Pasang Stiker Full Body Mobil, Kok Harganya Beda-beda?

Wrapping mobil full body sudah mulai dilakukan di Indonesia beberapa tahun belakangan. Hal ini dilandasi pemahaman konsumen jika bahan stiker juga bisa menjadi alternatif, selain cat yang sudah lebih dahulu dipakai. Selain itu bahan stiker juga semakin tahun semakin bagus kualitasnya.

Ada sejumlah pertimbangan mengapa konsumen memilih pasang stiker full body mobil ketimbang harus dicat. Alasan yang umum disampaikan ialah karena ingin melindungi cat aslinya, tidak sedikit yang memberikan alasan kalau bosan warnanya tinggal lepas. Berbeda dengan cat yang tidak bisa lepas pasang.

pasang-stiker-full-body-mobil (1)
Foto - bintan wrapping sticker variasi

Bicara harga stiker full body mobil sebenarnya tidak bisa disamakan antara daerah Jawa, Sumatera, Kalimantan atau Papua. Namun untuk memberikan gambaran, saya akan memberikan penjelasan yang dilakukan para pemasang stiker di Jakarta. 

Saya juga memiliki alasan khusus mengapa harus mengambil contoh di Jakarta? Karena pusat penjualan bahan stiker di Indonesia rata-rata berada di Jakarta. Artinya, di Jakarta seharusnya bahan stikernya paling murah. Harga di Jakarta bisa dijadikan pedoman dalam artian harga di luar Jakarta kemungkinan besar bisa lebih mahal. Karena pembelian bahan stiker dari Jakarta ke provinsi lain membutuhkan ongkos kirim yang kadang tidak murah.

Untuk sumbernya saya cari dari sejumlah toko online yang ada di Indonesia. Untuk memulai penjelasan ini saya kutip dari pemilik akun Mega Jaya Abadi di Tokopedia. Toko ini menjual bahan stiker jenis candy berukuran 18 meter x 152 centimeter. Harganya Rp2.700.000, jika saya bagi maka per meternya jatuh di angka Rp150.000. Warna candy yang ditawarkan ada beberapa, dari merah, biru hijau dan warna lainnya.

Itu harga bahannya di Jakarta Barat. Jika berat bahan stikernya 12 kilogram, maka dapat diperkirakan jasa pasang bahan plus ongkos kirimnya di luar provinsi DKI Jakarta berkisar di angka Rp5.400.000. Lho, ongkos pasangnya kok sama dengan harga bahannya?

Mungkin analoginya sederhana, kondisinya tak jauh dengan tukang bangunan. Harga material dan ongkos jasa tukangnya hampir sama. Tukang stiker perlu dihargai skill atau kemampuannya. Saya harus bawahi, harga Rp5.400.000 tersebut belum dihitung ongkos kirimnya.

Biaya stiker mobil full juga saya kutip dari Otomax Store yang mencantumkan harga jasa wrapping mobil mulai dari Rp4 jutaan. Pemilik toko ini dalam keterangannya menyebutkan bahan yang digunakan merek Maxdecal warna hitam glossy. Sekadar informasi, untuk mengetahui merek dari bahan stiker cukup membalikkannya. Pada bagian belakang backing papernya pasti tertulis mereknya. Kalau tidak ada, biasanya tertera di bungkusnya.

Angka Rp4 jutaan tadi untuk kategori mobil dengan ukuran kecil. Contohnya Honda Jazz, Toyota Ayla dan sejenisnya. Untuk ukuran sedang, biaya pasang stiker full body mobil di sini dipatok mulai Rp5 jutaan, sementara mobil besar mulai Rp6 jutaan.

Namun di toko yang sama saya juga menemukan harga yang jauh berbeda karena perbedaan jenis bahan yang digunakan. Memberikan judul wrapping sticker metallic dragon blood res gloss full body untuk mobil kecil Rp10 jutaan, sedang Rp12 jutaan dan besar Rp14 jutaan.

pasang-stiker-full-body-mobil (3)
Foto - bintan wrapping sticker variasi

Bagi Anda yang berada di posisi konsumen mungkin terkejut. Namun seperti itulah yang harus dipahami. Dan biaya pasang stiker full body mobil di atas bukan yang tertinggi. Semakin mahal bahan stiker yang digunakan akan semakin mahal jasa wrappingnya.

Sekarang saya beralih ke King Auto Wrap yang ada di Jakarta Timur. membuat judul Wrapping Sticker Vinyl Supercar Sportcar Full Body Mobil Premium, dituliskan angka Rp14.500.000. Bahan stiker wrapping mobil full body disebutkan Inozetek Belgium, dengan daya tahan 10 tahun serta garansi dua tahun. Hayo, siapa yang baru tahu jika wrapping full body mobil berani garansi hingga dua tahun?

Toko ini juga mencantumkan keterangan, harga yang tercantum di atas adalah Reservasi DP di awal untuk booking tanggal pemasangan. Keterangan lain yang dicantumkan ialah, jika membayar mulai Rp23 juta maka selain wrapping sudah termasuk paint correction, coating sticker, interior detailing, engine detailing serta antar jemput kendaraan. Saya rasa yang terakhir khusus untuk wilayah Jakarta Timur.

Penawaran lainnya dari King Auto Wrap ialah Wrapping Sticker Vinyl Supercar Sportcar Full Body Black Crome Mirror dengan harga Rp49.000.000. Untuk harga ini bahan stiker yang digunakan mereknya Teckwrap.

Di Depok, saya kutip harga pasang stiker full body mobil dengan bahan Maxdecal harga mulai Rp6 jutaan. Di Tokopedia ia mencantumkan menerima jasa wrapping branding dan cutting sticker dikerjakan di rumah konsumen melayani wilayah Jabodetabek.

Perbedaan Harga Pasang Stiker Full Body Mobil

pasang-stiker-full-body-mobil (2)
Foto - bintan wrapping sticker variasi

Setelah membaca penjelasan di atas pasti muncul pertanyaan bagi kalian yang ingin wrapping mobil. Kenapa harganya bisa berbeda dengan rentang yang cukup jauh?

Saya berikan gambaran tentang alasan utama yang membuat harganya berbeda. Yaitu harga bahan yang digunakan. Mengutip kitamuraya.com, jika wrapping menggunakan Oracal 651 glossy atau matt (doff) harga bahan per meternya berkisar Rp60 ribuan. Inilah bahan stiker Oracal paling murah yang banyak digunakan untuk wrapping, padahal dari pabriknya bukan untuk hal ini. Seri ini hanya untuk rambu atau stiker peringatan dalam jangka pendek serta dekorasi.

Nah, untuk wrapping kendaraan Oracal memiliki produk seri 970 yang juga ada glossy dan doff. Bahan ini disebut sebagai premium wrapping cast. Berapa harga per meternya? Ada yang mencapai Rp298.000 per meter, yakni untuk seri 970G-990 warna Aubergine Bronze dan 970G-100 warna sunset shift. Selain itu harganya di bawah keduanya.

Tentu ongkos yang harus dibayarkan konsumen jika wrapping mobil full body menggunakan Oracal seri 970SMRA akan lebih mahal. Salah satu warnanya, yaitu 070 hitam harga per meternya Rp318.000. Jika satu mobil membutuhkan 18 meter, maka harga bahannya saja Rp5.724.000. 

Jika tukang stikernya meminta ongkos total Rp11.448.000 (bahan dan jasa pemasangan) bolehlah ditawar. Karena bagi mereka yang membuka jasa di luar Jawa, butuh ongkos kirim yang cukup besar. Tetapi menawarnya juga harus wajar, demikian juga dengan tukang stikernya, setidaknya memiliki patokan ongkos pasang. 

Dengan begitu, meski bahannya mahal namun dengan standar ongkos pasang maka konsumen akan terbantu. Misalnya untuk Oracal 970SMRA-070 di atas, harga bahannya saja Rp5.724.000, ongkos kirim katakanlah Rp500.000 maka ketemu Rp6.224.000. Katakanlah tempat stikernya mematok Rp3.000.000 untuk jasa pasang mobil kecil, maka totalnya Rp9.224.000. 

Bukan berarti jasa pasangnya juga harus mengikuti harga bahan. Karena bidang yang dikerjakan juga sama dengan bahan lain yang harganya berbeda. Ukuran mobil juga segitu, waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakannya juga sama. 

Dan itu menurut saya cukup adil. Semoga artikel Pasang Stiker Full Body Mobil, Berapa Biayanya? ini bermanfaat. ***

Disclaimer: harga yang saya cantumkan dari beberapa toko online di atas bisa sewaktu-waktu berubah. Silakan cek di tokonya masing-masing untuk melihat perubahan yang sangat mungkin dilakukan.

0 Response to "Pasang Stiker Full Body Mobil, Kok Harganya Beda-beda?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel