Skip to main content

Posts

Showing posts from February 28, 2016

Mengatasi Bahan Sticker Terangkat Saat Dicutting

cuttingstickerupdate - Terangkat atau terkelupasnya bahan sticker cutting pada tepi pola yang dipotong sungguh membuat jengkel. Apalagi pelanggan sudah menunggu dan berharap pesanannya cepat selesai karena ingin segera dipergunakan.

Melihat hasil cuttingan seperti pada gambar yang diinsert di bawah ini akan mengurangi semangat Anda, tentu saja. Sudah begitu, harus mengopek bahan yang tak digunakan lagi, hadeew....



Kejadian seperti yang tampak pada gambar ini bisa terjadi karena beberapa sebab. Namun bukan berarti tak dapat diatasi asalkan dilakukan dengan benar dan mau mencoba satu satu solusi yang akan saya uraikan.  Kesalahan offset Pertama adalah kesalahan offset. Offset penting karena itu mempengaruhi ukuran lebar efektif ujung mata pisau mesin cutting. Dapat dikatakan sebagai jarak antara sumbu vertikal di sekitar ujung mata pisau cutting saat berputar dan ujung tombak mata pisau sendiri.

Offset adalah parameter yang dapat diubah dengan kondisi pemotongan bersama dengan kecepatan…

Memilih Mata Pisau Mesin Cutting Sticker

cuttingstickerupdate - Apa jadinya mesin cutting sticker tanpa pisaunya? Lebih mendingan ponsel tanpa pulsa, masih bisa putar lagu atau nonton video online. Mungkin sudah banyak yang mengetahui jika mata pisau cutting sticker memiliki rahasianya tersendiri. Wah... seperti misteri saja hehe.

Begini sahabat, sebenarnya mata pisau mesin cutting sticker memiliki kemiringan ujung yang berbeda. Coba lihat kotak mata pisau mesin cutting sticker di depan Anda, pasti tertera angka disertai derajat atau degree. Yang lazim 30 derajat, 45 derajat dan 60 derajat.

Mengapa pabrikan mata pisau mesin cutting sticker membuatnya dengan angka berbeda beda?

Setiap kemiringan ujung mata pisau pasti ada gunanya. Berikut saya coba uraikan kegunaannya. Sebagai pelaku usaha cutting sticker, Anda tentu tak bisa menolak ketika ada konsumen datang dan memilih bahan yang dikehendakinya untuk dibuatkan cutting sticker sesuai kebutuhannya.



Dan tentu Anda sudah paham benar, bahan sticker ada yang liat, keras, berteks…

Keunggulan dan Kekurangan Cameo

cuttingstickerupdate - Mesin cutting sticker Silhouette Cameo merupakan generasi terbaru CRaftrobo. Kabarnya, Cameo lahir hasil kerja sama Silhouette Amerika dan Graphtec Jepang.

Bagi Anda pemilik Mesin cutting sticker Silhouette Cameo, tahukan Anda bahwa mesin tersebut memiliki banyak kelebihan dibandingkan mesin cutting sticker lain? Bahkan yang ukuran fisiknya lebih gede.

Ada begitu banyak hal yang bisa Anda kerjakan dengan Mesin cutting sticker Silhouette Cameo. Misalnya saja, membuat cutting sticker, kartu undangan, stensil, kerajinan tangan sekolah, dekorasi ruangan dan sebagainya.



Semuanya dengan mudah dikerjakan oleh Mesin cutting sticker Silhouette Cameo karena ia dilengkapi fasilitas Print and Cut. Sama seperti Craftrobo, namun Mesin cutting sticker Silhouette Cameo lebih mudah digunakan dan lebar area potongnya juga lebih luas yaitu 30 centimeter (Craftrobo hanya 20 centimeter).
Kelebihan Masin Cutting Sticker Cameo Scanner Optik Mesin Cutting Sticker Silhouette Cameo memil…

Tutorial Lengkap Proses Membuat Cutting Sticker

cuttingstickerupdate - Membuat cutting sticker adalah pekerjaan yang membutuhkan ketelitian. Karena akan berpengaruh kepada hasilnya. Apalagi jika Anda menerima jasa pembuatan cuting sticker, ketelitian akan diperhatikan konsumen Anda.



Kali ini saya akan menjelaskan proses pembuatan cutting sticker dari awal hingga siap untuk dipasang. Usahakan baca dengan teliti, karena kalau terselip satu tahap sobat akan bingung. Maaf, tutorial ini untuk pemula, bukan tukang sticker profesional.

Membuat Cutting Sticker Logo Google Langkah 1 Buka Coreldraw, buka lembar kerja baru, lalu import logo Google yang sudah Anda download dari internet. Seperti tampak pada gambar 1 di atas.

Langkah 2 Karena mesin cutting sticker tak bisa membaca file berformat gambar seperti jpg, bmp dan sebagainya, Anda harus mengubahnya menjadi vector. Untuk gambar dengan gradiasi jelas seperti gambar hitam putih dapat Anda trace langsung menggunakan fasilitas trace bitmap di Coreldraw. Namun jika gambar banyak warna, apala…

Contour Cut dengan CraftRobo, Begini Caranya

cuttingstickerupdate - CraftRobo CC 300 20 adalah mesin cutting sticker keluaran Graphtec. Bisa dikatakan mesin cutting sticker paling kecil dengan kemampuan maksimum. Mesin cutting ini dilengkapi dengan port untuk SD memory card dan New Robo Master Software.

CraftROBO cocok untuk memproduksi label, sticker kaos, sepeda motor, helm, truk. Mesin cutting sticker CraftROBO dilengkapi SD card reader yang memungkinkan Anda menggunakannya tanpa terkoneksi ke PC. Anda tinggal menyimpan data desain ke SD card, dan memilihnya dari display pada mesin cutting ini.



Untuk pemotongan ukuran kecil, Craftrobo sangat bisa diandalkan. Pengalaman saya, karena saya juga menggunakan mesin cutting sticker ini, ia mampu memotong ukuran huruf tinggi 4 milimeter secara sempurna. Sudut potongnya sangat presisi sehingga memudahkan saat pengopekan. Namun saya lebih sering menolak pesanan dengan huruf seukuran itu dengan pertimbangan waktu.

Ngopeki kecil jauh lebih sulit danj risiko rusaknya lebih besar ketimbang…

Daftar Mesin Cutting Murah di Indonesia

cuttingstickerupdate - Pebisnis cutting sticker di Indonesia masih didominasi oleh Usaha Kecil Menengah (UKM). Berdasarkan kenyataan tersebut saya akan memposting sejumlah merek mesin cutting sticker dengan harga yang masih terjangkau, karena di bawah Rp10 juta.

Memang dari daftar di bawah ini didominasi mesin cutting buatan China, namun ada juga yang buatan Jepang. Kita ketahui, perkembangan teknologi di Negeri Tirai Bambu ini sangat luar biasa. Semua mesin dibuat, mirip dengan produk Eropa atau Amerika dibuat, dengan harga yang njomplang biangets.

Dan para pemain sticker jujur saja bersyukur dengan kehadiran mesin-mesin cutting yang harganya terjangkau.
Berikut daftar Mesin Cutting Sticker Murah Mesin Cutting Sticker Jinka 451

Setahu saya inilah mesin cutting sticker termurah yang ada di pasaran Indonesia. Dengan kemampuan potong pada area lesebar 30 centimeter, Mesin Cutting Sticker Jinka 451 dibanderol Rp3.8 jutaan. Bisa menjadi pilihan bagi pemula yang ingin mencetak cutting stic…

Pilih Mesin Cutting Sticker Jepang atau Cina?

cuttingstickerupdate - Mesin Cutting Sticker Cina atau Jepang bagus mana ya Mas? Pertanyaan itu paling sering ditanyakan kepada saya selama ini. Biasanya saya akan menanyakan beberapa kalimat disertai analogi untuk memberikan jawaban yang bisa dijadikan pilihan.

Sebagai pelaku usaha apa yang tanyakan adalah sebuah keharusan. Karena beda harga pasti akan diburu, namanya juga pengusaha hehe. Malah aneh kalau sobat menanyakan sebuah mesin cutting di toko, begitu disebutkan harganya langsung bayar, padahal harganya di toko itu bisa ditawar.



Sobat sticker saya di seluruh dunia, untuk memilih mesin cutting buatan China atau Jepang sebenarnya bisa dipikirkan sendiri. Apalagi kita tinggal di Indonesia, sudah tahu benar produk-produk elektronika mana yang dibuat Jepang dan mana yang China.

Penjelasan saya di bawah ini hanya sebagai penegkap informasi, jangan lantas dijadikan pedoman mentah-mentah. Setidaknya sobat tahu beberapa hal yang membedakannya secara mendasar.

Berapa Duit di Kantong Moh…

Tips Membeli Mesin Cutting Sticker

cuttingstickerupdate - Perkembangan dunia cutting sticker di Indonesia memang meningkat tajam. Tak heran jika produsen atau pabrikan mesin cutting sticker di luar negeri berlomba menawarkan dagangan mesin cuttingnya di Indonesia. Semakin banyak merek dapat dijumpai, semakin bingung bagi pemula untuk menentukan mesin cutting sticker mana yang akan dibeli.



Bagi pemalin lama mungkin bisa dengan mudah menyebut nama merek karena sudah terbiasa menggunakan mesin cutting untuk usahanya. Namun yang baru ingin membuka usaha cutting sticker, pasti bingung mesin seperti apa yang harus dibelinya.

Uangnya sih sudah ada, dapat pinjaman dari mertua atau hasil ngumpulin selama kerja. Persoalannya setiap orang yang masih awam dengan mesin cutting pasti dihinggapi rasa-was-was. Bagaimana kalau mesin pilihannya ternyata kualitasnya kurang bagus?

Perlu Sabar Memilih Mesin Cutting Sticker Untuk memiliki mesin cutting sticker yang diharapkan mampu mendukung usaha sticker cutting Anda, ada baiknya perhatika…

Pengertian Mesin Cutting atau Plotter

cuttingstickerupdate - Mesin cutting atau plotter adalah peralatan yang paling penting bagi seseorang yang menginginkan memiliki toko sticker. Maksud saya lebih ke toko cutting sticker. Karena ada juga yang mengkhususkan diri mencetak sticker printing sehingga ia tak membutuhkan mesin ini.
Cara kerja mesin cutting bisa saya gambarkan secara sederhana sebagai berikut. Diawali dengan mendesain pola yang akan dipotong oleh jarum mesin cutting di layar komputer. Desain di layar ini sudah diseting dengan ukuran sebenarnya.
Kadang ada konsumen yang menganggap apa yang dilihatnya di layar komputer itulah ukuran sebenarnya. Padahal tampilan di layar bisa saja diperkecil atau diperbesar untuk memudahkan desain. Namun demikian, desain di layar sudah menggunakan ukuran sebenarnya.


Kalau dipikir secara sederhana, jika ada konsumen memesan sticker berupa tulisan dengan ukuran 300 centimeter x 80 centimeter, pasti tidak akan muat di layar komputer. Nah, kegunaan aplikasi atau software desain sepert…

Buat Blog Gratisan untuk Promosikan Sticker Sobat

cuttingstickerupdate - Blog gratisan adalah cara keren kekinian yang bisa sobat gunakan untuk promosi sticker. Untuk membuat blog gratisan saya tidak akan membahasnya di sini. Sekarang persoalannya bukan bisa ata tidak, melainkan mau atau tidak mau.

Turorial blog gratisan sangat banyak ditemukan di dunia maya. Semuanya hampir sama. kalaupun berbeda itu karena penyampaian atau cara penulisan. Maklum blogger cukup banyak. tentu setiap orang memiliki gaya penulisan yang berbeda pula.

Namun demikian, ilmu yang diajarkan di dalamnya bisa saya katakan sama. Jika sobat mengikuti langkah-demi langkah membuat blog gratisan dengan benar, maka prosesnya nggak lebih dari satu jam.

Keuntungan Promosi Sticker Lewat Blog Gratisan
Pada bagian ini saya akan membahas beberapa keuntungan yang akan sobat dapatkan jika memiliki blog gratisan untuk memajang aneka produk sticker yang sobat bikin. Yang pasti kehadiran sebuah teknologi sebenarnya memudahkan manusia untuk berkreasi.

Tidak Keluar Biaya Membuat …

Step by Step Membuat Cutting Sticker Manual

cuttingstickerupdate - Bagi yang belum memiliki mesin cutting sticker atau plotter, tetap bisa membuat sticker dengan cara manual. Yang dibutuhkan hanya printer rumahan dan alat bantu pisau cutter. Uraian saya ini masih terkait dengan postingan saya sebelumnya.

Jika pada postingan sebelumnya saya lebih mengarahkan ke perintah di printer untuk mencetak kertas-kertas yang akan dijadikan master cutting, kali ini saya lengkapi gambar per langkah. Sepertinya zaman sekarang hampir semua tukang sticker memiliki mesin cutting atau plotter.

Jadi artikel ini anggap saja untuk sobat-sobat yang ingin membuat cutting sticker tanpa harus membeli plotter. Misalnya sobat yang hanya ingin membuat tulisan di pintu masuk masjid, papan lokasi, arah petunjuk dan sebagainya.

[Baca juga: Menerima Pesanan Sticker Cutting Tanpa Mesin Cutting]

Siapa tahu diantara sobat ada yang memang ingin membuatnya secara manual, menggunakan pisau cutting. Bagaimana merasakan ujung pisau menoreh kertas dan tembus ke lapisan …

Terima Cutting Sticker Tanpa Mesin Cutting

Setelah tips jualan cutting sticker saya bahas, kini tak ada salahnya Anda pesan segelas teh hangat atau kopi, menungu calon pembeli lain datang. Alhamdulillah, seorang Bapak datang dan tanpa panjang lebar ia ingin dibuatkan cutting sticker nama tokonya. Ia sudah punya papannya, tinggal nempel dengan sticker.

Byuh.... pesanan yang menguntungkan. Saya tahu apa yang ada dalam benak Anda dengan orderan itu. Bagaimana mungkin menerima pembuatan pesanan cutting sticker sementara mesin cutting saja belum terbeli?

Tenang tenang tenang Mas Bro. Orang sticker itu harus kreatif. Terima saja orderannya, negosiasi harga dahulu, kalau oke sudah simpan saja catatan orderan itu. Lanjutkan berjualan dan nikmati teh manisnya.


Sudah tiba di rumah Mas Bro? Nanti malam pesanan papan nama tokonya akan diambil lho. Jangan sampai lupa ya, harga sudah ditetapkan juga kok. Sekarang nyalakan komputer. buat desain nama toko untuk papan nama itu. Berapa panjangnya, tingginya, warnanya serta bentuk hurufnya. Sebe…

Gantungan Sticker yang Cepat dan Ringkas Dibongkar Pasang

cuttingstickerupdate - Penjual sticker kaki lima membutuhkan pajangan atau tali gantungan untuk menempatkan koleksi sticker mereka. Tergantung jumlah sticker, kalau ribuan lembar bisa memanjang seperti jemuran di musim kemarau.

Ada beberapa teknik yang digunakan para pedagang. Semua tujuannya sama, memperlihatkan koleksi stickernya sehingga calon pembeli bisa memilih dengan nyaman. Berbeda jika stickernya ditumpuk di etalase, ada yang terhalang kaca atau tertutup sticker lain yang belum ditata rapi.


Menggunakan teknik apapun, yang pasti ada ialah tiang sebagai penambat kedua ujung tali. Kalau ada pohon kecil bisa digunakan, tiang listrik atau membawa tiang sendiri. Jika menggunakan tiang sendiri harus diperkuat dengan tali pancang yang diikatkan di penguat di tanah. Jika tidak tiang tak akan bisa berdiri, bagaimana mau memajang sticker?

Teknik Lepas Pertama, adalah teknik gantungan lepas. Denga cara ini semua rentengan sticker yang dibuat dari sticker tembus pandang akan dilepas per l…

Catatan Keuangan Ala Tukang Kredit Keliling

cuttingstickerupdate - Artikel ini masih ada sangkut-pautnya dengan artikel sebelumnya, seputar kiat jualan sticker di kaki lima. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman seputar dunia catat-mencatat. Istilah resminya catatan keuangan.

Siapa bilang pedagang kecil yang hanya menempati sebuah lapak di tepi jalan alias kaki lima tak membutuhkan catatan keuangan? Salah Gaes jika ada diantara kalian yang berpikiran aktivitas akuntansi ini hanya cocok untuk usaha besar. Jika diawali dari kecil akan lebih baik.

Siapa tahu ke depan usaha sobat menjadi raksasa. Memiliki gedung sendiri, ada banyak ruang dengan staf atau pegawai dengan skill yang berbeda. Pasti butuh yang namanya catatan keuangan bukan?


Saat saya masih berjualan sticker di depan Rina-Rini, Batu 9, Bintan Centre, Tanjungpinang, dalam tas pinggang saya selalu ada sebuah buku tulis. Bukan buku catatan kecil, benar-benar buku tulis. Gunanya ya untuk mencatat sticker yang laku per malam. Saya bersama dua rekan saling ganti mencatatat.

[…