Jenis Kaca Film Mobil Berdasar Fungsi dan Fiturnya

Jenis kaca film mobil cukup beragam. Artikel ini akan menjelaskan hal tersebut berdasarkan fungsi dan fiturnya. Hal ini akan sangat membantu kalian yang ingin memasang kaca film mobil atau mengganti dari yang lama karena mungkin sudah rusak atau faktor lainnya.

Sebenarnya di setiap tempat pemasangan kaca film pasti mengetahui jenis-jenisnya dan akan ditawarkan kepada konsumen yang mana akan dipilih. Kaca film bagi sebuah kendaraan roda empat bukan sekadar pelengkap atau aksesoris. 

jenis-kaca-film-berdasarkan-fungsi-dan-fitur
Pemasangan kaca film di Bintan Wrapping Sticker Variasi, Tanjungpinang. Foto - dok pribadi

Labih dari itu, lapisan bening ini juga sebagai pelindung kaca mobil jika pecah serta memberikan penahan bagi orang di dalam kendaraan dari paparan sinar matahari langsung. Kalau tak ada kaca film, maka pengemudi atau penumpang akan merasakan silau oleh beragam sinar yang datang dari arah luar.

Mengenal Jenis Kaca Film Mobil Berdasar Fungsinya

Pembahasan pertama kita tentang jenis kaca film ialah berdasarkan fungsi atau kegunannya. Pabrik pembuatnya pasti memiliki tujuan. Berdasarkan fungsinya, ada tiga yang wajib kalian ketahui. Yuk baca penjelasannya di bawah ini.

1. Kaca Film Artistik

Kaca film artistik juga banyak disebut dengan dacorative film. Tentu kita terbiasa mendengar kaca dekorasi, misalnya rumah yang didekorasi karena mau dijadikan untuk lokasi nikahan atau hajatan. 

Dengan demikian, kaca film jenis ini lebih banyak fungsinya sebagai pemanis sebuah kendaraan bermotor. Oleh karena itu ragamnya motif yang mengandung unsur artistik. Dengan menggunakan kaca film ini, tampilan mobil terlihat lebih modis dari luar dan dalam. 

Warna yang ditawarkan juga beragam. Zaman dahulu jenis kaca film hanya standar karena memang pada umumnya untuk keamanan. Namun semakin berkembangnya dunia variasi mobil, kaca film juga ikut dimodernisasi. Meski untuk dekorasi, faktor kenyamanan juga masih tetap diperhatikan.

2. Kaca Film Penolak Panas

Jenis kaca film inilah yang lazimnya dipasang di mobil kalian. Di Indonedia, jenis kaca film ini juga yang paling laku. Dibuat menggunakan teknologi khusus yang membuatnya mampu memberikan pengaman dari terik atau cuaca sepanas apapun di luar mobil.

Kaca film ini mempunyai daya tolak panas yang dilengkapi dengan teknologi yang mampu menyerap dan menolak panas matahari. Juga sekaligus mampu memantulkan sinar ultraviolet. Berkat adanya kaca film penolak panas, maka suhu di dalam kabin mobil tidak ikut panas.

3. Kaca Film Pengaman

Jenis kaca film ke-3 adalah untuk pengaman. Tingkat kegelapannya bisa mulai 80 persen hingga lebih. Gunanya agar apa yang ada di dalam mobil tidak terlihat sama sekali dari luar. Mungkin bagi kendaraan umum tidak diperkenankan menggunakan jenis kaca film ini. 

Namun untuk keperluan tertentu, misalnya pengintaian maka kaca film jenis ini sangat dibutuhkan. Ada beberapa operasi khusus yang dilakukan dengan bantuan mobil yang dilapisi kaca film pengaman.

Itulah tadi penjelasan mengenai jenis kaca film berdasarkan fungsinya.

Jenis Kaca Film Mobil Berdasarkan Fitur

Berdasarkan fiturnya, ada empat jenis kaca film. Penjelasannya secara singkat bisa kalian baca pada keterangan di bawah ini.

1. Kaca Film IRR

IRR adalah kependekan dari Infrared Reflectance. Kaca film jenis ini fungsinya menghalau atau menghalangi sinar inframerah dari cahaya matahari agar tidak masuk ke kabin mobil. Konsepnya tak jauh beda dengan kaca film UVR yang di jelaskan di nomor 2.

Semakin tinggi angka persentasenya, maka semakin besar pula kekuatannya menolak sinar inframerah yang ada padanya. Fungsi ini sangat bagus melindungi manusia atau benda hidup yang ada di dalamnya, karena tetap merasa sejuk.

2. Kaca Film UVR

Tidak jauh berbeda dengan penjelasan angka 1 di atas. Ultraviolet Rejection adalah kepanjangan dari UVR. Kalau diartikan secara gampang, ia akan mereject sinar ultraviolet. Bayangkan saat kalian menelepon kekasih saat sedang kangen namun direject.

Kemampuan kaca film UVR ialah menghalau sinar UV agar tidak memenuhi kabin mobil. Ada beberapa tingkat persentase yang bisa kalian pilih, menyesuaikan dengan kebutuhan. Apakah kalian tinggal di wilayah dengan tingkat hujan rendah dan hari-hari diwarnai dengan terik yang menyengat. 

Jika kulit kalian ingin terlindungi dari sinar matahari yang ekstrem, jenis kaca film ini bisa menjadi alternatif. Selain untuk melindungi kulit, juga bisa dimanfaatkan melindungi jok dan dashboard tidak mudah pudar akibat paparan sinar ultraviolet.

3. Kaca Film VLT

Apa sih VLT itu? Merupakan singkatan dari istilah Visible Light Transmittance, yang artinya memiliki kemampuan meneruskan cahaya ke dalam kabin mobil. Artinya, kalian yang berada di dalam mobil akan dengan jelas dapat melihat keadaan di luar.

Sebaliknya, orang yang berada di luar tidak akan bisa melihat ke dalam. Pada umumnya, kaca film VLT dijual dalam berbagai tingkat kegelapan. Semakin kecil nilai persentasenya, maka tingkat kegelapannya semakin besar. 

Sebagai gambaran, jika kalian memilih kaca film VLT 5 persen, maka tingkat kegelapannya bisa mencapai 80 persen. Dan sebaliknya, jika memilih yang 70 persen, maka tingkat kegelapannya hanya 15 persen.

4. Kaca Film TSER

TSER adalah pilihan pemilik kendaraan yang kulitnya sangat sensitif terhadap sinar matahari. Sesuai dengan singkatannya, TSER adalah kependekan dari total solar energy rejected. Ia dibuat pabrikannya memang untuk menangkal habis sinar matahari.


Sama seperti UVR dan IRR, makin tinggi nilai persentase yang ada pada kaca film TSER, maka akan makin besar pula energi total yang dapat ditangkis kaca film. Dengan memilih persentase yang lebih tinggi, tingkat kesejukannya juga akan semakin terasa.

Nah, jenis kaca film mobil mana yang akan kalian pilih? Semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Jenis Kaca Film Mobil Berdasar Fungsi dan Fiturnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel