Membuat Stiker Decal, Do It Yourself (DIY)

stiker-decal-6347

Stiker decal? Pemahamannya sepertinya nggak akan saya jelaskan lagi di artikel ini ya sobat. Karena beberapa artikel di blog ini sebelumnya sudah saya jelaskan.

Pada artikel sebelumnya saya angkat tips membuat stiker decal sepedamotor. Kala itu yang digunakan ialah teknik foto dan olah. Di mana sepeda motor yang akan dipasang decal difoto dari beberapa sudut.

Lalu hasil foto dipindah ke komputer dan diredesign menggunakan CorelDRAW. Dasar polanya ialah foto aslinya, lalu diikuti tepinya. 

Untuk selengkapnya silakan kalian membuka artikel tersebut.

Nah, kali ini saya akan jelaskan teknik lain yang juga digunakan para tukang stiker. Teknik ini hanya berbeda satu langkah dengan teknik yang sebelumnya saya kupas.

Membuat Stiker Decal Teknik Mal

Barangkali ada diantara kalian yang selama ini menerapkan teknik foto dan olah saat mengerjakan stiker decal.

Dan suatu ketika kalian menemukan beberapa bagian atau polanya yang sudah diolah dari hasil foto motornya nggak pas saat dipasang.

Hal itu mungkin saja terjadi karena bodi sepeda motor bukanlah dua dimensi. Benda yang permukaannya datar.

Melainkan ada lengkung, cembung keluar, cekung ke dalam dan sebagainya. Sementara pola desain kalian di CorelDRAW adalah dua dimensi. Meski sudah coba ditambah lalu dicetak, ada saja yang nggak pas.

Decal stiker motor teknik mal yang kita kupas kali ini mema agak ribet. Bagi yang nggak suka ribet mungkin malas mengerjakannya.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Tempel Bahan Stiker Bening

Anggap saja sepeda motor yang akan kalian pasangi stiker decal sudah ada di toko. Ambil bahan stiker transparan. 

Warnanya bebas, saran saya gunakan saja yang stoknya masih banyak. Sebab kalau bahan stiker terlalu lama disimpan lemnya akan berkurang kekuatannya.

Lalu gunakan bahan tadi untuk menutup bagian demi bagian motor. 

2. Tandai dengan Spidol

Berikutnya ambil spidol permanen. Ingat ya, spidolnya yang permanen bukan whiteboard. Karena garis yang dihasilkan tidak akan dihapus.

Lihatlah, dari bahan stiker transparan yang dipasang terlihat kan tepi polanya. Ikuti saja tepi-tepinya menggunakan spidol.

Lalukan hal ini di semua bahan stiker yang tadi dipasang. 

3. Tempel di Bidang Datar

Langkah ketiga ialah kalian harus melepas stiker transparan yang sudah ditandai polanya dengan spidol.

Kalau yang punya motor keburu marah-marah karena dikira tunggangannya dipasang stiker transparan sementara ia minta decal, sampaikan sabar mas bro.

Lalu ambil bidang datar seperti whiteboard atau akrilik jika ada. Kalau nggak ada? Haiyaaaa gunakan saja lantai kios kalian sobat.

Kalau pantai kios kalian plester kasar? Hmmm, terserah sobat saja deh mau pinjam siapa bidang datar yang dibutuhkan hehehe.

Ooke, kita sepakati pakai lantai kios saja. Tempelkan pola di stiker transparan tadi di lantai. 

Tempelkan semuanya. Kemudian ambil ponsel kalian, seting kamera di ukuran terbaik. Lalu dari atas, bisa kalian gunakan meja untuk mendapatkan posisi dari atas yang tegak lurus.

Jepret jepret jepret hihihi mana ada suara kamera ponsel seperti itu ya bro. Pokoknya difoto aja deh.

4. Ikuti Polanya di Komputer

Nah, mulai langkah ini sama persis dengan teknik foto dan olah. Bedanya, kali ini kalian sudah memiliki ukuran yang pas.

Mengapa? Karena polanya dibuat berdasarkan goresan spidol di bidang aslinya. Kalau sudah terbentuk polanya sesuai spidol, seting ke ukuran sebenarnya.

Jika di langkah ini kalian selalu bermasalah karena hasilnya nggak pas, coba yang satu ini.

Hasil pola di bahan stiker transparan yang sudah ditandai dengan spidol tempelkan di media datar.

Lalu datanglah ke penyedia jasa scan yang memiliki ukuran lebar. Mintalah pola tadi discan dengan ukuran yang sama, jangan diperkecil atau diperbesar.

Gunanya ketika kalian impor hasil scan ke jendela kerja CorelDRAW secara otomatis ukuran polanya pas. Pas banget. 

5. Silakan Berkreasi

Di tahapan ini adalah kegemaran mereka yang hobi mendesain grafis. Berilah warna, garis, bayangan, tulisan, atau efek efek lain di desainmu.

Tetapi jangan lari dari permintaan konsumen ya sobat. Stiker decal yang diminta temanya Aquaman, yang seharusnya gambarnya pahlawan samudera yang diperankan Jason Momoa malah kalian desain tukang galon.

Memang sih, sama-sama berhubungan dengan air. Cuma kalian pasti kena komplain konsumen xixixixi.

6. Cetaklah

Berikutnya silakan dicetak di kertas stiker yang tersedia. Mau pakai vinyl avery, ritrama, orajet, graftac atau tanpa merek itu pilihan kalian.

Berilah hasil cetak terbaik sobat. Pakailah tinta solvent, baik eco solvent atau bio solvent terbaik agar warnanya jreng dan kinclong.

7. Pasanglah

Kalau sudah, saatnya memasang stiker decal ke sepeda motor konsumen yang sudah dari pagi dititpkan di toko kalian.

8. Alhamdulillah

Jika sudah terpasang dan konsumen tampak gembira maka jangan lupa ketika menerima uang jasa desain dan pemasangan stiker decal ucapkan alhamdulillah.

Demikianlah sobat cara membuat stiker decal motor dengan teknil mal. Semoga bermanfaat. ***


0 Response to "Membuat Stiker Decal, Do It Yourself (DIY)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel