Font yang Bagus untuk Logo, Ini Daftarnya

font-yang-bagus-untuk-logo

Font yang bagus untuk logo banyak dicari orang-orang yang tertarik di bidang desain. Salah satu kegunaan huruf tadi ialah untuk mendesain logo, lambang dan sejenisnya.

Sebenarnya tidak ada rumus atau pakem tentang font yang bagus untuk logo. Setiap huruf memiliki karakter tersendiri. Mereka bisa diaplikasikan untuk desain logo yang memiliki tujuan atau filosofi tak jauh berbeda.

Logo adalah kreativitas, kadang butuh font yang jarang sekali digunakan. Dengan harapan agar logo yang dibuat nggak mudah ditiru. Padahal ya, bagi tukang stiker semuanya akan ditiru kalau ada yang pesan.

Yang gampang akan ditiru menggunakan fitur tracing, yang sulit ya mau nggak mau kudu didesain ulang menggunakan pen tool. Menarik garis dan lengkung per sudut. Capek tetapi menyenangkan kalau berhasil menyelesaikannya.

Artikel ini hanya membicarakan soal beberapa jenis font yang selama ini direferensikan oleh sejumlah konsumen. Bahkan ada yang datang ke toko kala itu sambil membawa nama jenis font yang dia inginkan.

Hanya saja, saat disodorkan banyak yang setuju. Mungkin karena font berikut memiliki keunikan yang berbeda sehingga memberikan kesan suka bagi yang pertama melihatnya. Namun saya katakan bukan font baku, silakan teman-teman eksplore saja sesuai rasa.

Font yang Bagus untuk Logo

Referensi ini saya lansir dari rhinotec.co.id yang bisa dikatakan salah satu pionir untuk teknik sablon kaos digital di Indonesia. Saya sendiri pernah mengikuti pelatihan sablon yang diselenggarakan rhinotec di Kota batam, beberapa tahun silam.

1. Snacker

Snacker adalah jenis huruf sans-serif sederhana yang terlihat sangat menarik untuk desain kaos. Tepi bulat font sedikit melembutkan teks, sedangkan spasi yang lebar membuat kata-kata mudah dibaca. Tersedia lima variasi untuk font Snacker, sehingga Anda dapat bereksperimen dengan teks T-shirt hingga cocok dengan keseluruhan desain Anda.

2. Flycatcher

Bahkan lebih bulat daripada Snacker, Flycatcher adalah font yang unik dan khas yang sempurna untuk desain T-shirt retro. Pas dengan font font untuk memberikan gaya vintage untuk T-shirt Anda.

3. Nomad

Keluarkan sisi petualangan Anda dengan Nomad, font yang sedikit kasar yang masih sangat jelas. Dengan gayanya yang menyenangkan, gaya yang dilukis dengan tangan, Nomad adalah font yang fantastis untuk menarik bagi individu yang suka berpetualang, yang dapat membantu desain kaos Anda menjadi viral.

4. Edward

Ingin memberikan kaos kustom Anda dengan tampilan seperti buatan tangan? Edward memiliki tulisan tangan asli yang kasar, dan mudah dibaca. Gunakan itu untuk membuat kaos Anda dengan nama merek Anda atau tambahkan slogan favorit Anda.

5. Fast

Playful, fun and friendly, Fast sangat cocok untuk desain kaos yang unik. Padukan dengan grafis tebal dan warna-warna cerah untuk membuat kemeja yang elegan. Meskipun unik dan menarik, Fast masih mudah dibaca, yang sangat penting untuk font apa pun yang muncul pada kaos.

6. Mist

Menyerupai kata-kata misterius yang memudar ke dalam kabut, Mist adalah jenis huruf biasa namun khas. Tersedia dalam huruf besar dan kecil dengan lebih dari 40 glyphs, Mist sangat ideal untuk teks T-shirt apa pun. Padukan dengan fotografi menakjubkan untuk membuat kesan abadi.

7. Voyageur

Voyageur bukan termasuk font serif, tetapi memiliki banyak gaya. Percobaan dengan jenis huruf yang ditarik dengan tangan, untuk menemukan desain yang sempurna untuk baju Anda.

8. Rustal Typo

Mencari jenis huruf yang memiliki tepi vintage, namun masih cukup kasual untuk digunakan pada T-shirt dengan daya tarik yang luas? Rustal Typo adalah font pedesaan yang cocok untuk kaos khusus yang unik. Gunakan huruf-huruf yang sedikit pudar ini untuk membuat desain kaos Anda diminati banyak pelanggan.

Font ini agaknya harus ada di CorelDRAW kalian.

9. Amira Beauty

Amira Beauty adalah font bunga khas dengan ekor melengkung besar pada banyak huruf. Terinspirasi oleh keindahan bunga Amira, ini adalah font yang sangat elegan, tidak hanya untuk T-shirt tetapi untuk semua produk digital Anda.

10. Bistro

Cicipi kopi pagi Anda sambil mengenakan T-shirt yang ditulis di Bistro, font garis besar di mana setiap huruf disempurnakan dengan interior dua warna. Font ini tersedia dalam gaya serif dan sans-serif, sehingga Anda dapat bereksperimen dengan berbagai desain T-shirt untuk menemukan salah satu yang memberikan hit seperti kafein yang Anda cari.

Font yang Bagus untuk Logo, Lainnya

Kalau dari daftar di atas yang direferensikan rhinotec belum pas di hati, kalian juga bisa mencoba yang di bawah ini.

Yang berikut saya lansir dari kerjalepas.com, ada setidaknya 15 font yang bagus untuk logo. Langsung saja yuk kita cek di bawah berikut ini:

1. Bodoni

Font berjenis Bodoni ini  merupakan eksperimen kontras antara garis tebal dan tipis nan dramatis.

Giambattista Bodoni lah sosok dibalik eksperimen ekstrem tersebut, sehingga font ini dikenal dengan Bodoni. 

Salah satu contoh desain logo yang cukup populer dengan menggunakan font Bodoni adalah brand Vogue dan Calvin Klein. Font ini sangat cocok untuk brand yang bergerak di dunia fashion.

2. Choplin

Masih satu keluarga dengan font Campton, Choplin merupakan slab-serif geometris yang dibuat oleh desainer asal Jerman bernama René Bieder. Font ini terlihat modern, bersih, dan kuat.

Terinspirasi dari Gill Sans dan Johnston Sans namun tetap mempertahankan elemen kontemporernya agar tetap menonjol. 

Karenanya font keren untuk desain logo yang satu ini sangat cocok untuk editorial, layout photografi hingga untuk  branding yang tegas. Cocok juga buat desain logo majalah atau jurnal kontemporer yang naratif.

3. Garamond

Jenis font yang satu ini merupakan istilah umum untuk tipografi daripada jenis huruf tunggal.

Garamond sendiri dirancang oleh Claude Garamond dan Jean Jannon di abad ke-16. Garamond memiliki tampilan yang elegan. 

Serif pada setiap huruf dibuat dengan hati-hati untuk menunjukkan personality, terutama yang diawali dengan huruf kapital “T”.

Karena jenis font serif sangatlah ekspresif, maka kamu bisa menggunakannya untuk konteks yang fun.

Sebagaimana yang terlihat pada awal-awal branding merek Apple.

Bentuk font yang disempurnakan bisa menjadikan font ini terlihat futuristik seperti yang adai di logo American Eagle.

Kamu bisa mempertimbangkan jenis font keren untuk logo ini jika ingin mendapatkan tampilan profesional dan timeless.

4. Restora

Font keren untuk desain logo terbaik yang selanjutnya ini menonjolkan gaya klasik dengan sentuhan berbeda.

Didesain oleh Nasir Udin, Restora menawarkan kombinasi luar biasa dari bentuk huruf yang cerah dan ramah dengan hiasan old-style yang tidak berlebihan. 

Font keren untuk logo ini cocok sekali untuk sampul buku, teks editorial, branding dan banyak lagi.

Kamu bisa download font keren gratis ini melalui situs Pixelsurplus.

Tapi kalau kamu ingin versi full dan berbayar, bisa kunjungi situs Creativemarket.

5. Emberly

Font keren untuk logo gratis lainnya yang memadukan sisi modern dan klasik ialah Emberly.

Jenis font ini juga terinspirasi dari gaya Didone, jadi sekilas mirip dengan jenis font tersebut. Font karya Rajesh Rajput ini juga bisa digunakan sebagai font variabel.

Sehingga bisa jadi pilihan yang bagus untuk berbagai proyek desain grafis, seperti desain logo, judul berita, sampul majalah, dan juga poster.

Kamu bisa download font keren untuk logo ini di Behance.net secara gratis.

6. Timothy

Handwriting font tak melulu harus huruf yang berputar-putar dan rumit. Timothy ini merupakan font yang menggunakan huruf kapital dengan menambahkan sentuhan atau gaya tulisan tangan.

Jenis font keren untuk logo ini terinspirasi dari desainer Timothy Goodman.

Jenis font ini juga bisa jadi pilihan yang luar biasa untuk merancang undangan.

Kamu bisa donwload font keren gratis ini hampir tanpa sepeser pun, tapi sebelumnya masukan alamat email lebih dulu, ya!

7. Cervantes

Dengan gaya dan alur yang simpel, Cervantes Signature Script menjadi salah satu jenis handwriting font gratis yang paling disukai.

Ini bisa jadi pilihan yang tepat jika kamu sedang mencari skrip untuk tanda tangan. 

Karya Mats-Peter Forss ini merupakan salah satu font keren untuk logo gratis terbaik untuk menyampaikan tampilan dengan nuansa tulisan tangan.

Font ini akan sangat bagus untuk desain logo, branding, iklan, hingga postingan media sosial.

8. Nimitz

Buat kamu yang suka dengan gaya retro dan vintage, salah satu font keren untuk logo gratis terbaik ini sangat cocok.

Karena font ini mampu memberikan tampilan retro atau vintage pada desain logo dengan yang kamu buat.

Didesain oleh Bart Wesolek, Nimitz ini font keren yang sederhana tapi original.

Huruf kapitalnya terdiri dari 3 elemen, yakni berat, bersih, dan bertekstur. Sehingga bisa terlihat cantik dan bergaya tapi mudah dibaca tanpa harus bersusah payah.

9. Cheque

Buat kamu yang pengen buat desain logo dengan tampilan klasik atau vintage, Check juga bisa jadi pilihan font keren untuk logo.

Check ini sendiri awalnya cuma school project milik Mirela Belova dari Fontfabric. Namun, kemudian berkembang menjadi dengan full display font hingga saat ini.

Kamu bisa download font keren untuk logo ini secara gratis di situ Fontfabric.

Hadir dalam versi reguler dan hitam, font ini paling bagus digunakan untuk menuliskan judul berita atau komposisi dengan sentuhan vintage dan klasik yang kuat.

10. Sprite

Pengen buat desain logo dengan huruf grafiti? Maka Sprite bisa jadi pilihan yang sempurna.

Dengan kesan chunky dan agak goyah, font keren ini seolah mampu menerjemahkan sebuah logo jadi lebih unik, tidak berlebihan dan tetap mudah dibaca. 

Salah satu font keren untuk logo gratis terbaik buatan Arsek & Erase, Ani Petrova dan Vasil Stanev ini cocok buat menambahkan kesan gaya urban retro untuk desain logo yang kamu buat.

Kunjungi saja situs Fontfabric untuk mendapatkan font keren ini gratis.

11. Skype / Arial Rounded MT Bold

Gabungan dari elemen humanis dan geometris, Skye menjadi salah satu jenis font sans serif yang cukup serbaguna.

Font keren ini memadukan bentuk huruf bulat sempit dengan detail persegi yang halus sehingga terlihat menarik. 

Didesain oleh Jonathan Hill, font keren ini sangat cocok untuk digunakan untuk proyek desain digital, seperti judul film, user interface, hingga web.

12. Archive Grotesk

Dibuat oleh Thomas Clarkson, Archive Grotesk merupakan font keren gratis yang layak dicoba buat desain logo kamu.

Font sans serif yang clean dan minimalis membuat tampilan huruf besar, huruf kecil, dan angkanya begitu kuat tapi mudah dibaca.

Tak heran jika font ini bisa masuk ke berbagai jenis desain, mulai dari judul berita, furnitur, halaman majalah, undangan, kalender, kartu pos, hingga desain mode. Kamu bisa mengunjungi Behance.net buat download font keren gratis ini.

13.  Moustache

Ada sentuhan tangan yang indah pada font keren yang dirancang oleh Joel Maker ini. Moustache menyertakan satu set lengkap huruf besar dan kecil, ditambah lagi dengan berbagai macam tanda baca, angka, serta dukungan multibahasa. Keren bukan? 

Kamu bisa download font keren untuk logo ini di Dafonffree.io secara gratis.

Kamu bisa mengekspresikan desain logo dengan lebih  seru dengan tipe brush font ini, coba deh!

14. Festival

Hand-drawn font milik Pixel Surplus ini sangat bagus untuk menegaskan nuansa musim panas serta menciptakan ‘good vibes’ pada desain logo yang kamu kerjakan.

Satu hal yang mengesankan dari versi gratis font ini ialah fitur karakter multibahasa. Amazing, kan?

15. Sophia

Font keren ini sangat soft, sedikit aneh namun cukup mudah dibaca. Digambarkan sebagai naskah tulisan tangan dengan dekorasi yang manis, kamu bisa menciptakan desain logo yang unik sekaligus menarik.

Font keren ini juga memiliki fitur multi bahasa, dengan kombinasi huruf gaya kiri dan kanan ini dirancang oleh Mats-Peter Forss dan Emily Spadoni. Kamu bisa mencarinya di Behance untuk download font keren gratis ini.

Cocok juga bukan buat kalian yang saat ini menyediakan jasa sablon? Baik digital maupun konvensional.

Saya rasa apa yang direferensikan rhinotec.co.id dan kerjalepas.com di atas bisa memberikan gambaran bagi teman semua. Semoga artikel tentang font yang bagus untuk logo ini bermanfaat. ***

0 Response to "Font yang Bagus untuk Logo, Ini Daftarnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel