Ragam Tinta Printer untuk Sablon Kaos

Tinta printer untuk sablon kaos memegang peranan yang sangat penting bagi mereka yang bergelut di bidang jasa sablon. Karena tinta yang berkualitas akan menghasilkan cetakan yang bagus, demikian juga sebaliknya.

tinta-printer-untuk-sablon-kaos

Tinta menjadi komponen utama lainnya, selain kualitas printer yang dipergunakan. Namun dengan penggunaan tinta yang bagus serta rekomended, akan mengurangi risiko hasil cetak yang kurang bagus. Naga-naganya ke konsumen yang mungkin kapok mengulangi order sablon ke tempat yang sama.

Terdapat beberapa ragam tinta printer untuk sablon kaos. Kalau kita bicara sablon dan printar, dipastikan teknologi yang dipergunakan ialah sablon secara digital. Tinta yang baik tentu memiliki keunggulan seperti hasil cetakan tahan lama, warnanya cerah dan sebagainya. Digital sablon ada beberapa jenis, namun pembahasan ini hanya seputar DTG.

Jenis Tinta Sablon Kaos

Berikut ini ada beberapa jenis tinta untuk sablon kaos yang banyak digunakan oleh dunia sablon di Indonesia. Selain itu, yang akan disebutkan barangnya bisa dibeli di pasar Indonesia. Bacalah dengan teliti agar tidak salah memilih dan hasinya membuat kalian kecewa.

1. Tinta Artistri Duppont

Pengguna printer DTG pasti paham dengan merek tinta yang satu ini. Asal kalian ketahui, tinta ini adalah pionir dalam urusan DTG. Banyak yang menyebutnys sebagai pelopor tinta yang digunakan untuk mesin DTG dari dulu hingga sekarang. 

Tinta sablon Artistri Duppont dibuat di Amertika Serikat dengan kualitas yang mumpuni. Apalagi jika menyangkut tinta putihnya yang solid dan tebal.

Bahan ini berbasis air sehingga keunggulannya cepat meresap pada kain. Banyak digunakan oleh pemilik printer DTG karena warnanya sangat cerah, tahan lama alias nggak gampang luntur. 

Akan lebih maksimal jika dipadupadankan dengan proses pre-treatment yang baik. Karena keunggulannya inilah maka banyak perusahaan garmen menggunakannya sebagai komposisi untuk kain berwarna gelap.

Tinta printer putih Dupont banyak digunakan oleh pengguna printer DTG di Amerika. Bahkan ada sebutan lain untuk tinta ini, yakni tinta tekstil karena sangat kompatibel digunakan pada kain katun, kain satin, kain TC, kain handuk, kain polyester, baju, jaket dan kaos.

Tinta Artistri Duppont warna putih memiliki sejumlah keunggulan, diantaranya:

  • Menghasilkan cetakan paling putih jika dibandingkan tinta sejenis di kelasnya.
  • Tinta originalnya dibuat oleh pabriknya di Amerika dengan kualitas lebih pekat dan tahan lama.
  • Tinta ini bisa dipergunakan di hampir semua printer DTG.
  • Hasil cetak mampu dengan halus meresap ke serat kain dan kontras warna lebih pekat.
  • Hasil cetakan mampu bertahan hingga 100 kali pencucian menggunakan manual (tangan) dan diklaim tetap awet dicuci dengan mesin.
  • Memiliki formula Quick Dry yang membuat tinta cepat kering di serat kain, kaos yang sudah dicetak bisa langsung dikenakan.
  • Mendukung semua jenis kain garmen seperti Kaos Distro, Jaket, Kain Polyester, Handuk, Kain Satin, Kain TC, Kain Katun Combed.
  • Telah lolos uji QC Test dijamin 100% stabil dan tidak menyebabkan cartridge macet.
  • Dijamin 100% aman untuk Head Printer dengan catatan digunakan mencetak secara rutin.
  • Bisa dipergunakan untuk semua tipe printer Epson.
  • Telah mengantongi Quality Management ISO 9001.

2. Tinta Rubber

Rubber merupakan salah satu jenis tinta untuk sablon kaos yang paling sering digunakan di dunia percetakan atau sablon. Bagi sebagian pebisnis sablon, tinta ini menjadi favorit untuk mendulang cuan.

Bahan dasar yang dipergunakan ialah karet, tingkat elastisitas dan kerapatannya demikian tinggi, bahannya fleksibel, cenderung awet dan yang tak kalah keran bisa diseterika. Saat kalian meraba hasil cetakannya, terasa elastis dan padat di permukaan jemari tangan.

Tinta jenis rubber sangat cocok digunakan untuk semua jenis kaos. Tak sedikit yang memanfaatkannya sebagai tinta dasar untuk kaos yang berwarna gelap sebelum ditimpa dengan tinta berwarna lainnya. 

Berikut ini kelebihan tinta printer sablon jenis rubber:

  • Tinta rubber lazimnya berbasis air, sehingga kita dapat mudah membersihkannya dengan air.
  • Hasil cetakan menggunakan tinta ini aman mendapatkan perlakuan diseterika.
  • Elastisitasnya tinggi dalam proses pembuatannya.
  • Tinta rubber memiliki sifat tidak menutup semua pori kain secara utuh. Hal ini menguntungkan kalian yang berkeringat banyak, karena kain masih terada adem karena udara masih bisa menembus pori kain.
  • Tinta rubber juga cepet kering, sehingga ketika pebisnis berpedoman waktu adalah uang, silakan tinta ini.

3. Tinta Neo-Pigment Kornit

Jenis tinta printer untuk sablon kaos selanjutnya ialah neo-pigment kornit yang diklaim sebagai “water resist” atau tinta yang tahan air. Diciptakan oleh pabrikannya sudah ramah lingkungan.

Lantaran bahan dasarnya adalah 100% berbasis air, maka sifatnya sangat ramah lingkungan, bebas racun, bahkan sangat aman digunakan pada pakaian bayi. Sangat disarankan digunakan pada kaos yang berwarna terang.

Ada dua jenis tinta neo-pigment kornit, yaitu:

Tinta Neo Pigment Non-White

Tinta NeoPigment Non-White sangat cocok apabila diaplikasikan pada kaos-kaos yang berwarna terang. Hasil sablon tinta jenis ini lebih bertekstur, lebih tajam dan berkualitas baik. 

Tinta ini memiliki sifat menyerap ke dalam serat sehingga kaos aman untuk dicuci juga diseterika berulang kali. Namun untuk jenis ini seyogyanya digunakan pada kaos berwarna terang karena warna tintanya berbaur dengan warna dasar kaos.

Tinta Neo Pigment + White

Tinta NeoPigment + White dianjurkan untuk digunakan pada kaos-kaos yang berwarna gelap. Lapisan tinta putih pada proses penyablonan menggunakan tinta ini memiliki tujuan agar warnanya lebih terlihat pada hasil print di kaos. 

Selama proses sablon, tinta menyerap ke dalam kaos, kalian bebas memilih desain yang diinginkan, tanpa batasan warna.

Berikut ini beberapa kelebihan pewarna sablon Tinta NeoPigment + White yang wajib kalian ketahui:

  • Memiliki waktu pengeringan yang tergolong cepat sehingga akan menguntungkan dari sisi bisnis.
  • Mampu menghasilkan sablon yang awet serta tahan terhadap perubahan cuaca.
  • Bila diaplikasikan pada kertas, menghasilkan warna lebih kuat.
  • Sangat adaptif terhadap jenis kulit manusia.

Keunggulan dari segi warna, jenis tinta sablin ini memiliki intensitas pigmen yang tinggi. Warna yang dihasilkannya lewat proses sablon tidak mudah luntur.

4. Tinta Plastisol

Berbeda dengan sejumlah tinta printer untuk sablon kaos yang sudah dibahas sebelumnya, tinta plastisol berbahan dasar minyak. Kelemahannya ialah soal waktu pengeringan. Tak bisa langsung digunakan begitu selesai disablon, membutuhkan waktu sementara agar benar-benar kering.

Kalian membutuhkan suhu minimal 160 derajat celcius untuk proses pengeringan. Namun kesabaran mengeringkannya diimbangi dengan tintanya yang menempel sangat kuat pada kain yang disablon. Sebagai catatan, tinta sablon plastisol lebih cocok digunakan pada sablon teknik manual. Perbedaan sablon manual dan digital bisa kalian baca artikel ini.

Jika kalian ingin menyablon desain desain kecil dengan bagian rumit, tinta plastisol merupakan pilihan yang bijaksana. Karena kelebihannya ini tak heran jika sampai saat ini masih banyak pemain sablon yang menggunakannya. Baca langkah-langlah sablon plastisol ini jika lupa.

Berikut ini beberapa keunggulannya:

  • Lebih cerah dan jelas
  • Tahan lama
  • Variasi warna banyak
  • Siap pakai
  • Standar penyablonan di berbagai negara
  • Permukaan kaos tidak menjadi kasar
  • Mampu menghasilkan desain yang beragam

Dengan membaca artikel ini semoga kalian kini memahami tinta sablon baju apa yang akan digunakan. Atau tinta sablon terbaik apa yang harus kalian pilih. Jika membutuhkan informasi cara menyambol sendiri, klik link berikut ini. Harapannya, artikel Ragam Tinta Printer untuk Sablon Kaos ini bermanfaat. ***

0 Response to "Ragam Tinta Printer untuk Sablon Kaos "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel