Contour Cut dengan CraftRobo, Begini Caranya

cuttingstickerupdate - CraftRobo CC 300 20 adalah mesin cutting sticker keluaran Graphtec. Bisa dikatakan mesin cutting sticker paling kecil dengan kemampuan maksimum. Mesin cutting ini dilengkapi dengan port untuk SD memory card dan New Robo Master Software.

CraftROBO cocok untuk memproduksi label, sticker kaos, sepeda motor, helm, truk. Mesin cutting sticker CraftROBO dilengkapi SD card reader yang memungkinkan Anda menggunakannya tanpa terkoneksi ke PC. Anda tinggal menyimpan data desain ke SD card, dan memilihnya dari display pada mesin cutting ini.

CraftRobo contour Cut


Untuk pemotongan ukuran kecil, Craftrobo sangat bisa diandalkan. Pengalaman saya, karena saya juga menggunakan mesin cutting sticker ini, ia mampu memotong ukuran huruf tinggi 4 milimeter secara sempurna. Sudut potongnya sangat presisi sehingga memudahkan saat pengopekan. Namun saya lebih sering menolak pesanan dengan huruf seukuran itu dengan pertimbangan waktu.

Ngopeki kecil jauh lebih sulit danj risiko rusaknya lebih besar ketimbang ngopeki pola yang besar.

CraftRobo juga dilengkapi sensor untuk mempermudah pemotongan. Untuk kompatibilitas, mesin cutting ini bisa dioperasikan pada berbagai sistem operasi PC dan Mac, serta kompatible dengan Adobe Illustrator® dan CorelDraw®. Harganya berkisar di angka Rp5.600.000 sampai 5.800.000.

Parameter Teknis

Manufaktur : Graphtec, Corp. Jepang. Graphtec America, Inc. (lihat produk Graphtec lainnya Mesin Cutting Sticker Graphtec dan Mesin Cutting Sticker CAMEO)
Model dragging : Stepper motor
Lebar area potong maks. : 200x305mm
Lebar bahan vinyl maks. : 270mm
Panjang bahan maks. : +1m
Kecepatan potong maks. : 10 s/d 70mm/detik
Kekuatan tekan pisau : 230g
Resolusi : 0.05mm
Material : Vinyl, kertas basil (kertas kasar berpola), photo paper, kertas packing (tergantung ketebalan), kertas gambar, dan postcard.
Interface : USB 2.0
Power supply : Adaptor bawaan +24 V DC (2.0A)
Konsumsi daya : 28 Watt
Layar : LCD (8 karakter, 2 baris)
SD card : Read-only 2GB
Dimensi : 42x14x11.2 Cm
Berat : 2.5 Kg.

Contour Cut dengan CraftRobo

contour cutting craftrobo


Salah satu kemampuan dari Craftrobo yang tersembunyi ialah ia mampu melakukan countour pada sticker printing. Seperti kita ketahui, untuk membuat sticker printing selayaknya digunakan mesin print n cut.

Yaitu mesin yang bisa digunakan untuk mencetak sticker dengan tinta namun juga dilengkapi fasilitas cutting. Desain gambar yang sudah dicetak kemudian diseting dan akan dipotong bagian tepi tepinya mengikuti garis pinggir desain sehingga saat sticker dikelupas akan mengikuti bentuk pola stickernya. Tidak harus dipotong manual menggunakan gunting.

Nah Craftrobo ternyata memiliki kemampuan untuk cut tadi. Softwarenya yaitu Robo Master sudah dilengkapi fasilitas ini. Memang hanya mampu membuat sticker dengan lebar maksimal 20 cm, namun bisa sangat berguna untuk pembuatan sticker sticker berukuran kecil.

Untuk melengkapi fungsi andal ini, Anda harus memiliki printer rumahan biasa. Lebih bagus jika tintanya diganti art paper atau pigment. Lalu kertas stickernya menggunakan vinyl waterproof. kebetulan saya menggunakan printer Epson L800 dengan enam tinta, jenis tintanya Pigment atau Art Paper.

Baca Juga:

Daftar Mesin Cutting Murah di Indonesia

Pilih Mesin Cutting Sticker Jepang atau Cina?

Tips Membeli Mesin Cutting Sticker

Step by Step Contour Cut

Software yang digunakan untuk proses contour cut ialah Cutting Master 2. Software ini bisa sobat gunakan untuk mencetak sticker printing ke printer. Dengan software ini pula sobat bisa memberikan perintah kepada CraftRobo untuk memotong bagian luar pola yang sebelumnya sudah diprinting menggunakan printer.


  1. Buatlah desain dengan lebar kertas 20 centimeter. Panjangnya terserah sobat, menyesuaikan saja. Namun untuk latihan tak apa gunakan ukuran kertas A4.
  2. Lalu dengan Cutting Master 2 cetaklah desain tadi menggunakan printer warna. Jangan lupa berilah registration mark atau tanda di keempat sudutnya. Kertas yang dipakai untuk mencetak ialah kertas sticker.
  3. Sekarang masukkan kertas ke mesin cutting. Perhatikan registration marknya harus pas mengebai roda penarik kertas, lalu tekan enter. Otomatis kertas akan masuk sesuai aturan dari mesin ini.
  4. Lalu bukalah desain yang tadi dicetak, buatlah contour atau garis luar dari polanya. Hilangkan gambar yang tadi dicetak sehingga sekarang menyisakan outline mengikuti pola desain.
  5. Atur jarak contour, mau mepet dengan tapi desain atau diberi jarak.
  6. Lalu tekan perintah cut atau potong (jangan tekan perintah print atau mencetak).
  7. Maka pisau CratfRobo akan mulai memotong haris outline sampai selesai.
  8. Setelah itu bukalah kertas stickernya, maka bagian yang tak terpakai akan dengan mudah kita lepaskan. Ia menyisakan sticker printing yang akan digunakan.


Begitulah teknik membuat contour cut menggunakan CraftRobo. Semoga bermanfaat. ***

2 Responses to "Contour Cut dengan CraftRobo, Begini Caranya"

  1. Dimana saya bisa membeli mata pisau untuk mesin ini ?

    ReplyDelete
  2. Saran saya mas belikan blade holder (rumah mata pisau) yang buatan China, selanjutnya mas bisa gunakan mata pisaunya. Jadi rumah pisaunya bisa dipakai selamanya, hanya perlu ganti mata pisau yang harganya lebih murah. Kalau mas tetap pakai mata pisau bawaan, bslinya harus satu set dengan ujungnya yang ada tiga warna itu. Semoga membantu

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel