Beda Mesin Cutting Sticker Cameo 3, 4 dan 4 Plus

mesin-cutting-sticker-cameo_.

Jika kalian adalah orang yang menginginkan kesempurnaan potongan terkait stiker cutting, maka mesin cutting sticker Cameo perlu kalian miliki.

Apakah mesin ini sama dengan mesin serupa? Secara garis besar sama kalau kita lihat dari fungsi dasarnya, yaitu memotong bahan stiker.

Namun mesin cutting sticker Cameo jelas memiliki perbedaan. Dan perbedaan itu lebih tepatnya disebut keunggulan. Ia memiliki hasil potong yang sangat presisi.

Dengan demikian mesin cutting ini bisa kalian andalkan untuk memotong huruf dengan ukuran yang kecil. Yang tak semua mesin cutting mampu melakukannya.

Kemampuan memotongnya secara presisi setara dengan Graphtec, Roland, Mimaki atau GCC.

Sejarah Mesin Cutting Sticker Cameo

Sebelum kita membahas apa perbedaan Cameo 3, Cameo 4 dan Cameo 4 Plus, ada baiknya kita tahu dari mana mesin berkemampuan canggih ini lahir.

Asal kalian tahu saja ya, Cameo lahir dari teknologi yang dibuat di negara Paman Sam. Iya benar, Amerika Serikat.

Ternyata Amerika nggak cuman rajin menyusun program perjalanan manusia ke luar angkasa ya. Buktinya alat seperti Cameo pun masih mereka pikirkan.

Merek produk Silhouette pertama kali dipasarkan oleh QuicKutz. Ia merupakan perusahaan yang menjual alat pemotong statis dan template cetakan untuk perajin dan scrapbooker.

Kehadiran Silhouette digunakan sebagai alat pelengkap untuk portofolio produk pemotongan statisnya.

Sebelum tutup, QuickKutz masih sempat memperkenalkan OEMing Craft Robo Graphtec, produsen utama plotter Jepang. Kemudian melemparnya ke pasaran dengan nama Silhouette.

Mesin terakhir yang dijual dengan merek QuicKutz Silhouette adalah Silhouette SD.

Kemudian lahirlah pemotong digital Silhouette Cameo yang lahir dari akuisisi merek Silhouette dan lini produk yang menyertainya dari QuicKutz AS oleh Graphtec America.

Dengan akuisisi merek Silhouette, Graphtec America (anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Graphtec Jepang) menggabungkan Silhouette America sebagai entitas terpisah dan memasarkan lini produk Silhouette menggunakan nama merek ini ("Silhouette"). 

Oleh karena itu, akuisisi tersebut merupakan semacam kepulangan untuk mesin Craft Robo, karena sebelumnya diproduksi oleh Graphtec tetapi dijual sebagai Silhouette SD.

Silhouette Cameo dirilis pada musim panas 2011 dalam sebuah pameran teknologi.

Dengan lebar mesin yang lebih lebar, kekuatan pemotongan yang lebih tinggi, dan perangkat lunak yang lebih baik dalam bentuk Silhouette Studio, mesin ini populer.

Dalam beberapa tahun ke depan, Silhouette America telah merilis berbagai media dan alat pemotong. Yang dapat dipadukan dengan Silhouette Cameo untuk aplikasi seperti jalinan kain, etsa kaca, pemotongan perpindahan panas, desain batu rhine selain pemotongan vinil.

Silhouette Cameo pun mengukuhkan posisinya sebagai alat pemotong digital utama. Ia menjadi pilihan untuk perajin serta untuk usaha kecil (UMKM) dan rumah desain.

Berikutnya, varian Silhouette Portrait yang lebih kecil dirilis pada akhir 2012. Namun mesin cutting ini tidak mampu mengejar popularitas sudara tuanya, Silhouette Cameo.

Beda Mesin Cutting Sticker Cameo 3, 4 dan 4 Plus

Sekarang kita mulai membahas apa sih perbedaan dari Cameo 3, Cameo 4 dan Cameo 4 Plus?

1. Cameo 3

Mesin cutting sticker Cameo 3 merupakan alat multifungsi karena bisa memotong berbagai bahan dengan mudah. 

Untuk urusan presisi atau detil hasil potongnya, mesin ini sangat bisa diandalkan. Fitur-fiturnya pun cukup aduhai, diantaranya:

  • Cameo 3 sudah dibenami teknologi kekinian berupa bluetooth.
  • Tombol zaman dulu sudah digantikan dengan perintah menggunakan layar sentuh atau touchscreen.
  • Teknoligi pintarnya juga mampu memberikan respon secara langsung terhadap sentuhan tangan. Fitur ini disebut built in speaker.
  • Memotong bahan setebal 2 milimeter bukan masalah bagi Cameo 3, karena dilengkapo roller bar.
  • Dual carriage yang dibenamkan pada Cameo 3 membuatnya mampu memotong dan menarik bahan stiker tanpa henti. Fungsi fitur ini, satu untuk melakukan tugas pemotongan sementara yang satunya membikin sketsa.
  • Untuk menyimpan benda-benda kecil, kalian bisa menaruhnya di bagian bawah mesin. Fungsinya sangat mirip lacdi di meja kerja kalian.
  • Bisa motong langsung dari program grafis CorelDraw.

Mesin ini memang hebat, namun sama pabrikannya sudah tidak diproduksi lagi. Kalau kalian mencarinya, mungkin masih ada yang memiliki stoknya.

2. Cameo 4

Secara kasat mata nggak ada yang berbeda, apalagi kalau hanya bicara tentang lebar bidang potongnya.

Iya, meski diberi nama Cameo 4, namun ia masih memiliki laber area potong sama dengan Cameo 3, yakni 30 centimeter. Padahal, fiturnya jauh lebih canggih.

  • Cameo 4 dilengkapi dengan auto blade yang ukurannya lebih besar sehingga lebih memudahkan pergerakan dan dorongan.
  • Rotary blade dan kraft blade adalah fasilitas yang sebelumnya nggak bakal kalian temui di Cameo seri sebelumnya. Rotary blade membantu kalian saat memotong kain, sementara kraft blade memberikan menfaat saat pemotongan bahan yang tebal.
  • Bagi yang mengenal istilah print n cut, biasanya dihadapkan pada persoalan mahalnya mesin yang dijual. Cameo 4 memiliki fitur contour cut untuk memotong stiker sesuai pola tepinya. Untuk membuatnya berfungsi, kalian membutuhkan software yang disebut Silhouette Studio.
  • Dilengkapi roll feeder yang memiliki kegunaan meletakkan gulungan bahan stiker. Ini membuat Cameo 4 bisa memotong bahan vinyl yang panjang dengan sekali perintah.
  • Mesin potong ini semaki gagah dengan touch panel LED karena terasa lebih nyaman di mata. 
  • Cameo 4 juga memiliki kekuatan yang tak semua mesin sejenis bisa melakukannya. Ia memiliki kekuatan hingga 5000 gram atau setara dengan 5 kilogram. Kaitannya ialah, kalian bisa menggunakan mesin ini untuk memotong kulit, spons dan sebagainya.

3. Cameo 4 Plus

Kalau membaca fitur mesin cutting sticker Cameo 4 saja sudah canggih, apalagi yang ditawarkan Cameo 4 Plus?

Dengan kehadiran varian yang lebih baru ini, pabrikannya pasti memberikan perbedaan yang menguntungkan pemiliknya.

Nggak percaya? Yuk simak saja firut-fitur si jagoan ini.

  • Memiliki lebar area potong hingga 15 inchi atau 38 centimeter, maka kalian bisa memotong ukuran desain yang lebih lebar ketimbang Cameo 3 dan Cameo 4.
  • Jangan khawatir untuk mengangkat dan memindahkannya karena dilengkapi penutup sliding yang ringkas dan backlit touch panel.
  • Layaknya robot, Cameo 4 Plus bisa mendetekai bahan apa yang kalian masukkan. Ini berkat teknologi auto tool detector.
  • Roll feedernya masih dipertahankan agar kalian bisa memotong bahan gulungan.
  • Kalian nggak perlu mengambil cutter untuk memotong bahan tersisa di mesin. Ada fasilitas cross cutter yang gunanya memotong bahan langsung dari mesin.
  • Kalian akan mendapatkan cutting mat selebar 30 centimeter, membantu memotong dengan bahan lebih kecil dari lebar mesin.
  • Cameo 4 Plus dapat memotong hingga 60 feet atau setara dengan 18 meter di bahan tertentu. Namun oleh pabrikannya disarankan untuk memotong pada 10 meter saja.
  • Cameo varian ini masih mempertahankan teknologi nirkabel berupa bluetooth.
  • Fitur terakhir yang akan sangat berguna ialah, teknologi pintarnya mampu membaca crop mark dab memotong bahan secara otomatis.

Selain Cameo 4 Plus, ada juga Cameo 4 Pro yang memiliki lebar area potong sampai 60 centiometer.

Nah sekarang kalian sudah paham perbedaan mesin cutting sticker Cameo 3, 4 dan 4 Plus. Kalau ingin membaca keungulan dan kekurangannya, baca artikel ini. Semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Beda Mesin Cutting Sticker Cameo 3, 4 dan 4 Plus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel