Bahan China vs Bahan Eropa

Seichofix, bahan China yang kualitasnya bagus
cuttingstickerupdate - Kalau head to head bahan stiker buatan China dan Eropa atau Amerika, sudah pasti kualitas bahan China masih di bawah.

Namun demikian bukan berarti bahan stiker China tak bisa digunakan. Bahkan akan sangat membantu jika Anda memiliki pelanggan atau kustomer yang memiliki anggaran pas pasan.

Jadi dalam hal ini Bahan China vs Bahan Eropa akan kubahas dari sudut pandang prinsip ekonomi.

Bahan non China, sebut saja Oracal, Teckwrap, Arlon, Avery, 3M, Kiwalite, Maccal memiliki harga yang lebih mahal karena memang dibuat untuk bisa bertahan bertahun tahun serta sifat bahan yang memudahkan untuk pemasangan, khususnya urusan wrapping atau lettering seperti membuat papan nama kantor dan sejenisnya.

Sebenarnya ada caranya tetap bisa memanfaatkan bahan stiker China untuk melakukan full body wrapping baik sepeda motor atau mobil. Sebagai contoh aku sebutkan salah satu merek bahan stiker China yang kualitasnya di atas rata rata kompetitor di kelasnya, yaitu Seicho.

Oleh CV Istana Indonusa selaku pemilik mereknya, sengaja dibuat dalam dua ukuran. Yang pendek 45 cm x 15 meter per rol, bisa dipakai untuk sepeda motor. Sementara untuk kepentingan stiker mobil dibuat ukuran 120 - 150 centimeter x 30 meter yang kerap disebut Seichocal.

Baca Juga:

Bahan China vs Bahan Eropa

Seicholite, Bahan Stiker Reflektif Paling Enak Digunakan

Ramai Saja Tak Cukup untuk Usaha Sticker

Jika Anda melakukan praktik ini, sebaiknya kustomer diberitahu lebih dahulu. Jika anggaran yang dimilikinya besar, Anda akan menghadapi masalah di kemudian hari jika memaksakan wrapping full bodi dengan bahan China semuanya. Bagaimana pun, ada harga ada rupa.

Ada harga mahal ada kualitas lebih bagus. Harga murah meski bukan murahan juga ada kualitasnya. Lebih baik Anda sampaikan, jika ingin wrappingnya sempurna dengan warna warna pilihan ya gunakan pilihan bahan non China. Sementara jika anggarannya cekak nggak ada salahnya tawarkan bahan China.

Cara ini kadang berhasil karena tidak semua kustomer ingin melakukan wrapping full body kendaraannya untuk waktu yang lama. Bintan Wrapping sendiri beberapa kali mendapatkan order pemasangan stiker untuk kendaraan yang hanya dipakai secara temporer.

Maksudnya stiker hanya dibutuhkan saat ada kegiatan tertentu yang sifatnya insidentil, bukan permanen atau jangka panjang. Misalnya panitia iven olahraga atau seni budaya. Panitianya menginginkan mobilnya diwrapping full body lalu beberapa bagian ditempel stiker cutting seperti nama iven dan logonya.

Kita di sini bukan bicara masalah printing ya guys. Kalau printing sih lebih aman, tinggal desain lalu tentukan berapa besar filenya agar tak pecah waktu dicetak. Kita bicara wrapping dengan bahan stiker non printing.

Boleh juga dicampur. Untuk bagian kendaraan yang agak terlindung dari pandangan mata bisa digunakan bahan China, sementara yang langsung menjadi semacam etalase bagi sebuah kendaraan, seperti bumper, kap mesin, bodi kanan kiri dan belakang, usahakan gunakan bahan non China.

Sekali lagi kecuali kustomer Anda memang ingin ngepres dana, ya sudah ikuti saja. Jangan lawan kustomer, nanti malah merugikan kredibiltas dan usaha Anda.

Intinya bahan China vs bahan Eropa tak bisa langsung dihadapkan satu persatu. Melainkan akan lebih bagus jika Anda berhasil mengawinkannya ke dalam satu kendaraan. Dengan begitu bisa membantu biaya wrapping lebih murah dan Anda juga masih memiliki keuntungan yang wajar.

0 Response to "Bahan China vs Bahan Eropa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel