Mengakali Bahan Stiker Cutting agar Konsumen Terbantu

Mengakali bahan stiker cutting yang saya maksud di sini bukan cara yang nakal. Melainkan sebagai upaya agar konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Biasanya konsumen yang datang ke tempat kalian pasti sudah membawa ukuran stiker cutting yang akan mereka buat. Yang paling umum ialah ukuran lebar atau panjang, yaitu ukuran dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Selain itu ialah ukuran tinggi, yaitu dari atas ke bawah atau sebaliknya. Jika lingkaran maka yang biasa disebutkan ialah diameternya.

Meski sudah disebutkan namun kalian juga harus meyakinkan konsumen apakah ukurannya benar. Kadang ada yang menyebutkan ukuran lebar x tinggi itu ukuran stikernya. 

Misalnya konsumen menyebutkan lebar x tinggi dengan angka 100 cm x 46 cm, kalau kalian langsung saja cutting ada kemungkinan salah. Mengapa? Karena konsumen mengukur ukuran tadi adalah medianya, atau tempat di mana stiker cutting akan ditempelkan.

Jadi jika langsung kalian cutting, maka tidak akan bisa dipasang karena tak ada jarak sama sekali dari tepi media atas, bawah, kanan dan kiri. 

Mengakali Bahan Stiker Cutting agar Murah

bahan-stiker-cutting


Sangat penting untuk komunikasi dua arah antara kalian sebagai penyedia jasa dengan konsumen. Khususnya soal ukuran stiker cutting. Apakah ukuran yang disebutkan sudah benar, itu ukuran medianya atau stiker cuttingnya. 

Kalau salah bisa saja sebenarnya konsumen bersangkutan datang lagi ke tempat kalian. Mereka akan membuat lagi stiker dengan ukuran yang sudah direvisi. Tetapi sebagai tukang stiker cutting yang baik, tentu hal seperti itu merugikan konsumen.

Di sini kita akan memberikan contoh seorang konsumen yang minta dibuatkan stiker cutting dengan ukuran 100 cm x 46 centimeter. 

Yang terbersit di kepala kalian pasti bahan stiker cutting vinyl yang lebarnya 45 centimeter. Ukuran bahan stiker ini standar dan setiap merek memiliki ukurannya. Misalnya, MaxDecal, Seichofix, DCFix, Profix, Goodfix dan sebagainya.

Namun persoalannya ialah, konsumen meminta tingginya 46 centimeter sementara lebar bahan hanya 45 centimeter. Nggak mungkin memotong bahan untuk tulisan yang lebar atau tingginya lebih besar ketimbang ukuran bahan.

Jalan yang bisa kalian lakukan ialah dengan memberikan pilihan kepada konsumen. 

Jika tetap mempertahankan ukuran 100 cm x 46 cm maka jalan keluarnya mengganti dengan bahan yang lebih lebar. Misalnya Oracal 652 yang ukuran lebarnya 126 centimeter. Namun tentu saja konsumen harus menambah harga sementara uang yang dimilikinya tidak cukup.

Atau yang bersangkutan bersedia menurunkan ukuran tingginya, misalnya dari 46 cm ke 42 cm. Mengapa tidak ke 44 cm agar jaraknya tidak terlalu kecil?

Kalian harus mempertimbangkan penjepit bahan ke roller mesin cutting stiker, Pasti dibutuhkan jarak kanan dan kiri. Kalau kalian beri pilihan tingginya 44 cm, maka jarak yang tersisa hanya 1 cm. Itu harus dibagi rata tepi kanan 0,5 cm dan tepi kiri 0,5 cm juga.

Coba yakinkan, apakah dengan panjang atau lebar stiker yang akan dicutting 100 cm mesin cutting kalian nggak lari? Kalau mesin kalian kelasnya premium hal itu tak jasi masalah meski harus hati-hati.

Solusi akan ketemu ketika konsumen bersedia stiker cuttingnya diganti ukuran tingginya 42 cm dengan lebar atau panjang tetap 100 cm. Tinggal masukkan bahan stiker dengan lebar 45 cm ke mesin cutting.

Beri jarak tepi kanan 1,5 cm dan tepi kiri 1,5 cm juga. Saya rasa jarak yang cukup aman seandainya roda mesin cutting kalian lari sedikit.

Sambung dengan Bahan Sisa

Oke, kalau konsumen mau dengan ukuran stiker cutting 100 cm x 42 cm pasti persoalan selesai. Sekarang pertayaannya, bagaimana kalau konsumen maunya ukuran revisi dari 100 cm x 46 cm menjadi 100 cm x 44 cm?

Bagi kalian yang mesin cutting stikernya lari sedikit kalau memotong panjang, maka tetap bisa menggunakan cara sederhana.

Caranya ialah kalian menggunakan sisa bahan stiker yang panjangnya minimal 100 cm. Potong tepinya agar rata, lebarnya 3 cm atau 4 cm saya rasa sudah cukup.

Berikutnya sambungkan sisa bahan tadi ke tepi bahan yang akan dicutting. Dengan tambahan sambungan ini, maka kalian kini memiliki ukuran bahan 100 cm x 48 cm (jika tambahan bahan lebar 3 cm) atau 100 cm x 49 (jika tambahan bahan lebarnya 4 cm).

Cara mengaturnya di mesin cutting, beri saja jarak ke tepi kanan 1 cm kurang sedikit, lalu yang kiri biarkan saja dengan sambungan bahan. Maksudnya, jika mesin lari sedikit maka bahan tidak akan lepas dari jepitan ke roller.

Baca Juga:

Berikut Ini Bahan untuk Membuat Stiker Cutting

Bahan China vs Bahan Eropa

Apakah Merek Bahan Sticker Terbaik untuk Konsumen?

Demikian mengakali bahan stiker cutting agar murah harganya untuk konsumen. Dengan begitu, kalian adalah tukang stiker cutting yang solutif. Begitu kata Bu Tedjo hehe. ***

0 Response to " Mengakali Bahan Stiker Cutting agar Konsumen Terbantu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel