Tulisan Neon Box dengan Oracal 8500, Tahan 7 Tahun Bos

tulisan-neon-box

Tulisan neon box adalah huruf atau logo yang dipasang di salah satu atau dua permukaan penampang papan promosi. Tetapi karena menggunakan lampu di dalam frame, biasanya kedua sisinya dipasang stiker.

Entah tidak tahu, belum tahu atau memang disengaja, sangat banyak diantara para pemain stiker bahkan advertising yang membuat tulisan neon box dengan bahan sesukanya. Padahal sudah ada bahan yang benar untuk hal ini.

Tentu saja yang dipertaruhkan ialah daya tahan atau keawetan tulisan neon box tadi. Selain memang harus bagus, karena merupakan promosi, seyogyanya neon box memiliki umur yang cukup lama. 

Jangan paksa para pemilik usaha yang memesan stiker cutting untuk neon box mereka harus merogoh kocek lagi setiap tahun. Memangnya ada bahan stiker cutting khusus untuk neon box dan tahan lama?

Tulisan Neon Box dengan Oracal 8500

Yuk kita mengakui, bahan stiker cutting yang paling banyak kalian gunakan untuk melapis neon box adalah Oracal. Sayangnya Oracal yang kalian pilih serinya 650.

Kita tidak bicara soal papan nama, melainkan ini neon box. Bukan sekadar papan nama satu muka. Kalau kalian bertahan menggunakan Oracal 651 untuk membuat tulisan papan nama, its okey guys. Nggak salah dan sudah benar.

Apalagi kalau papan nama pesanan tadi digantung di teras rumah, tidak terkena sinar matahari langsung. Dijamin awet bertahun-tahun. Jangankan pakai Oracal yang buatan Jerman, kalian pakai bahan stiker China saja sudah cukup.

Tetapi bagaimana kalau seseorang memesan tulisan neon box untuk dipasang di tepi jalan? Yang lampunya akan menyala dari dalam frame saat gelap? Yang nggak akan dibongkar pasang hanya karena hujan atau terlalu panas?

Salah satu pilihan bahan stiker yang harus dipertimbangkan ialah Oracal 8500 Translucent Cal.

Iseng-iseng saya membuka translator online hanya untuk mengetikkan arti translucent. Artinya tembus, lalu saya maknai saja dengan bebas sebagai bahan stiker yang tembus cahaya.

Perhatikan, tembus di sini bukan berarti bahan stiker bening ya? Bukan Oracal 8300 yang memang jenisnya transparent atau tembus pandang. 

Tembus bagi Oracal 8500 untuk tulisan neon box adalah cahaya lampu dari dalam frame akan menembus sempurna ke luar kotak. Oracal 8500 tidak akan menghalangi kecerahan cahaya lampu.

Ini kebalikan dengan bahan stiker yang berjenis reflektif. Oracal sendiri memiliki jenis seperti ini misalnya Oralite dengan beberapa seri. Jika Reflektif disinari lampu dari depan akan menyala, maka kebalikannya adalah Oracal 8500.

Daya Tahan Tulisan Neon Box

Saya kutip dari laman resminya ya gaes, Oracal 8500 memiliki spesifikasi produk sebagai berikut:

Film PVC khusus tembus pandang (80 mikron) yang memiliki 54 warna dengan finishing satin. Dibuat untuk desain kotak cahaya (neon box) berkualitas tinggi.

Atau tanda/peringatan lain yang diterangi dari dalam, kaca akrilik backlit, kaca, dan bahan spanduk pretensi.

Juga Solvent polyacrylate, permanent, transparent yang memiliki ketahanan hingga 7 tahun untuk warna biasa dan 5 tahun untuk warna metalik.

Bayangkan bro, kalau kalian membuat tulisan neon box awet hingga 7 tahun. Wah, ya rugilah Mas kalau terlalu awet, nanti nggak pesan-pesan lagi, dong.

Hmmm, kalau bahan yang kalian gunakan itu bagus dan berani digaransi 3 tahun tidak luntur warna stikernya, pasti ada konsumen yang oke-oke saja bayar mahal.

Lha wong tempat cukur saja ada yang sengaja dibuat dengan harga fantastis dan laku. Harusnya kalian juga berpikiran seperti itu. Toko stiker kalian memang mengerjakan lapisan neon box khusus bahan premium.

Kalau konsumen kalian hanya pemilik usaha menengah ke bawah mungkin memilih bahan biasa saja. Sudah murah masih ditawar lagi hingga kadang kalian cemberut saja saat mengerjakannya. Tetapi mau juga mengerjakan heheheh.

Mereka juga bikin neon boxnya sederhana, hanya ukuran kecil dan sekadar promosi di tepi jalan atau jalan gang. Mengapa nggak membayangkan pelanggan kalian itu perusahaan gede, seperti BUMN misalnya.

Mereka tahu kualitas kok. Saya dahulu, saat masih terjun langsung di stiker beberapa kali mendapatkan bonus. Maksudnya mereka sendiri yang memesan bahan stikernya, saya hanya jasa cutting dan pasang.

Dan mereka membeli Oracal 8500 untuk menghiasi neon box yang jumlahnya cukup banyak di kota tempat saya tinggal. Kalau toko kalian dipercaya mengerjakan stiker cutting dengan bahan premium, pasti kabar itu akan tersiar.

Dapat jobnya memang nggak setiap hari, tetapi hasilnya berkali lipat Mas Bro! Kalau kalian juga memiliki puluhan pelanggan kelas atas, sama saja pekerjaan itu secara berkala kalian peroleh.

Data Teknis Oracal 8500

data-teknis-oracal-8500

Berikut ini adalah data teknis Oracal 8500 yang saya kutip dari laman resminya. 

Kalian juga tak perlu khawatir, Oracal 8500 adalah bahan stiker yang cukup mudah dipotong menggunakan mesin cutting stiker.

Saat ini tersedia beragam ukuran lebar yang bisa kalian beli menyesuaikan jenis pekerjaan yang kalian garap. Yakni lebar 1.260 milimeter, 1.000 milimeter, 630 milimeter, 500 milimeter dan 378 milimeter.

Panjang bahan per rol atau gulung berapa meter? Meski lebarnya ada beberapa macam, namun panjang satu rol bahan ialah 50 meter.

Tentang cara membuat stiker neon box, bisa baca di sini Cara Membuat Neon Box Cutting Sticker

Nah kalian siap berbelanja untuk membuat tulisan neon box yang berkualitas? Buatlah konsumen kalian puas. Pegang juga pemilik usaha kelas atas, biar hasilnya bisa membuat kalian tertawa lepas. ***

0 Response to "Tulisan Neon Box dengan Oracal 8500, Tahan 7 Tahun Bos"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel