Keunggulan dan Kekurangan Cameo

kelebihan mesin cutting cameo

cuttingstickerupdate
- Cameo merupakan mesin cutting premium atau berkelas. Meski hanya memiliki area potong selebar 30 centimeter, itu pun nggak akan bisa full segitu, namun kualitasnya wahid saobat.

Ini bukan mesin cutting kaleng-kaleng yang dimiliki oleh mereka yang cuma iseng hanya ingin memiliki mesin cutting. Cameo memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kompetitornya. Makanya sobat dengan mudah menemukan pelapak menawarkan mesin istimewa ini.

Harganya sekarang juga sudah sangat terjangkau. Dahulu, lebih dari lima tahun lalu saya membeli CraftROBO yang merupakan saudara Cameo dari Ronita Digital Printing. Dan sampai sekarang mesin kecil mungil itu masih berfungsi dengan baik.

Hanya tombolnya yang rusak, tanya sana sini nggak ada yang merespon akhirnya justru anak SMK jusuran elektronika yang bersedia memperbaikinya. Dan kemudian berfungsi kembali, namun salah satu fiturnya yaitu contour cut tak lagi bisa digunakan.

Ada begitu banyak hal yang bisa Anda kerjakan dengan Mesin cutting sticker Silhouette Cameo. Misalnya saja, membuat cutting sticker, kartu undangan, stensil, kerajinan tangan sekolah, dekorasi ruangan dan sebagainya.

Semuanya dengan mudah dikerjakan oleh Mesin cutting sticker Silhouette Cameo karena ia dilengkapi fasilitas contour cut. Sama seperti Craftrobo.

Kelebihan Mesin Cutting Sticker Cameo

Berikut ini akan saya ulas secara mendalam keunggulan yang ada di pada Cameo. Bagi yang ingin membelinya pasti membutuhkan informasi ini.

Scanner Optik

Mesin Cutting Sticker Silhouette Cameo memiliki scanner optik yang mampu membaca bahan yang sudah dicetak atau diprint. Setelah Anda memiliki gambar yang sudah dicetak atau di print, kemudian masukkan bahan ke dalam Silhouette Cameo.

Scanner optik Silhouette Cameo secara otomatis akan mencari tanda registration mark pada bahan yang sudah dicetak atau di print dan memotong pinggir atau tepi gambar sesuai dengan kebutuhan anda.

Silhouette Studio


keunggulan-dan-kekurangan-cameo-2


Software Silhouette Studio adalah software bawaan mesin cutting Silhouette Cameo. Software ini sangat mudah dipergunakan bahkan bagi pemula sekali pun. Juga gratis, sudah diberikan secara bundel saat Anda membeli Mesin cutting sticker Silhouette Cameo.

Hasil Cutting Maksimal

Mesin ini dapat sobat andalkan untuk memotong huruf atau pola gambar lain dengan hasil yang sangat presisi. Tidak akan menimbulkan ujung huruf yang tidak terpotong sempurna, dengan begitu memudahkan proses pengelupasan sticker yang sudah dicutting.

Kalian masih bisa menerima pesanan tulisan dengan tinggi huruf 5 milimeter atau setengah centimeter. Sebuah kualitas cutting yang tidak sembarang mesin bisa melakukannya.

Garansi Satu Tahun


keunggulan-dan-kekurangan-cameo-3


Saat membelinya, sobat akan mendapatkan garansi selama setahun. Bayangkan sobat, kalau setahun dan setiap hari ia mengerjakan pesanan cepat balik modal. Cameo sangat awet, bahkan sangat kecil persentase pemiilikna yang menggunakan kartu garansi. 

Kartu garansinya nganggur karena selama dua atau tiga bahkan empat tahun Cameonya belum mengalami kerusakan. 

Memotong Tebal dengan Double Cut


keunggulan-dan-kekurangan-cameo-1


Salah satu kelebihan mesin cutting ini ialah fitur double cut sehingga saat memotong kertas tebal tak akan menjadi masalah. Untuk menggunakan fitur ini juga sangat mudah, tinggal aktifkan modenya maka pisau mesin cuttingnya akan memotong dua kali sehingga kertas tebal pun terpotong sempurna.

Fitur ini berguna bagi kalian yang ingin membuat pekerjaan dari kertas yang membutuhkan potongan potongan beberapa bagian lalu disambung. 

Dilengkapi Mark Registration


keunggulan-dan-kekurangan-cameo-4


Mark registration adalah tanda yang akan muncul di sudut kertas printing yang sudah kalian cetak menggunakan printer A3. Kegunaan mark registration ini ialah untuk mendapatkan tanda untuk proses contour cut.

Untuk melakukannya, sobat harus menggunakan software silhouette studio untuk mencetak gambarnya pada kertas sticker. Setelah selesai masukkan ke Cameo lalu aturlah pengaturannya sehingga masuk ke fungsi contour cut.

Scanner optiknya akan medeteksi mark registraution di kertas sticker. Atur berapa jarak potong bagian luar dengan bentuk stickernya. Jika sudah dan dijalankan, maka sticker akan terpotong tepinya mengikuti pola yang sudah ditentukan.

Fungsi ini berjalan pada kertas sticker yang sudah dicetak dengan tinta sebelumnya. Bukan untuk fungsi cutting sticker.

Bisa Masuk Tas


keunggulan-dan-kekurangan-cameo-5


Mau mencoba buka usaha cutting sticker kakilima di tepi jalan? Jangan khawatir, Cameo bisa menjadi pilihannya karena bobotnya hanya 4 sampai 5 kilogram. Lebih berat dari beras yang sobat beli per karungnya per minggu untuk kebutuhan keluarga.

Panjangnya juga masih memungkinkan untuk masuk ke tas punggung. Dengan demikian satu tas punggung besar misa memuat Cameo dan laptop. Tinggal letakkan meja kecil tepi jalan, dan buat tulisan jasa pembuatan sticker cutting bisa ditunggu.

Plug and Play

Mesin cutting sticker Silhouette Cameo mudah digunakan plug and play sepeti printer rumahan. Hal ini memudahkan saat mendeteksi mesin ke perangkat baik itu komputer atau laptop.

Programnya Tidak Sulit


keunggulan-dan-kekurangan-cameo-6


Silhouette Studio adalah software bawaan Mesin cutting sticker Silhouette Cameo. Jangan negative thinking dahulu dengan mengira software ini sangat susah dipelajari. Jika Anda telanjur familiar dengan software grafis terkenal CorelDraw, jangan khawatir. Buat saja desain cutting stickernya di CorelDraw lalu ekspor ke Silhouette Studio. 

Demikian juga yang sudah familiar dengan Illustrator, juga bisa dilakukan cara yang sama. Memang Silhouette Cameo untuk memotong harus menggunakan Silhouette Studio yang mana tidak bisa langsung memotong dari Corel ataupun Illustrator. 

Tetapi masih bisa tetap design di Corel atau Illustrator, setelah selesai tinggal klik file lalu export simpan dengan format DXF. Kemudian tinggal buka di Silhouette Studio tanpa diubah sedikitpun dan selanjutnya bisa memotongnya melalui software Silhouette Studio.

Namun sekarang ada silhouette connect yang gunanya menyinkronkan mesin dengan aplikasi grafis Coreldraw atau Adobe Ilustrator.

Hemat Listrik

Mesin cutting sticker Silhouette Cameo irit listrik. Hanya membutuhkan beberapa watt karena Mesin cutting sticker Silhouette Cameo menggunakan power DC.
Baca Juga:

Kekurangan Mesin Cutting Sticker Cameo

Di atas tadi adalah kelebihan Cameo, biar fair saya juga akan mencantumkan beberapa kelemahan atau kekurangan mesin cutting ini.

Harga Sama dengan Mesin Besar


keunggulan-dan-kekurangan-cameo-8


Harga mesin cutting Cameo saat ini masih lumayan mahal jika dibandingkan dengan mesin cutting lain buatan China. Harganya masih berkisar Rp5 sampai 6 jutaan, sudah bisa dipakai untuk membeli mesin cutting China dengan lebar potong 60 centimeter.

Pisaunya Mahal


keunggulan-dan-kekurangan-cameo-10


Harga pisau mesin cutting buatan Amerika ini tergolong mahal. Membelinya juga satu set dengan blade holdernya yang unik dan spesifik.

Pisaunya juga bentuknya khusus, tidak bisa dimasukkan yang punya mesin cutting China kebanyakan. Tetapi ada cara mengakalinya yakni belikan saja blade holder modifikasi buatan China. dengan begitu sobat bisa membeli pisau mesin merek Roland atau Mimaki KW.

Selain itu ada juga tips lain yang bisa sobat tenukan di YouTube tentang mengakali pisau mesin cutting Cameo yang sudah tumpul.

Kecepatannya Standar

Jangan gunakan mesin cutting sejsnis ini untuk memotong dengan kecepatan tinggi. Berbeda dengan mesin cutting besar lainnya yang dilengkapi kecepatan yang bisa dimaksimalkan, Cameo tidak bisa seperti itu.

Ia memiliki batas kecepatan yang biasa saja. Jadi sobat harus memikirkannya apakah akan membelinya atau tidak jika pertimbangannya ialah butuh mesin yang bisa memootng dengan wus wus wus.

Unduh dari Internet


keunggulan-dan-kekurangan-cameo-9


Bagi yang terbiasa main dengan program unduhan dari internet, Cameo menurut saya agak ribet. Saya pernah membantu membelikan Cameo 3 pada akhir 2018 silam. Ternyata memang tak ada CD drivernya yang disertakan.

Harus membuka website resmi Cameo lalu membuat akun Silhouette Studio. Pilih tipe mesin yang sobat miliki lalu unduhlah. Menginstal Silhouette Cameo bukan berarti selesai, hal ini berlaku untuk Cameo 4 dan penerusnya.

Sobat harus mengunduh aplikasi Silhouette Connect lalu memasukkan user id serta password yang sudah dibuat. Lalu ada lagi yang penting yaitu 16 digit angka sebagai bukti lisensi. Aplikasi inilah yang bisa membuat sobat memerintah Cameo langsung dari Corel atau Adobe Ilustrator,

Beli Lagi Lisensi


Kalau suati saat windows di PC sobat diinstal ulang dan kalian lupa menonaktifkan lisensinya, maka besar kemungkinan sobat harus membeli lagi lisensinya secara online.

Risiko ini juga harus ditempuh bagi kalian yang sembrono dan tidak menganggap penting password email atau user nama akun Silhouette Studio.

Bahkan ada yang mengabarkan kepada saya jika CorelDRAW yang lama mengalami kerusakan dan harus diganti yang baru maka solusinya ya beli lisensi lagi.

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan Cameo yang wajib sobat ketahui.

Harga Cameo di Pasaran


keunggulan-dan-kekurangan-cameo-7


Berikut ini saya coba update harga mesin cutting Cameo yang saya cek dari berbagai toko online di Indonesia. Saran saya, belilah ke toko yang memang sobat kenal, atau setidaknya jalin kumunikasi intens terlebih dahulu sebelum membelinya.

Dari Tokopedia ada yang menawarkan Rp5.450.000 untuk Paket Hemat Cameo 4 Silhouette Bonus Autoblade dan Weeding Tool - Hitam. Ada juga yang mencantumkan angka Rp4.200.000 untuk Mesin Cutting Sticker Cameo Silhouette 2.

Sementara di Shopee ada yang menjual Cameo 4 garansi PT Asaba seharga Rp5.200.000. Sementara paker hemat seperti di atmahalmurah, yakni Rp5.550.000. Atau yang ingin usaha sablon kaos bisa membeli paket Cameo 4 plus mesin heatpress seharga Rp7.424.000

Di Bengkelprint, sobat bisa mendapatkan Cameo 4 seharga Rp5.500.000, sedangkan di Gradientbox harganya Rp6.650.000.

Sobat bisa mencari harga lain yang sekiranya masuk. Harga yang saya cantumkan di atas adalah hasil browsing pada hari Jumat, 25 September 2020.
Demikian uraian saya tentang kelebihan dan kekurangan Mesin Cutting Sticker Cameo. Semoga bermangaat. ***

0 Response to "Keunggulan dan Kekurangan Cameo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel