Printer UV, Pengertian, Keunggulan dan Merek Direkomendasikan

printer-uv-djfhd8
Penampakan Printer Liyu KRJ UV. Foto - liyu printer

Printer UV (ultraviolet) adalah salah satu jenis mesin cetak digital printing dengan hasil kualitas cetak yang tinggi. Hasil gambarnya dikeringkan dengan perangkat khusus yang memiliki fungsi seperti sinar UV. 

Tidaklah mengherankan apabila banyak pelaku usaha percetakan atau digital printing yang melengkapi senjata bisnisnya dengan printer UV tadi. Harga yang dibanderol pabrikannya memang masih lumayan mahal buat kantong orang kebanyakan, namun dengan kualitas dan kinerjanya, tidak mengecewakan.

10 Printer UV yang Banyak Direkomendasikan

Sebenarnya banyak printer UV yang dijual di Indonesia, namun hanya ada beberapa merek yang kemudian mendapatkan tempat di hati para pengusaha percetakan. Berikut ini adalah 10 merek printer UV yang bisa dipertimbangkan jika ingin membelinya.

Printer UV Roll to Roll

Mesin ini menggunakan media yang digulung dalam rol seperti mesin digital printing pada umumnya. Umum untuk mencetak iklan dengan mengunakan media outdoor terutama bagi anda yang mempunyai order banyak dengan biaya perawatan yang lebih rendah. Adapula untuk mencetak di mika / plastik transparant.

Printer UV Flatbed

Mesin ini digunakan untuk mencetak material yang kaku / padat seperti kaca, kayu, acrylic dan sebagainya. Awalnya sistem ini menggunakan ban berjalan. Media diletakan di atas ban berjalan kemudian melewati print head yang bergerak ke kiri dan ke kanan. Teknologi ini memiliki kelemahan di ketahanan belt tersebut, terutama menggunakan material yang berat sehingga belt tersebut mudah mulur.

Oleh karena itu, dibuatlah printer flatbed uv dengan meja yang kokoh. Dimana material diletakan di atas meja dan disedot dengan vacuum agar tidak bergerak. Untuk mencetak print head dapat bergerak 3 arah (maju mundur, kiri kanan dan naik turun).

  • Portage
  • Portage VR
  • Platinum Flatbed
  • Platinum Gold KCJ
  • Platinum KC Plus

Penjelasan per merek akan diulas pada artikel tersendiri supaya kalian mendapatkan gembaran yang lebih komplit.

Keunggulan Printer UV

printer-uv-12bn09
Sumber foto: liyu printer

Biasanya jika bicara tentang produk, hal pertama yang ingin diketahui banyak orang ialah kelebihan atau keunggulannya. Di bawah ini merupakan keunggulan dari printer UV yang wajib kalian ketahui:

Hasil Cetak Mengagumkan

Printer UV memiliki kualitas cetak secara visual sangat mengagumkan. Tingkat kilapnya sangat tinggi sementara lapisan coating yang matte (redup) tergantung jenis coating yang dipakai. Warna cetak pun lebih terang dan kontras, mampu menjangkau detil gambar. 

Waktu Cetak Singkat

Printer ini juga memiliki kecepatan saat mencetak. Kalain bahkan bisa langsung melakukan cetak kedua di sisi kedua tanpa harus menunggu hasil yang pertama selesai. Kemudian proses pemotongan, pelipatan dan pengiriman ke pelanggan bisa dilakukan sesegera mungkin karena tak membutuhkan waktu pengeringan. 

Kualitas Premium

Hasil akhir produk sendiri sangat bagus karena material cetaknya tahan air, goresan dan tidak berbekas walau dipegan tangan yang yang lembab.

Melihat keunggulan di atas, nggak salah jika kalian mengincar mesin printer ini untuk masuk ke sebuah persiangan yang semakin kompetitif. 

Tinta Printer UV

Karakteristik dari tinta printer UV dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Printer UV adalah varian dari mesin digital printing yang menggunakan tinta UV (Ultra Violet), tinta tersebut memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan tinta solvent / eco solvent / dye yang umum dipakai. Beberapa perbedaan menyolok dari tinta UV adalah:
  • Dapat digunakan untuk mencetak di bermacam-macam bahan bukan hanya bahan outdoor dan indoor. Namun dapat juga untuk mencetak di bahan Kaca, Acrylic, Kayu, Keramik, Aluminium, Stainless, stiker 3M, dan masih banyak lagi.  Bahan yang dapat dikerjakan yaitu custom wallpaper, sticker, tumbIer, canvas, mug, plastik, flashdisk atau powerbank
  • Tinta UV tidak mudah kering, baru akan melekat dan kering di permukaan material setelah disinari dengan lampu UV
  • Mengingat karakteristik tinta yang tidak mudah kering, perawatan head relatif lebih mudah, hanya perlu menutup head tanpa perlu memberikan solution / cairan pembersih apabila tidak di pakai dalam jangka pendek. Untuk libur panjang, sebaiknya head dibersihkan. ***

0 Response to "Printer UV, Pengertian, Keunggulan dan Merek Direkomendasikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel