Blogshop dan Fungsinya Pada Bisnis Online

blogshop

Blogshop kalau diterjemahkan secara per kata diperoleh arti blog artinya blog dan shop artinya toko. Jadi paling gampang mengartikannya sebagai blog toko.

Blog toko atau blogshop merupakan cara berbisnis di zaman modern. Di mana tak harus memiliki toko fisik, karena hanya memajang koleksi produk di jagat maya.

Pengertian Blogshop

Blogshop adalah toko yang dibuat menggunakan platform blog seperti Blogger, WordPress, atau Livejournal. Konsep ini pernah begitu populer di Singapura lalu kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia.

Mengapa kemudian banyak blogger yang memilih membuat blogshop salah satu alasannya murah atau bahkan gratis.

Hal ini berbeda jika membuat toko yang bukan blogshop, katakanlah toko fisik. Butuh bangunan, tukang untuk merenovasi dan tentu saja harus ada isinya. 

Selain itu tak sedikit pengelola blogshop yang benar-benar sukses menjalankan roda bisnisnya melalui toko online berbasis blog ini. Maka tak heran kemudian kemunculannya disambut gembira warga bumi.

Barang-barang yang dijual di blogshop awalnya berkisar pada jenis pakaian dan aksesoris. Namun kemajuannya tak terbendung hingga sekarang akan gampang menemukan beragam barang lain yang tak cepat basi.

Pengertian Bisnis Online

Setelah mengupas tentang blogshop, kita kali ini memahami apa itu bisnis online. Bisnis online atau e-business adalah segala jenis transaksi bisnis atau komersial yang meliputi berbagi informasi di internet. 

Jika blogshop adalah platformnya, maka bisnis online adalah bentuk usahanya. Sangat jauh berbeda dengan bisnis non online.

Bisnis online hanya membutuhkan waktu singkat untuk terjadinya sebuah transaksi. Calon pembeli tak harus datang ke toko, memilih produk dengan menyentuh atau merabanya.

Kunci bisnis online adalah lancarnya komunikasi. Dan untuk aktivitas ini tinggal menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan.

Hadirnya internet dan ponsel pintar menumbuhsuburkan bisnis online di dunia ini. Lihatlah orang-orang tajir dunia, tak sedikit yang usahanya hanya mengelola bisnis online.

Misalnya adalah Jeff Bezos yang menjadi orang tertajir di dunia lewat usahanya amazon.com. Selanjutnya ada Jack Ma sang pendidi Alibaba yang juga e-commerce. Lalu ada juga Liu Qiangdong yang masuk daftar orang terkaya dunia melalui usahanya JD.com.

Jenis Platform Blogshop

Terdapat beragam platform blogging yang tersedia saat ini, bahkan yang gratis sekalipun. Yang paling populer ialah LiveJournal, Blogger dan WordPress.

Meski gratisan, tetapi jika dikelola dengan sangat profesinal akan menghasilkan profit yang cukup besar. Ketika sudah besar, banyak juga platform gratisan yang kemudian dibelikan domain sendiri.

Selain hadirnya Blogspot, Wordpress dan Livejournal, blogshop juga didukung oleh Drupal, Joomla atau sistem yang disesuaikan.

Blogshop Pendukung Bisnis Online

Blogshop dan bisnis online adalah dua hal yang sangat berkaitan. Satu sama lain merupakan kesatuan.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan bisnis online menggunakan blogshop dibandingkan offline.

1. Modal Relatif Kecil

Sudah dijelaskan di atas, kalau sobat hanya ingin membuat bloshop gratisan bida menggunakan platform gratisan.

Jika sudah memiliki blogshop sebenarnya sudah bisa memulai bisnis online. Hanya membutuhkan smartphone dan kuota internet tentu saja.

2. Mudah Dilakukan

Kalau ada yang mengatakan membangun blogshop butuh keahlian tingkat dewa itu salah besar.

Karena penyedia platform gratisan sudah menyiapkan semuanya. Sobat tinggal menyusunnya. Karena fitur-fitur sebuah toko sudah disediakan.

Hanya membutuhkan sedikit sentuhan, misalnya kategori barang yang dijual. Ini juga sangat mudah, begitu pernah membuat kategori atau label, maka kata itu akan terekam otomatis.

Dengan demikian ketika sobat akan mengkategorikan produk serupa di postingan yang dibuat belakangan, tinggal klik saja.

3. Menekan Biaya Operasional

Dengan blogshop sobat tidak membutuhkan banyak karyawan, bahkan kalau masih bisa dikelola sendiri tak butuh karyawan.

Hal ini tentu sangat menguntungkan karena gaji karyawan bagi toko yang baru dibuka tidak boleh dianggap sepele. Kebutuhan lain ialah listrik dan yang terpenting toko fisiknya.

Untuk promosi sobat tinggal perbanyak saja postingan produk. Lalu berikan penjelasan yang detil sehingga calon pembeli yang membaca sudah tahu tanpa harus banyak bertanya.

4. Jangkauan Konsumen Tak Terbatas

Dulu kita atau orang tua kita tak pernah berpikir bisa video call antar benua. Semuanya karena internet. Demikian juga dengan hadirnya blogshop.

Toko online blog sobat bisa dilihat oleh orang Amerika, Kanada, Jerman dan warga dunia lain. Kalau toko fisik? Promosinya paling memasang spanduk berukuran besar biar banyak orang tahu.

5. Tidak Terikat Waktu

Blogshop memungkinkan calon pembeli mengirimkan orderan saat sobat masih tidur. Itulah nikmatnya hidup di zaman seperti ini. 

Namun waktu juga bisa menjadi kendala bagi bisnis online, Contohnya kalau sobat menjalankan bisnis online dengan seenaknya, sulit blogshop untuk maju dan dikenal banyak orang.

Bisnis online juga tidak memiliki batasan waktu, baik pagi, siang, malam, detik, menit, dan jam. Segalanya bersifat instan, mudah, dan ketersediaan Anda dalam membalas pesan-pesan konsumen.

Template Blogshop Keren

Tampilan blogshop juga tak lagi membuat pengunjung bosan. Karena saat ini banyak yang menyediakan template dengan desain toko online.

Ada juga yang gratis, tak sedikit juga yang berbayar. Template yang disediakan apalagi berbayar ini sudah dilengkapi banyak hal yang pada intinya mendukung kelancaran usaha online sobat.

Salah satunya mendukung Search Online Optiomation (SEO). Juga dioprek sedemikian rupa agar loading pagenya cepat. 

Itulah penjelasan tentang blogshop yang mendukung bisnis online, semoga bermanfaat. ***


0 Response to "Blogshop dan Fungsinya Pada Bisnis Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel