Mencetak Stiker Tahan Air dengan Printer Rumahan

mencetak-stiker-tahan-air-3

Printer rumahan sebenarnya bisa kalian optimalkan penggunaannya kalau tahu caranya. Daripada menganggur nanti malah rusak, mengapa tidak mencoba mencetak stiker tahan air?

Dengan ukuran printer rumahan, paling untuk kertas A4 atau A3, sudah cukup untuk membuat stiker sederhana. Misalnya stiker label untuk buku pelajaran anak-anak, stiker ponsel dan sebagainya. Tentu saja ukurannya tidak bisa lebar-lebar.

Kalau soal desain kalian bisa mengambilnya di internet. Saya rasa kalau dipakai untuk keperluan sendiri nggak apa-apa, kecuali kalian produksi besar-besaran dan dijadikan bisnis. Mungkin ada pemilik merek yang sewot.

Mencetak Stiker Tahan Air dengan Printer Rumahan

Namun ada beberapa syarat yang harus kalian penuhi jika ingin mencetak stiker tahan air ala rumahan. Tenang, nggak perlu membawa kembang tujuh taman dan air tujuh sumur. 

Lagian sekarang sudah bukan zamannya rumah pakai sumur, rata-rata sudah menggunakan PDAM. Lalu, apakah syarat-syaratnya? Silakan baca penjelasannya di bawah ini. Sambil ngopi huenak bro...

1. Pakai Printer Epson

mencetak-stiker-tahan-air-2

Direkomendasikan untuk kalian yang memiliki printer merek Epson. Baik itu Epson empat warna atau enam warna. Yang enam warna misalnya L800 untuk ukuran A4 dan L1800 untuk ukuran A3.

Mengapa harus Epson? Berdasarkan pengalaman dan juga referensi dari beberapa sumber, printer ini yang memiliki printhead bandel. Printhead dalam urusan mencetak stiker tahan air sangat penting.

2. Pakai Tinta Art Paper atau Pigment

a. Tinta art paper

Adalah tinta anti pudar dan luntur, yang dirancang untuk digunakan mencetak di atas kertas art paper, photo paper, premium glossy/silky paper, HVS, kertas PVC, stiker photo paper dan sebagainya.

Keunggulan tinta ini untun mencetak stiker tahan air ialah langsung kering di atas kertas. Bahkan cukup aman tanpa harus dilaminasi seperti yang dilakukan pada tinta pigment pada umumnya.

Kalian juga tidak memerlukan pengaturan khusus pada printer. Hasil print dengan tinta art paper tidak akan pudar walau terkena sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama.

Sangat cocok digunakan untuk Usaha Photo yang membutuhkan Kualitas Maximal hasil print photo yang tetap terjaga awet baik diletakan pada lokasi indoor maupun outdoor.

b. Tinta Pigment

Tinta ini memiliki partikel mirip dengan kerikil besar di pantai. Hal ini jauh lebih sulit bagi sinar matahari dan bahan kimia untuk bereaksi dengan molekul pigment. 

Tinta pigment biasanya lebih tahan lama selama beberapa bulan sebelum memudar. Ketika terlindung dari udara dan sinar matahari, tinta ini bisa bertahan selama bertahun-tahun.

Tinta Pigment adalah tinta yang warnanya berasal dari pewarna pigment yang lazimnya berupa bubuk yang tidak larut dalam air. Karena pewarna pigment berupa bubuk, partikel pewarna ini tidak ikut merembes masuk ke serat kertas.

Ia akan menempel di permukaan dan menjadi lapisan pewarna yang lebih tahan luntur dan tahan cahaya. Kebalikan tinta pigment ialah dye ink yang larut dalam air dan merembes ke serat kertas

Tinta Pigment berbasis minyak (oil base) yang tahan air, anti pudar serta tahan lama.

Kedua tinta yang saya sebutkan di atas bisa kalian gunakan untuk stiker printing.

3. Kertas Stiker

Piranti lain yang harus disediakan ialah kertas stiker. Kalian bisa membelinya di toko printer atau yang menjual alat-alat percetakan. Ukurannya sesuaikan dengan printer Epson yang kalian miliki.

Biasanya sudah ada yang berukuran A4 atau A3 dengan jumlah per bungkus beragam. Yang patut kalian perhatikan, terkadang ada kertas stiker yang hanya bisa dicetak menggunakan tinta yang mereknya sama dengan tinta.

Peralatan Tambahan

Jika menginginkan hasil stikernya lebih bagus, kalian bisa menggunakan laminator dan plastik laminasinya. Plastik laminasi dilapiskan di atas permukaan kertas stiker.

Sedangkan laminator berfungsi merekatkan laminasi dengan kertas stiker. Ada dua jenis kertas laminasi yang bisa digunakan, yakni glossy dan doff atau matt.

Disebut glossy karena memiliki permukaan mengkilap atau halus, sedangkan yang doff permukaannya agak kasar. Keduanya sama-sama memiliki penggemar sendiri.

Saya sebut laminator dan plastik laminasi sebagai tambahan karena tanpanya hasil stiker printing buatan sendiri sebenarnya sudah layak.

Cara Mencetak Stiker Tahan Air

mencetak-stiker-tahan-air-1

Langkah membuat stiker dengan printer rumahan hampir tak ada bedanya dengan saat kalian mencetak dokumen warna. Hanya memerlukan sedikit pengaturan saat mencetak.

Yaitu pada jenis kertas silakan pilih paper glossy atau papar glossy premium, kemudian hilangkan centang pada pilihan high speed. Dengan menghilangkan centang ini berarti printer akan mencetak sangat lambat.

Baca Juga:

Printer Ecosolvent Mini untuk Decal Motor

Tinta Art Paper vs Tinta Pigment, Mana Lebih Bagus?

Mengatasi Epson L360 Lampu Berkedip Tombol Kertasnya

Namun hasilnya sepadan, karena prosesnya lambat maka warna yang dihasilkan lebih tajam dan akurat.

Semoga artikel cara mencetak stiker tahan air ini bermanfaat. ***

0 Response to "Mencetak Stiker Tahan Air dengan Printer Rumahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel