Lebih Jauh Tentang Bahan Stiker Hologram

Bahan stiker hologram akhir-akhir ini menunjukkan geliat yang cukup kuat. Ibarat manusia bangun tidur, tangannya terentang ke kanan dan kiri, kedua kakinya selonjor kencang. Apa itu selonjor, cari artinya sendiri ya hehehe.

Bicara stiker, rasanya kurang sah jika tak menyebut decal. Ya, stiker decal adalah salah satu jenis stiker printing yang dipasang di sekujur bodi sepeda motor. Semua jenis sepeda motor bisa dipasang decal. Tentang cara membuat stiker decal, kalian bisa membacanya di sini.

Bahan stiker untuk decal juga mengalami perubahan yang cukup cepat. Nggak salah kalau kalian semua dibuat bingung, mau menggunakan bahan stiker yang mana. Beragam pabrik memproduksi bahan yang pada intinya sama, hanya nama dan harganya yang berbeda.

bahan-stiker-hologram-silver-lagi

Nah, bagi yang doyan pasang decal pasti setidaknya tahu bahan stiker hologram. Untuk memberikan penjelasan, akan saya uraikan secara gamblang mengenai bahan stiker ini.

Bahan stiker ini memiliki permukaan yang halus, bisa dikatakan hampir menyerupai glossy. Berbeda dengan matt atau doff. (Namun saya percaya sudah ada bahan stiker sejenis yang matt atau doff). Ada dua jenis bahan stiker hologram yang paling latis di pasar Indonesia.

Keduanya adalah hologram silver dan hologram gold. Hologram silver memiliki permukaan berwarna putih namun menyilaukan. Bukan karena memantulkan cahaya namun seolah-olah pandangan kita tersedot ke permukaan bahan stikernya.

Sementara hologram gold memiliki permukaan yang berwarna keemasan. Namun dibandingkan hologram gold, hologram silver lebih banyak digunakan, khususnya untuk pembuatan stiker decal motor.

bahan-stiker-hologram-silver

Uniknya, olah pabrikannya bahan stiker ini bisa dicetak menggunakan mesin large printer atau digital printing. Tinta yang digunakan ialah ecosolvent yang tahan terhadap air dan juga panas. Ada juga printer kecil yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mampu mencetak hologram stiker.

Sebenarnya hologram bukan hanya bisa dipakai untuk decal motor. Ia bisa juga digunakan sebagai material stiker cutting. Atau dekorasi, seperti stiker untuk nama mempelai di sebuah papan nama pernikahan yang sekarang juga sedang ngetren.

Bagaimana Bahan Stiker Hologram Dibuat?

Pembuatan bahan stiker ini diawali sebagai film poliester metalisasi (lapisan logam yang sangat tipis diterapkan pada film poliester tipis). Film metalik ini kemudian dijalankan melalui satu set rol dengan permukaan bertekstur.

bahan-stiker-hologram-gold

Proses ini disebut embossing. Embossing ini sangat tipis (sekitar 10 mikron, sekitar 1/5 dari rambut manusia) sehingga tidak dapat dilihat dengan sentuhan. 

Perubahan permukaan atas menyebabkan cahaya terdifraksi pada permukaan vinil metalisasi, menyebabkan kita melihat efek warna-warni.

Proses embossing ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai pola yang berbeda memberikan kita berbagai efek, seperti stiker holografik (krom pelangi) dan stiker gemerlap atau glitter.

bahan-stiker-hologram-glitter

Dengan teknik pembuatan yang khusus, salah satu ciri dari bahan stiker hologram ialah efek yang dimunculkannya berupa pelangi yang berwarna warni. Mungkin karena efek yang unik inilah beberapa waktu lalu sempat booming stiker harta tahta wanita berupa cutting.

Untuk menciptakan efek pelangi tadi nggak perlu ditambahkan lapisan lain. Misalnya memberikan laminasi khusus. Karena memang begitulah keunikan bahan stiker hologram. ***

0 Response to "Lebih Jauh Tentang Bahan Stiker Hologram"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel