Pabrik Stiker Reflektor Truk di China Cari Distributor di Indonesia

Stiker reflektor truk adalah tanda yang wajib dipasang pada kendaraan yang sudah ditentukan oleh Kementerian Perhubungan.

Hal tersebut berdasarkan Peraturan Direktur Jendeal Perhubungan Darat Nomor SK.5311/AJ.410/DRJD/2018 tentang Pedoman Teknis Alat Pemantul Cahaya Tambahan (APCT) pada Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan dan Kereta Tempelan.

Di dalam aturan tersebut, stiker reflektor harus dipasang pada mobil bus kecil, sedang, besar, maxi, gandeng, tempel dan tingkat.

Sedangkan mobil barang yang diwajibkan ditempeli stiker kir Dishub ini adalah jenis mobil bak muatan terbuka, muatan tertutup dan mobil penarik.

Stiker Reflektor Truk

Ada kesalahan yang dilakukan tukang pasang stiker selama ini. Mereka menggunakan bahan stiker reflektif biasa yang polos, yang biasa digunakan untuk membuat stiker cutting.

stiker-reflektor-truk-09jhh

Padahal dalam aturan di atas ada poin yang mencantumkan APCT berupa stiker dapat dilihat oleh pengemudi kendaraan lain yang berada di depan, di samping dan di belakang pada malam hari dari jarak paling sedikit 200 (dua ratus) meter.

Pantulan cahaya stiker tadi bahkan dapat dilihat pada jarak 200 meter saat stiker pemantul cahaya tersebut disinari lampu utama kendaraan yang mendekat.

Ini jelas membutuhkan stiker reflektor mobil yang dibuat khusus. Salah satunya diproduksi oleh PT TID, Fujian Xinliyuan di China.

Berdasarkan penjelasan Mr Rich dari perusahaan tersebut, tempatnya bekerja memang membuat stiker khusus reflektor.

"It is our mainly product, reflective film and reflective tape," jawabnya via WhatsApp saat dimintai keteragan cuttingstickerupdate.com tentang produk PT TID, Sabtu (13/11/2021) WIB.

Warna dan Penempatan APCT

stiker-reflektor-mobil-4

Berikut aturan mengenai warna stiker dan di mana ia harus ditempatkan.

Alat Pemantul Cahaya Tambahan atau APCT harus  memiliki warna sebagai berikut:

  • Merah, untuk Alat Pemantul Cahaya Tambahan yang ditempel pada bagian belakang kendaraan.
  • Kuning, untuk Alat Pemantul Cahaya Tambahan yang ditempel pada bagian samping mobil bus dan mobil barang.
  • Putih, untuk sisi Alat Pemantul Cahaya Tambahan yang ditempel pada bagian samping dan bagian depan Kereta Gandengan dan Kereta Tempelan.

Menurut Mr Rich, perusahaannya menawarkan kerja sama dengan siapa saja warga Indonesia yang ingin memasarkan produk stiker reflektor truk.

Ada dua jenis stiker reflektor Dishub yang bisa dipasarkan di seluruh wilayah Indonesia. 

Pertama Reflective Tape yaitu stiker yang bentuknya sudah dipotong sesuai yang ditentukan Ditjen Perhubungan Darat.

Yaitu memiliki bentuk persegi panjang, dengan panjang 60 centimeter dan tinggi 5 sampai 6 centimeter. 

"Kalau panjangnya kami buat per rol atau gulung, jadi tinggak dipotong sesuai aturan tiap-tiap negara," jelas Mr Rich.

Kedua Reflective Sheet yang wujudnya per rol atau gulungan besar. Ukuran per rolnya ialah 1,2 meter x 45 meter.

"Warnanya biru, kuning muda, merah, putih, kuning tua, biru tua dan oranye," tutur Mr Rich sambil mengirimkan foto produknya.

Sekilas tentang proses produksi stiker refektor dp PT TID bisa kalian lihat melalui video di bawah ini.


Dari video di atas, dapat kita lohat semuanya dikerjakan sudah secara otomatis dengan menggunakan mesin berteknologi tinggi

Peluang Usaha Stiker Reflektor Truk

Yang dimaksud oleh Ditjen Perhubungan Darat tentang Alat Pemantul Cahaya Tambahan (APCT) adalah alat berupa stiker yang dapat memantulkan cahaya atau bersifat Retro Reflektif yang dipasang di bagian tertentu pada kendaraan.

Nah, Retro Reflektif adalah sifat material yang dapat memantulkan kembali cahaya ke arah sumber datangnya cahaya sehingga material tersebut dapat terlihat oleh pengemudi kendaraan lain.

Dalam kondisi lingkungan yang gelap atau minim cahaya pada saat cahaya lampu depan pengemudi mengenai material tersebut.

Dinas Perhubungan bahkan menjadikan pemasangan stiker pemantul cahaya ini sebagai salah satu syarat melakukan KIR kendaraan. Peraturan ini diterapkan di seluruh wilayah Indonesia.

Mr Rich yang sudah membaca Peraturan Direktur Jendeal Perhubungan Darat Nomor SK.5311/AJ.410/DRJD/2018 melihat peluang usaha stiker reflektif masih terbuka lebar.

Apakah ada di antara pembaca yang tertarik? Hubungi saja link WA Mr Rich di bawah ini.

Ngobrol tetang Stiker Reflektor

Demikian sobat artikel Pabrik Stiker Reflektor Truk di China Cari Distributor di Indonesia, semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Pabrik Stiker Reflektor Truk di China Cari Distributor di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel