Mengapa Butuh Mesin Cutting Kecil? Ini 6 Alasannya

mesin-cutting-kecil

Mesin cutting kecil adalah mesin potong bahan sticker yang ukurannya di bawah 60 centimeter. Ada yang bisa memotong 20 centimeter saja, 30 centimeter juga 40 centimeter.

Tetapi menurut saya yang berukuran 20 centimeter sudah cukup. Mesin cutting kecil ini sebagai pendukung sobat, meski sudah memiliki mesin cutting besar.

Entah itu yang area potong lebarnya 60 centimeter, 120 centimeter atau di bawahnya sedikit, 80 centimeter.

Berikut ini saya kemukakan alasannya mengapa harus melengkapi usaha cutting sticker dengan peralatan kecil tadi.

1. Menangani Sisa Bahan Sticker

sisa-bahan-sticker

Seperti apapun sobat, sekeren apapun manajemen bahan stiker yang sobat terapkan, saya yakin akan selalu ada yang namanya sisa bahan sticker.

Semakin banyak sobat mempunya stok bahan sticker, semakin banyak sisanya. Mengapa? Karena saat kondisi harus cepat menyelesaikan pesanan, yang terpikir ialah bahan yang ada. Yang mudah dijangkau.

Padahal sebenarnya ada sisa bahan yang bisa dipakai, biasanya ia akan dilupakan. Apalagi jika disimpan di kotak. Percayalah, sisa bahan yang paling bawah tak akan tersentuh.

Dengan mesin cutting kecil, sobat bisa mengerjakan sticker cutting kecil-kecil. LUmayan kan untuk menambah pajangan di etalase?

2. Memotong Lebih Akurat

mesin-cutting-kecil-akurat

Pada bagian ini saya bicara tentang akurasi atau presisi memotong bahan sticker. Jika sobat familiar dengan mesin cutting besar premium seperti Mimaki, Graphtec dan Roland tentu tak masalah tak memiliki mesin cutting kecil.

Karena mesin dengan merek tersebut memang memiliki kemampuan potong yang sangat bagus.

Namun jika mesin besar sobat adalah buatan China, cobalah untuk melakukan pemotongan untuk huruf setinggi 6 milimeter atau di bawah 1 centimeter.

Akan terlihat kekurangakuratannya. Akibatnya, sudut-sudut huruf tak tercetak sempurna. Kalau dikelupas maka bagian huruf yang seharusnya tertinggal di backing paper akan terangkat.

Dengan mesin cutting kecil merek Graphtec namun area potongnya hanya 20 centimeter, yakni CraftROBO, sobat akan terlepas dari masalah tadi.

Atau kalau mau membeli yang lebih lebar area potongnya, sobat bisa memilih Silhouette Cameo yang sekarang sudah di versi 4.0. Keunggulan mesin ini bisa dibaca di sini.

3. Pelengkap Wrapping atau Stripping

sticker-pelengkap

Saat sobat mengerjakan sepeda motor atau mobil konsumen yang diwrapping atau stripping, adakalanya pemiliknya mencari-cari sticker, bukan?

Jika sobat memiliki sticker cutting yang sudah jadi dan hasilnya bagus maka ada potensi untuk dibeli.

Konsumen atau pelanggan selalu menanyakan apakah ada sticker yang baru atau tidak. Jika sobat rajin memanfaatkan sisa bahan untuk membuatnya, maka etalase akan tetap terisi sticker cutting terbaru.

Dahulu, ketika saya masih aktif mengelola toko sticker, stikcer cutting kecil selalu ada. Nggak usah buat desain yang rumit, nyatanya brand-brang otomotif masih tetap laku.

Sobat pasti senang juga ketika wrapping selesai lalu pemilik kendaraan minta ditempeli lima atau enam biji sticker cutting.

Daripada harus membuatnya terlebih dahulu, sobat bisa minta yang bersangkutan memilihnya di etalase.

4. Ingat Sedikit Menjadi Bukit

sedikit-lalu-jadi-bukit

Yah kalau yang ini sih terserah sobat semua. Mesin cutting kecil memang hanya mampu membuat sticker cutting ukuran kecil dengan kecepatan konstan. 

Sticker yang dihasilkan juga paling dijual Rp5 ribu sampai 10 ribu. Tentu angkanya tak sebanding dengan jasa wrapping yang ratusan ribu.

Namun jika sibat arif menerimanya, ikhlas menerimanya, yang kecil-kecil tadi juga akan terasa manfaatnya saat tutup buku. Jangan lihat per harinya.

Kalau sticker kecil laku 10 biji sehari paling cuma Rp50 ribu dengan sumsi per biji Rp5.000. Untuk beli nasi padang sama tiga karyawan sobat saja kurang.

Tetapi kalau dilihat saat tutup buku, akan terasa membantu, bukan?

5. Mesin Cutting Kecil Butuh Tempat Kecil

craftrobo-pro

Alasan kelima ialah, tak butuh tempat luas untuk menempatkan dan mengoperasikan mesin potong ukuran mini.

Beda dengan mesin cutting ukuran besar, lebarnya tidak boleh pas karena ada kabel di sisinya. Belum lagi bagian belakangnya untuk gulungan bahan sticker.

Mesin cutting kecil bisa ditempatkan di meja kerja, atau taruh di depan karyawan keuangan sobat. Sobat yang mendesain lalu dia yang mengerjakan pemotongan dan pengopekan.

Kesimpulan saya, mesin cutting kecil adalah piranti yang wajib sobat punyai untuk menambah pemasukan. Tetapi boleh kan saya tambah satu hal lagi?

6. Bisa Garap Pesanan di Rumah

mesin-cutting-kecil-cameo

Misalnya sobat menerima pesanan logo dengan tulisan kecil, tentu memilih menggunakan mecin cutting kecil bukan?

Pasalnya, sampai sore dan menjelang tutup kios, rupanya belum ada waktu mengerjakan pesanan logo kecil tadi. Kalau sobat mau memanggul mesin cutting besar ke rumah ngga papa sih.

Tetapi kalau saya memilih memasukkan mesin cutting kecil ke tas punggung lalu membawa bahan sticker. Di rumah, setelah istirahat sejenak malamnya bisa tetap mengerjakan pesanan. Apalagi mesin seperti CraftROBO suaranya nggak berisik dan bisa diandalkan.

Begitulah sobat sticker semua, rahasia tersembunyi di manfaat mesin cutting kecil. Semoga memberikan manfaat. Terus sukses. ***

0 Response to "Mengapa Butuh Mesin Cutting Kecil? Ini 6 Alasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel