Cara Pasang Sticker di Laptop

cuttingstickerupdate - Tutorial cutting sticker kali ini tentang melapisi laptop. Biasanya, urusan bungkus membungkus dengan bahan sticker disebut wrapping. Tetapi sebelum masuk ke materi, ada baiknya saya sisipkan pembukaan dahulu ya. Seperti Undang Undang Dasar 45 ya hehe, pakai pembukaan.

Zaman sudah canggih. Mesin yang dulu dibuat Alan Turing, ahli matematika Inggris, bernama Christopher untuk memecahkan kode mesin Enigma buatan Jerman akhirnya dikembangkan oleh generasi gerenari muda yang cerdik di dunia hingga lahirlah komputer. Komputer yang dulu juga segede meja makan perlahan lahan berevolusi hingga lahirlah PC dan Laptop.

Bicara soal laptop, dewasa ini hampir semua orang mengenalnya. Dan sangat sangat banyak yang memilikinya. Anak saya yang di SMP saja wajib memiliki laptop.

sticker laptop


Biasanya, laptop bawaan pabrik warnanya sudah baku. Sementara setiap orang memiliki warna sendiri yang menjadi favoritnya.Anak Anda yang memiliki warna favorit pink belum tentu bisa menemukan laptop pabrikan dengan warna yang sesuai dengan harapannya.

Cutting sticker pun mengalami perkembangan yang gila gilaan. Hampir semua media yang memungkinkan untuk distikeri, akhirnya dicoba dilapis. Termasuk laptop. Tujuannya sebenarnya bukan hanya menjadikan pemiliknya merasa senang karena warna laptopnya sesuai warna favoritnya. Lebih jauh, melapisi laptop dengan bahan sticker bisa melindungi cover dari goresan.

Berdasarkan pengalaman saya di toko, kebanyakan pemilik laptop ingin melapisi covernya utuh. Ada beberapa yang kemudian minta dihiasi dengan cutting sticker. Meski hanya selebar laptop, namun jangan anggap memasang stickernya gampang. Paling tidak bagi pemula.

Menerima jasa wrapping laptop atau cutting sticker untuk laptop bisa melengkapi bidang usaha Anda yang membuka usaha cutting sticker. Bagi yang hanya menerima lapis polosan, tak membutuhkan mesin cutting. Hanya gunting dan pisau cutter. Jangan pakai pisau dapur apalagi pisau dapur, dipastikan kesulitan memotong bagian sticker yang tak terpakai.

Ada banyak teknik bisa dipakai untuk melapisi cover laptop. Ada yang dari tengah, ada yang langsung dari tepi. Semua tergantung kebiasaan semata. Yang penting hasilnya sama, cover laptop terlapisi dengan bahan sticker.

Biasanya pada media datar tak mengalami kesulitan, namun harus diingat, banyak cover laptop yang tepi tepinya melengkung. Nah, di ujung keempat sudutnya yang harus bisa rapi.

Untuk mengatasinya, bisa dipakai heatgun atau pemanas khusus untuk bahan sticker. Jika tak ada, bisa menggunakan korek gas. Tetapi jika menggunakan korek gas, jangan terlalu panas atau terlalu jauh apinya.

Pengaruhnya akan pada elastisitas bahan. Kira kira saja bahan terkena efek panas gas korek dan mudah untuk ditarik. Tarik ke ujung, sehingga tak ada bahan yang melipat atau njlekithut (saya bingung apa bahasa Indonesianya njlekithut hehe).

Bersihkan Casing Laptop

Langkah pertama ialah membersihkan casing laptop yang akan dipasangi sticker. Usahakan bahwa permukaan casingnya benar-benar bersih dari debu atau bekas minyak. Teman-teman di toko biasa menggunakan air yang dicampur sabun untuk menyemprotnya lalu mengelapnya dengan kanebo.

Hal ini dilakukan stidaknya dua kali untuk mendapatkan permukaan casing yang benar-benar bersih. Kalau ada sticker lama yang dipasang, hendaknya dilepaskan karena akan mempengaruhi hasil pelapisan jika dibiarkan menempel.

Setelah dibersihkan, pastikan bahwa casingnya kering. Tak usah dipanaskan di bawah terik matahari, didiamkan saja 10 sampai 15 menit sudah bisa dilapisi.

Persiapkan Bahan Sticker

Untuk memudahkan melapisi casing laptop dengan bahan saticker, persiapkan bahan lebih lebar sedikit dari ukuran laptop. Mengapa demikian?

Sobat harus ingat, ada beberapa jenis laptop yang bentuk casing atasnya tidak rata seperto meja. Kebanyakan justru di bagian tepinya melengkung. Memang sih, laptop zaman jadul kebanyakan datar semua. Namun saat ini laptop rata-rata tepinya dibuat lengkung untuk keindahan dan daya tarik.

Tak usah banyak-banyak memberi kelebihan bahan di keempat sisinya. Ya sekitar satu atau dua centimeter per setiap sisi.

Tangan atau Squeeze Lembut

Selanjutnya pasanglah bahan sticker dari samping (boleh dari mana saja, itu menjadi kebiasaan dan tidak bisa disalahkan) dengan cara melepas bagian backing papernya sedikit lalu menempelkannya. Mulailah meratakannya dengan jari.

Kalau mau menggunakan squeeze atau rakel, gunakan yang ujugnya lembut karena akan menekan casing atas laptop. Sapu jari atau squeeze sedikit demi sedikit mengikuti pola sobat melekatkan bahan. Kalau dari tepi kanan yang dari atas ke bawah meratakannya. Kalau dipasang dari atas ya disapu dengan jari dengan gerakan dari kanan ke kiri.

Meratakan bahan sticker dengan cara yang benar akan menghindari munculnya bubble atau gelembung udara. Jika memang muncul gelembung udara lebih baik diangkat lagi bahan stickernya lalu dipasang lagi. Jangan asal main tusuk pakai jarum karena yang sobat hadapi laptop.

Baca Juga:




Gunakan Heatgun

Pada penyelesaian bagian tepinya, ini yang agak sulit (bagi pemula). Gunakan saja heatgun atau pemanas untuk menarik bahan agar mengikuti lengkungan. Tarikan paling kuat diberikan ke bahan yang ada di empat sudut casing, biar menutup sempurna.

Untuk keempat sisinya biasanya masih bisa diratakan tanpa pemanas, namun di sudut-sudutnya gunakan pemanas. Jangan lama-lama karena bahan bisa berlubang saat ditarik.

Nah, di sinilah pentingnya memberikan ukuran bahan sticker lebih lebar dibandingkan ukuran laptopnya. Ya supaya ada pegangan saat menutup keempat sisinya khususnya empat sudut casingnya.

Potong Sisa Bahan

Terakhir, potonglah sisa bahan pada keempat sisi dan empat sudutnya menggunakan pisau cutter. Lakukan pelan-pelan saja kalau belum terbiasa, khawatir akan mengenai tepian casing laptop.

Demikian cara melapis laptop dengan bahan sticker. Semoga bermanfaat. ***

1 Response to "Cara Pasang Sticker di Laptop"

  1. mau tanya kalo stiker oracal 651 bisa print foto gak ya??trus tinta dan printer nya jenis apa...mohon info dong bosss ....

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel