Skip to main content

Posts

Showing posts from March 13, 2016

Cara Pasang Sticker di Laptop

cuttingstickerupdate - Tutorial cutting sticker kali ini tentang melapisi laptop. Biasanya, urusan bungkus membungkus dengan bahan sticker disebut wrapping. Tetapi sebelum masuk ke materi, ada baiknya saya sisipkan pembukaan dahulu ya. Seperti Undang Undang Dasar 45 ya hehe, pakai pembukaan.

Zaman sudah canggih. Mesin yang dulu dibuat Alan Turing, ahli matematika Inggris, bernama Christopher untuk memecahkan kode mesin Enigma buatan Jerman akhirnya dikembangkan oleh generasi gerenari muda yang cerdik di dunia hingga lahirlah komputer. Komputer yang dulu juga segede meja makan perlahan lahan berevolusi hingga lahirlah PC dan Laptop.

Bicara soal laptop, dewasa ini hampir semua orang mengenalnya. Dan sangat sangat banyak yang memilikinya. Anak saya yang di SMP saja wajib memiliki laptop.



Biasanya, laptop bawaan pabrik warnanya sudah baku. Sementara setiap orang memiliki warna sendiri yang menjadi favoritnya.Anak Anda yang memiliki warna favorit pink belum tentu bisa menemukan laptop pabr…

Cutting Sticker untuk Mug atau Tumbler

cuttingstickerupdate - Cutting sticker bisa menjadikan kreativitas seseorang tak terbatas. Tentu saja kata tak terbatas di sini adalah sesuatu yang masih masuk akal dan bisa diterima secara nalar sehat.

Berbagai media bisa menjadi lebih cantik dengan tempelan cutting sticker sebagai sentuhan seni. Meski untuk membuat cutting sticker dikerjakan oleh mesin cutting atau vinyl cutter atau juga disebut plotter, namun kreativitas manusianyalah yang membuat cutting sticker memiliki nilai seni.

Kali ini saya akan menguraikan bagaimana caranya mempercantik mug atau gelas hias (tumbler) dengan cutting sticker. Memang, untuk membuat cinderamata berupa mug berhias sekarang ini banyak tersedia tempat yang menerima jasa pembuatan mug hias.

Biasanya digunakan printing sticker. Namun bagi Anda pemilik mesin cutting sticker, peluang Anda untuk menjual mug berhiaskan cutting sticker masih tetap terbuka. Apalagi desain Anda unik, nyentrik dan menggoda hasrat.



Pertama, ini yang tak bisa dilakukan oleh se…

Teknik Cutting Sticker 3 Warna

cuttingstickerupdate - Membuat cutting sticker lebih dari satu warna membutuhkan ketelitian. Karena salah menempelkan atau bergeser sedikit akan berpengaruh kepada hasil akhirnya. Apalagi jika membuat cutting sticker lebih dari dua warna. Yang saya bahas di sini adalah cutting sticker tumpuk.

Sebenarnya yang dubutuhkan untuk membuat cutting sticker tiga warna hanyalah sebuah tanda di sudut bahan cutting sticker. Penanda ini juga ikut dicutting. Bentuknya boleh bulat, segitiga, kotak atau sebagainya.

Misalnya kita mau membuat gambar tengkorak warna hijau, ada tulisan di bawah sampingnya berwarna putih dan backround hitam. Bahan sticker hitam sebagai tempat untuk menempelkan tulisan dan gambar tengkorak.



Saat masih bekerja di software grafis, saya sebut saja CorelDraw, saat desain tengkorak ini belum dipisah pisah per warna untuk dicutting, ada baiknya pada bagian atas kanan dan kiri dibuatkan tanda lingkaran atau kotak.

Dengan demikian pada bahan putih ada tanda yang sama, pada bahan h…

Cutting Sticker untuk Pelat Nomor Kendaraan

cuttingstickerupdate - Pelat nomor kendaraan seharusnya menjadi salah satu pemasukan sobat yang membuka usaha cutting sticker. Bisa bekerja sama dengan sejumlah pembuat pelan nomor atau hanya membuka jasa cutting untuk nomor kendaraan.

Mesin cutting sticker tak harus digunakan hanya untuk membuat cutting sticker berupa gambar, logo atau tulisan. Lebih jauh dari itu, manfaatkan mesin cutting sticker Anda untuk hal lain yang juga menghasilkan uang.



Pernahkah Anda terlintas bahwa begitu banyak kendaraan lalu lalang di depan rumah, berseliweran di jalan raya, adalah target operasi. Asal jangan target buron karena kriminalitas hehe.

Perhatikan bahwa setiap kendaraan bermotor harus dilengkapi pelat nomor kendaraan yang dikeluarkan oleh Samsat. Memang ada yang memodifikasinya, entah itu ukuran pelatnya yang lebih kecil, bentuk huruf dan angkanya atau bentuk lain.

Pelat Nomor Lebih Rapi Namun aturan tetaplah aturan, jika ada yang melanggar pasti suatu saat kena batunya. Sepandai pandai bawa k…

Cara Instal Driver Teneth dan Plug In CorelDraw

cuttingstickerupdate - Meski termasuk mesin cutting sticker yang belakangan memasuki pasar di Indonesia, namun kehadiran mesin cutting sticker Teneth langsung mencuri perhatian para pebisnis cutting sticker.

Teneth dibuat oleh  Shenzhen Teneth Technology Co., Ltd. Hingga sekarang Teneth sudah hadir dengan sejumlah varian.

Ada mesin cutting sticker TK Series yang terdiri dari Teneth TK-740 dan Teneth TK-1350. Lalu T Series dengan produk terdiri dari Teneth T-59L, Teneth T-48L dan Teneth T-24 L. Kemudian melahirkan juga Teneth TH Series dengan jenis Teneth TH-1600L, Teneth TH-440L, Teneth TH-1300L dan Teneth TH-740L. Teneth juga memiliki mesin cutting sticker dengan driver motor servo.



Seperti artikel saya sebelumnya tentang perbedaan mesin cutting sticker dengan driver strepper dan servo, kelebihan servo adalah kekuatan tarikan piasunya lebih kuat dan stabil serta suaranya yang halus. Driver motor Servo kebanyakan dimiliki oleh mesin cutting sticker produksi Jepang seperti Mimaki, Rola…

Yuk Sablon Kaos dengan Mesin Cutting Sticker

cuttingstickerupdate - Mesin cutting sticker tak hanya bisa dimanfaatkan untuk mencetak cutting sticker yang diaplikasikan ke motor, papan nama dan sebagainya. Jika Anda kebetulan ingin menyablon kaos Anda dengan logo tempat usaha dengan desain yang sederhana, bisa minta bantu mesin cutting sticker.

Untuk kegiatan ini yang Anda butuhkan selain mesin cutting sticker dan PC tentu saja, ialah papan screen yang biasa dipakai untuk sablon manual, cat atau pewarna dan rakel.

Pertama, desain logo atau apa saja yang ingin Anda sablon di kaos. Kemudian seperti biasa, cutting di bahan cutting sticker.

Kemudian kelupas (kopeki) bagian bagian yang akan membentuk gambar. Jangan salah ngopek, bukan bahan di luar pola yang dibuang. Setelah selesai pasanglah masking tape ke atasnya.



Mengapa harus dipasang masking tape? Karena pada beberapa bagian di desain ada bagian yang terlepas jika tidak menggunakan masking tape. Misalnya pada huruf A, ada segitiga kecil di atas, demikian juga dengan hruf huruf d…

Mengganti Lapisan Pelindung Jalur Pisau Cutting Sticker

cuttingstickerupdate - Ada satu bagian dari mesin cutting sticker yang jarang dibicatakan di forum forum. Persoalan yang ditanyakan sebenarnya sama, mengapa hasil cutting pada bahan cutting sticker tidak halus?

Bahkan sampai bahan terluka, padahal psau cutting baru, blade holder sudah dibersihkan, vector pada seain juga sudah benar. Apa lagi yang harus dikerjakan?
Lapisan Pelindung Jalur Pisau Bisa jadi upaya yang Anda lakukan di atas tidak menghentikan frustasi saat melihat hasil cutting sticker berantakan. Ada bagian yang tak terpotong, ada garus terputus, pinggir pola tidak rata dan sebagainya.

Sekarang coba lihat dan arahkan pandangan mata Anda ke sebuah benda berupa lembaran pita memanjang yang berada di bawah jalur mata mesin cutting sticker Anda. Ada yang berwarna putih, hitam dan biru tua.

Jika diraba dengan tangan, permukaannya terasa halus namun lembut. Serolah olah ada bantalan yang melapisinya. Itulah lapisan pelindung jalur pisau cutting (Vinyl Sign Cutter Protection Stri…

Cutting Sticker Lucu dan Unik

cuttingstickerupdate - Bagi pedagang cutting stickerseperti saya, wajib mengikuti perkembangan di segala hal. Yah, meskipun tak tahu banyak, paling tidak tahu sedikit sedikit. Ini jelas dibutuhkan oleh pedagang cutting sticker.

Gunanya? Jika ada kata atau idom yang diucapkan oleh seseorang dan menjadi terkenal, bisa kita buatkan cutting stickernya.

Beberapa contoh cutting sticker yang pernah booming adalah saat sebuah produk rokok mengeluarkan iklan di mana salah satu kalimatnya berbunyi: tanya kenapa? Tak lama setelah iklan itu keluar dan Tanya Kenapa menjadi kata kata yang sering diucapkan bahkan oleh masyarakat, cutting sticker bertemakan tanya kenapa pun bermunculan.



Salah satunya dengan desain seorang wanita yang tengah hamil kemudian di bawahnya dilengkapi dengan tulisan Tanya Kenapa? Hahahaha. Dan jujur saja, saya pun meniru cutting sticker tersebut (mohon maaf untuk kreator pertamanya, salam hormat).

Lalu muncul kata Slow yang diplesetkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Wole…