Stiker Motor Full Body, Decal dan Cutting, Begini Buatnya

stiker-motor-full-body-1

Stiker motor full body bisa memiliki sejumlah persepsi bagi tukang stiker. Bisa diartikan sebagai decal, salah satu produk dari stiker printing. Namun bisa juga dikerjakan dengan sistem wraping full dengan bahan stiker cutting.

Bahkan bisa satu lagi yang akan ditawarkan kepada para pemilik sepeda motor jika menyebut stiker motor full body. 

"Bisa juga stripping pakai mesin cutting. Ada yang harus diwrapping dahulu baru dikasih stripping, ada yang langsung saja ditempel stripping cutting," demikian ulas Helmi, yang mendirikan Faqih Concept di Desa Bermi, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Pria muda yang sempat menjadi Juara I Kontes Decal Millennial Road Safety Festival (MRSF) 2019 Tingkat Provinsi Kepri di Tanjungpinang ini menurutkan, tukang stiker harus memberikan penjelasan kepada konsumen.

Stiker Motor Full Body

Helmi kemudian menjelaskan perbedaan antara beberapa jenis stiker motor full body tadi. Di bawah ini ia akan menjelaskannya secara rinci agar kalian yang ingin membungkus motor memiliki gambaran.

1. Stiker Decal

Yang pertama adalah decal. Untuk stiker jenis ini, semua body sepeda motor yang memungkinkan untuk ditempel akan ditutup habis.

Konsepnya bisa beragam, bisa tema otomorif, stripping atau corak lain. Soal kerumitan atau kecilnya desain bukan menjadi masalah. Sebab dengan decal maka desain secara keseluruhan bisa dicetak.

Tentang bagaimana cara mendesain decal motor di CorelDRAW, kalian bisa membacanya di blog ini. Artikel tersebut menggunakan cara foto, yakni meniru bentuk pola berdasarkan hasil foto sepeda motor.

Selanjutnya polanya disesuaikan ukurannya dengan ukuran semestinya dan dimodifikasi biar tak kurang ketika dipasang. Barulah didesain sesuai keinginan kalian.

Decal membuat kreasi seorang desain grafis menjadi tak terbatas. Proses rumitnya adalah ketika membuat pola biar pas, mendesain coraknya dan terakhir memasangnya agar rapi.

2. Wrapping Polos

stiker-motor-full-body-2

Stiker full body motor kedua yang bisa dipilih ialah wrapping polosan. Wrapping dari bahasa Inggris wrap yang artinya membungkus. Di Indonesia, salah satu tempat stiker yang memopulerkan istilah ini ialah Bintan Wrapping yang sekarang berganti nama menjadi Artistik Stiker.

Berbeda dengan decal yang mayoritas warnanya semarak, maka wrapping polos akan membuat body kendaraan konsumen terbungkus tanpa warna gradasi. Pada stiker decal warnanya bisa gradasi, dari merah ke merah sedang lalu ke merah tua atau ungu.

Sementara untuk wrapping polos maka stiker yang dipakai untuk membungkus memang polosan. Bisa satu kujur tubuh motor warna putih, atau variasi. Misalnya sayapnya merah, bodi kanan kiri putih atau warna lain.

Untuk mengerjakannya dibutuhkan keahlian khusus. Dikatakan oleh Helmi, untuk wrapping polos kerumitannya hanya di saat pasang.

"Tidak butuh keahlian mendesain atau membuat pola. Bahan dibungkuskan di bagian sepeda motor, pada bagian tepinya dipotong pakai cutter. Namun keahlian pasang dipertaruhkan di sini," ujarnya.

Teknik ini sederhana, ukuran bodi yang mau dibungkus, lalu potong bahan sesuai ukuran tadi. Gunakan hotgun untuk memasangnya.

Selanjutnya gunakan cutter untuk merapikan tepinya.

3. Stripping

stiker-motor-full-body-3

Stripping mengacu kepada bentuk atau desain berupa garis. Stripping ini bisa dibuat menggunakan decal, bisa juga menggunakan stiker cutting.

Untuk penggunaan stiker cutting, ada dua pilihannya yakni apakah akan diwrapping dahulu atau langsung saja ditempel stripping. Jika mau diwrapping dahulu, misalnya pengerjaan spakbor depan, seluruhnya sudah ditempel bahan stiker warna putih.

Namun pemilik kendaraan ingin ada variasinya, maka tukang stiker bisa memotong bahan stiker dengan bentuk segitiga atau pola lain, lalu dicutting dan ditempelkan di atas bahan putih tadi.

"Ciri kalau stripping pakai cutting stiker ialah jika diraba tampak timbul, akan terasa batasnya. Sementara kalau decal rata karena dicetak menggunakan tinta," lanjut Helmi.

Teknik ke-3 ini bisa dikerjakan ketika proses wrapping sudah selesai. Silakan buat pola atau bentuk strippingnya, lalu cutting. Tempelkan di tempat yang direncanakan. Selesai.

Stiker motor full body banyak sekali dicari. Selain sebagai pembeda dengan motor orang lain, juga bisa digunakan sebagai pelindung cat asli pabrikan dari sinar matahari.

Nah kalian kini sudah tahu kan soal Stiker Motor Full Body? Semoga bermanfaat ya sobat. ***

0 Response to "Stiker Motor Full Body, Decal dan Cutting, Begini Buatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel