Ganti Selang Infus Tinta Agar Printer Awet

Selang printer adalah sarana untuk menyalurkan tinta agar bisa keluar pada media. Namun tak banyak yang tahu jika selang infus printer memiliki masa penggunaan. Bentuknya yang masih bagus belum tentu demikian dengan fungsinya.

Selang tinta printer dapat dengan mudah dilihat saat kita membuka penutup printer merek apapun. Jumlahnya sama dengan warna tinta yang ada pada sebuah printer. Lantas, sebaiknya berapa lama perangkat ini harus diganti?

ganti-selang-infus-tinta-agar-printer
Selang infust tinta printer seperti ini harus diganti secara berkala. Foto - istimewa

Di dunia perprinteran, selang printer ini juga disebut dengan selang CSIS infus modif. Nah, soal berapa lama harus diganti agar kinerja printer, bisa saja terkait dengan jenis tinta yang digunakan. Kita pasti tahu, ada beberapa jenis tinta yang ada di pasaran.

Ada anggapan yang salah mengenai hal ini. Selama selang printer masih bisa mengalirkan tinta dari tabung infus menuju cartridge printer, maka masih dianggap baik baik saja. Tidak perlu diganti karena dianggap hanya buang-buang uang mengganti barang yang masih bagus kondisinya.

Padahal anggapan itu salah. Selang printer yang tidak diganti dalam jangka waktu lama tak menutup kemungkinan bakal menyebabkan selang tersebut menjadi keras. Jika hal ini terjadi maka gerak selang menjadi tidak teratur dan dapat tersangkut saat proses mencetak.

Coba kita perhatikan bagaimana selang tinta infus printer bergerak mengikuti gerakan cartridge. Tetapi ingat, tidak semua printet dapat dibuka penutupnya saat proses mencetak sedang berlangsung. Jika dipaksakan dibuka, ada printer yang secara otomatis langsung berhenti. 

Selang tinta harus lentur, arah gerakannya juga lurus, tidak membuat gerakan yang tidak teratur. Nah, soal berapa lama sekali harus menggantinya maka harus disesuaikan dengan jenis tinta. Semakin kental jenis tinta yang digunakan, semakin cepat pula intensitas penggantian selang printer.

Pada jenis tinta yang kental seperti sublim, pigment dan art paper, seyogyanya melakukan penggantian selang tinta printer lima sampai enam bulan sekali. Sementara bagi kita yang menggunakan tinta lebih cair seperti dye based atau anti UV bisa menggantinya lebih lama, misalnya 12 bulan sekali. ***

0 Response to "Ganti Selang Infus Tinta Agar Printer Awet"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel