.

3. Keuntungan bagi e-Commerce

Keuntungan yang diperoleh Manajemen atau perusahaan E-Commerce adalah kepercayaan publik. Jika pengembang sistemnya bekerja profesional, tentu semakin banyak klien yang bersedia bekerja sama.

Sukses Jual Bahan Stiker di e-Commerce

Ingin merasakan gurihnya jualan di internet seperti yang kalian lihat di Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan platform lainnya?

Sebenarnya bukan hal yang sulit untuk melakukannya. Yang pasti kalian memiliki produk utuk dijual. Nggak masalah jika produk yang kalian ingin tawarkan di e-commerce ada yang menyamai. 

Kuncinya adalah pelayanan. Sama saja dengan di dunia nyata, di sebuah kawasan ada begitu banyak jasa cutting stiker. Yang dibutuhkan untuk bertahan dan tetap mendapatkan pemasukan ialah membedakan pelayanan.

Secara garis besar, hal-hal di bawah ini wajib kalian perhatikan jika tidak ingin mengalami keyidakpercayaan dari konsumen.

1. Perhatikan Stok Bahan

Ini yang paling penting menurut saya. Ingat, konsumen tak pernah tahu stok bahan sesungguhnya di toko kalian, selain dari data yang ada di penjelasan e-commerce. Mengupdate stok bahan menjadi pekerjaan yang membosankan.

Baca juga:

Blogshop dan Fungsinya Pada Bisnis Online

Promosi Gratis Usaha Stiker Online? Begini Caranya

Pasti, apalagi jika item yang dijual cukup banyak. Namanya juga bahan stiker, dari banyak warnanya saja sudah bisa dibayangkan. Belum beda merek. Belum benda lain yang dijual, yang masih berkaitan dengan dunia stiker.

2. Kecepatan Respon

Usahakan segera membalas chat dari konsumen yang membutuhkan bantuan kalian. Belum tentu orang yang membeli adalah pelanggan yang sudah sering berbelanja. Bisa jadi ia orang awam yang baru pertama kali ingin belanja.

Tidak bisa dibantah, pembeli akan merasa senang dengan kecepatan respon dari kalian yang jualan di e-commerce. Selain itu, penjual yang slow respons akan ditinggalkan konsumen.

3. Komunikasi Bisnis

Jualan di e-commerce adalah sebuah persaingan. Jika kalian tidak memiliki karyawan yang menguasai komunikasi yang baik, pertanda buruk ke depan. Pembeli memiliki beragam karakter, ada yang cuek namun ada yang agresif.

Bila ketemu pembeli yang aresif, diperlukan cara menjawab pertanyaan mereka dengan kalimat yang menyenangkan. Jika kalian atau karyawan yang dipekerjakan membalasnya dengan emosi, waduh bisa nggak bagus ke depan.

4. Soal Transfer

Hal yang paling menjengkalkan bagi pembeli bahan stiker ialah, uang sejumlah harga bahan sudah ditransfer. Belakangan kalian mengirimkan chat jika bahan jenis A dan B kosong.

Sangat tidak profesional. Sangat mengecewakan. Sementara bahan yang kosong itu justru yang paling penting dan urgent. Konyolnya lagi saat minta dibatalkan yang kosong, kalian meminta semua dibatalkan.

Kalian mungkin berpikir jika minta dibatalkan akan semudah itu. Uang yang ditransfer ke kalian tidak langsung ke rekening kalian, melainkan menggunakan rekening bersama. Pembeli tak bisa langsung mendapatkan uangnya kembali untuk dibelanjakan di pelapak lain saat itu juga.

Jalan satu-satunya bagi konsumen ialah melakukan penggantian barang. Ini juga bisa menjadi persoalan juga, karena belum tentu harga barang pengganti senilai barang yang kosong. 

5. Hindari Bintang Satu

Coba kita lihat di e-commerce. Kalian cermati shopee, tokopedia, bukalapak dan lihatlah para penjual bahan stiker. Silakan berbelanja kepada penjual yang memiliki rating bagus.

Baca juga testimoni atau pengakuan para pembeli. Testimoni itu tak akan bisa dihapus. Ibarat noda oleh cat yang tak bisa dihilangkan. Selamanya akan menjadi catatan mengecewakan dari konsumen.

Ini bukan soal apakah toko kalian termasuk besar atau kecil, melainkan soal pelayanan. Sekali lagi cara melayani. Pembeli akan membaca dekripsi atau ketentuan toko online kalian.

Apakah ada biaya tambahan untuk packing? Apakah kalian ikut bertanggung jawab jika pengiriman rusak? Hal-hal seperti itu akan menjadi pertimbangan pembeli.

Kalian mungkin bisa memberikan kalimat penjelasan, misalnya akan membantu menanyakan kepada kurir soal kiriman bahan stiker yang rusak.

Demikianlah teman-teman, jualan di e-commerce bukan hanya memajang barang, memberi harga dan dapat uang. Semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Sukses Jual Bahan Stiker di e-Commerce"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel