History of Ritrama (Bahan Stiker Ritrama)

bahan-stiker-ritrama-1
Ritrama SpA di Sassoferrato - dekat Ancona. Foto-ritrama.com

Bahan stiker Ritrama agaknya paling sering disebut oleh para pemain digitak printing. Khususnya yang memiliki mesin indoor khusus untuk mencetak stiker.

Ketika ada konsumen datang ingin dibuatkan decal untuk motor, label produk, stiker promosi, semuanya menggunakan bahan stiker ritrama. Padahal ada banyak jenis yang oleh pabrikannya penggunaannya jelas berbeda.

Sekilas Bahan Stiker Ritrama

Yang pertama kita bahas di sini ialah tentang Ritrama yang mengusung tagline Teknologi dan Inovasi.

Dilansir dari website resminya, Ritrama dirikan pada tahun 1962 di Milan, dekat Italia oleh Arnold Rink.

Perusahaan multinasional Italia ini secara luas dianggap sebagai pemimpin pasar dalam desain dan pembuatan bahan self adhesive.

Produknya dikelompokkan menjadi lima divisi utama - Roll Label, Graphics, Offset Sheet, Industrial dan Polifibra. 

Dari bahan perekat diri dalam gulungan hingga yang dalam lembaran, produk Ritrama digunakan dalam industri yang berbeda, dari yang kegunaannya umum maupun sangat khusus.

Hingga kini Ritrama memiliki fasilitas manufaktur dan pusat logistik di seluruh dunia. 

Yang paling penting, yang membanggakan teknologi terbaru untuk bahan self adhesive terletak di Italia, Spanyol, Inggris, Amerika Serikat, Chili dan Cina. Distribusi lainnya terletak di Amerika Tengah dan Selatan, di Eropa Tengah, Afrika Selatan, dan Cina. 

Struktur ini menggabungkan tingkat spesialisasi yang tinggi dalam bahan self adhesive dengan sistem canggih otomatisasi industri.

Lalu memungkinkan kebutuhan lokal terpenuhi, memastikan pengiriman "tepat waktu" dan memberikan solusi untuk aplikasi standar dan disesuaikan dalam industri self adhesive.

Sejarah Bahan Ritrama

bahan-stiker-ritrama-2
Pabrik Ritrama pertama yang didirikan Arnold Rink pada 1962 silam. Berkat kerja keras dan visinya yang jauh ke depan, kini Ritrama menyebar ke sekuruh dunia. Foto - ritrama.com

Saat didirikan oleh Arnold Rink tahun 1962 di Milan (Italia), ia dibujuk oleh peluang di industri bahan self adhesive di Eropa yang baru berkembang. 

Rink menggunakan ketajaman bisnisnya serta visi industri yang inovatif dan rasa kemanusiaan untuk mendirikan Ritrama.

Ia meletakkan landasan bagi perusahaan keluarga. Dan prinsip-prinsip pendiri ini masih tercermin saat ini oleh karyawan grup secara global.

Pada tahun 1982 dirikanlah Ritrama (UK) Ltd. di Manchester untuk membangun posisi yang signifikan di Inggris, Eropa Utara dan di pasar bahan perekat diri Asia Pasifik.

Tujuh tahun kemudian, yakni tahun 1989 diririkanlah Coating Srl di Agrate dekat Milan (Italia). Dan pada 2001 namanya diubah menjadi Coating Ricofin Srl dan pindah ke Cernusco S/N.

Dua fasilitas manufaktur di Minneapolis dan Cleveland, Amerika Serikat diakuisisi Ritrama pada 1990.

Inilah kesempatan melanjutkan pertumbuhan dalam industri bahan self adhesive yang mengkhususkan diri dalam label roll, pencetakan layar dan pasar vinil cor.

Ritrama terus berkembang dan mengincar pasar Eropa lainnya. Pada 1994 melakukan ekspansi bisnis ke Barberá del Vallés dekat Barcelona (Spanyol). Pabrik ini mengkhususkan diri dalam produksi film bahan self adhesive berkualitas tinggi.

Langkah selanjutnya pada tahun 2000 mengakuisisi FAD (hari ini bernama Ritrama SpA) di Sassoferrato - dekat Ancona - produsen utama produk perekat diri Italia, yang berspesialisasi dalam produk keamanan bersertifikat kertas.

Memiliki banyak perusahaan di beberapa tempat, akhirnya pada 2006 dibukalah Kantor Pusat Baru Ritrama Group di Caponago - pinggiran Milan.

Fungsinya untuk kelompok terpusat, yang mencakup pusat self adhesive yang sepenuhnya otomatis untuk bahan perekat diri Roll Label.

bahan-stiker-ritrama-3
Pabrik di Cina ini menandai ekspansi Ritrama ke pasar Asia. Foto - ritrama.com

Kemudian pada 2008 pembukaan platform perekat diri dan logistik viscom futuristik, didirikan di area yang sama dengan kantor pusat.

Tahun 2008 Ritrama membuka pabrik di Chili, untuk memenuhi pasar Amerika Latin. Disusul pada 2009 Ritrama resmi membuka cabang di Cina.

Pabrik yang berlokasi di di Hefei - Provinsi Anhui ini untuk melayani pasar booming Cina dan Asia Tenggara.

Masih di 2009 Ritrama Inc dan Mextran 2009 telah bersama-sama meluncurkan Ritrama Mexico, yang terletak di Mexico City.

Pada 2010 dibuka Ritrama Kosta Rika, yang persisnya di Belén - Heredia - dan Ritrama Guatemala.

Pembukaan Ritrama Colombia juga didirikan pada 2011. Sekaligus fasilitas gudang dan slitting, yang terletak di Medellín, dan Ritrama Brazil baru di Jundiaí, São Paulo.

Kesuksesan Ritrama terus berlanjut, pada 2011 mengakuisisi Polifibra SpA, pemimpin Eropa dalam pembuatan produk untuk industri kabel, isolator listrik, bahan untuk industri bangunan dan fotovoltaik. 

Produksi laminasi mengeksploitasi teknologi bisnis polifibra dan keahlian bersama dengan pengetahuan Ritrama Group.

Pada tahun 2012 Ritrama merayakan ulang tahunnya yang ke-50. Artinya pada tahun ini usia Ritrama setengah abad dan masih dipercaya oleh banyak pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

Tiga tahun setelah merayakan usianya yang ke-50, Ritrama UK 2015 pindah ke lokasi baru di Tameside Industrial Park - East Manchester - memperluas pusat produksi bahan self adhesive (14.000 meter persegi): produktivitas meningkat hingga 50%.

Di tahun ini juga didirikan pusat produksi yang didedikasikan untuk divisi Graphics (mantan Viscom) di Cernusco sul Naviglio pindah ke Basiano - dekat Milan.

Fasilitasnya memiliki luas 10.000 meter persegi, dengan lini pelapis modern yang memastikan standar produk tinggi dan peningkatan kinerja produksi. 

Area bangunan didedikasikan untuk "Graphics Academy": pusat aplikasi dan pelatihan untuk pembungkusan.

bahan-stiker-ritrama-4
Pabrik di Phoenix, Durban. Foto - ritrama.com

Kemudian di tahun 2016, dibukalah Ritrama Caribe 2016, di Republik Dominika. Kedekatan dengan pelabuhan Puerto Multimodal Cuacedo merupakan cara ideal untuk memasok bahan self adhesive ke kepulauan Karibia.

Pasar Peru pun diincar sehingga pada 2016 silam dibukalah Ritrama Peru di Lima. Pada 2017 pusat slitting dan distribusi di Quito, ibu kota Ekuador, melayani seluruh negara dan mencerminkan keyakinan dan komitmen kuat perusahaan di pasar ini.

Pada 2017, setelah 10 tahun di pasar Afrika Selatan, Ritrama berinvestasi dalam tim lokal baru dan infrastruktur mutakhir. Dibuatlah pabrik paling modern dan produktif perusahaan di seluruh dunia di Moore, Spartanburg County - South Carolina. 

Baca Juga:

Bahan Vinyl Chrome untuk Wrapping Mobil (Part - 1)

Bahan Vinyl Chrome untuk Wrapping Mobil (Part - 2 Habis)

Oracal 970RA/Avery Supreme Wrapping Film, Free Bubble Vinyls

Fasilitas sepanjang 30.000 meter persegi ini memanfaatkan teknologi pelapisan terbaru untuk memproduksi bahan perekat diri dan robotika canggih untuk logistik dan kemasan internal, serta sistem penyimpanan dan pengambilan otomatis sepenuhnya untuk semua persyaratan pergudangannya. 

Fasilitas ini akan menjadi platform logistik untuk melayani Amerika Utara, serta ekspor ke pasar Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Nah, sekarang kalian tahu kan sejarah bahan stiker Ritrama yang entah sudah berapa ratus kali diucapkan ke konsumen. Namun.... kemarin belum tahu sejarahnya, kan? ***

0 Response to "History of Ritrama (Bahan Stiker Ritrama)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel