Skip to main content

Jangan Campur Bahan Stiker Seenaknya Bro

cuttingstickerupdate - Bisnis stiker sama saja dengan bisnis lain. Ada konsumen yang betah menjalin kerjasama dan disbut pelanggan. Namun, selalu ada celah yang bisa dipakai oleh tukang stiker, khususnya yanag datang langsung ke toko untuk keperluan wrapping kendaraan? Di sinilah nurani Anda yang menentukan.

Seperti kita ketahui, sangat banyak merek bahan stiker yang beredar di pasaran Indonesia. Tiongkok, Korea, Taiwan, Jepang, Amerika, Jerman, Finlandia dan sebagainya. Masing masing memproduksi bahan stiker dengan kelebihan dan kekurangannya.

Anda sebagai tukang stiker sudah pasti tahu kelebihan dan kekurangan bahan bahan tersebut, sementara pelanggan atau konsumen?

jujur kepada konsumen


Mohon maaf tanpa bermaksud menasihati, hanya sekadar masukan. Kalau tidak berkenan mohon dimaafkan ya Bro semua. Daripada Anda membohongi konsumen.

Maksud saya di sini ialah Sobat menggunakan bahan stiker kualitas biasa atau murahan di kendaraan konsumen sementara mereka harus membayar mahal.

Konsumen mau karena mereka tak tahu bahan sticker. Mungkin lebih bijaksana memberikan informasi bahwa Anda memiliki jenis bahan stiker dengan merek berbeda dan kualitas yang tentu berbeda.

Saya menyadari persaingan di dunia perstikeran dewasa ini memang semakin ketat. Dan banting harga sudah menjadi rahasia umum. Jangan salahkan jika tiba tiba Anda didatangi konsumen yang kecewa lantaran kendaraannya yang distikeri ternyata menimbulkan masalah.

Konsumen protes, katanya stikernya tahan dua tahun kok baru enam bulan sudah berubah warnanya? Hayo... bahan kualitas apa yang Anda gunakan Bro?

Apalagi untuk satu kendaraan, digunakan dua atau lebih merek bahan stiker yang berbeda kualitas. Dijamin usaha Anda akan ditinggalkan konsumen. Teman teman yang bekerja di tempat saya pernah didatangi konsumen yang sekadar nanya mengapa stiker yang menempel di kendaraannya berbeda daya tahannya?

Baca Juga:

Kuasai Ilmu Raba Ujung Pisau

Jangan Letakkan Mesin Cutting Sticker di Meja

Mudahnya Contour Cut dengan Jinka Pro

Saat dibuka ternyata kualitas bahan yang digunakan berbeda. Mendingan kalau yang dipakai mseki merek berbeda namun kualitasnya sama, ini ada yang bahan bagus dicampur bahan yang biasa saja. Sekali lagi, tidak semua konsumen paham dan tahu jenis bahan stiker. Yang mereka mau, kendaraannya lebih asyik dan keren ketika distikeri.

Banting harga dengan cara cara yang tidak elegen akan merugikan Anda sendiri Bro. Berilah penjelasan kepada konsumen bahwa bahan stiker A kualitasnya begini begitu, B lebih jos, C tahan beberapa tahun, D lemnya tertinggal kalau sekian waktu dikelupas dan sebagainya dan sebagainya. Lalu biarkan konsumen memilih sesuai kemampuan mereka.

Masih banyak kok konsumen yang mendengarkan penjelasan Anda. Jadi ketika ia memilih bahan murah kemudian sekian bulan warna bahan tadi memudar, yang bersangkutan paham dan maklum. Lha wong bahan murah ya ada konsekuensi yang harus diterima.

Sudah malam sahabat, semoga tulisan tak seberapa ini bisa dijadikan renungan. Salam stiker Indonesia.

Comments

Postingan Terpopuler

Mengenal Bahan Sticker Oracal dan Kegunaannya

cuttingstickerupdate - Oracal adalah bahan sticker berkualitas asli buatan Jerman. Di Indonesia, bahan vinyl ini paling banyak dipakai khususnya untuk mereka yang menerima jasa wrapping (bungkus) kendaraan.

Kelebihannya pada kelenturan bahan saat dipanaskan dengan heatgun serta ketahanan warnanya. Yuk kita kupas (buah kalee hehe) seri seri Oracal sesuai penggunaannya agar teman teman tidak salah pilih. Semua demi satu tujuan: kepuasan konsumen.



Seri 651 Merupakan bahan sticker Oracal kelas menengah (Intermediate Cal). Ada dua jenis yaitu gloss dan matt (doff). Biasa diaplikasikan untuk cutting sticker, wrapping kendaraan, pembuatan huruf pada papan nama dan sejenisnya.

Saya sendiri menggunakan jenis untuk untuk lapisan dasar pembuatan cutting sticker tumpuk karena konsumen biasanya ingin jika suatu saat stickernya akan dikelupas dan diganti desain baru tak akan kesulitan melepasnya. Jika lapisan bawah menggunakan scothclite (reflective) residu atau lem sisa akan menempel dan sulit mel…

Cutting Sticker untuk Pelat Nomor Kendaraan

cuttingstickerupdate - Pelat nomor kendaraan seharusnya menjadi salah satu pemasukan sobat yang membuka usaha cutting sticker. Bisa bekerja sama dengan sejumlah pembuat pelan nomor atau hanya membuka jasa cutting untuk nomor kendaraan.

Mesin cutting sticker tak harus digunakan hanya untuk membuat cutting sticker berupa gambar, logo atau tulisan. Lebih jauh dari itu, manfaatkan mesin cutting sticker Anda untuk hal lain yang juga menghasilkan uang.



Pernahkah Anda terlintas bahwa begitu banyak kendaraan lalu lalang di depan rumah, berseliweran di jalan raya, adalah target operasi. Asal jangan target buron karena kriminalitas hehe.

Perhatikan bahwa setiap kendaraan bermotor harus dilengkapi pelat nomor kendaraan yang dikeluarkan oleh Samsat. Memang ada yang memodifikasinya, entah itu ukuran pelatnya yang lebih kecil, bentuk huruf dan angkanya atau bentuk lain.

Pelat Nomor Lebih Rapi Namun aturan tetaplah aturan, jika ada yang melanggar pasti suatu saat kena batunya. Sepandai pandai bawa k…

Cara Setting Mesin Cutting Jinka Agar Presisi

cuttingstickerupdate - Mesin Cutting Jinka banyak penggunanya di Indonesia. Dan pabrikannya juga terus mengeluarkan seri seri terbaru. Namun demikian tak semua, khususnya yang baru membeli mesin cutting ini, bisa menghasilkan produk cutting sticker yang presisi.

Dari hasil browsing di Mbah Google, pertanyaan seperti: mengapa mesin cutting jinka saya tidak bisa memotong sempurna? apa penyebab mesin cutting jinka tidak presisi saat memotong dan pertanyaan serupa masih banyak diketikkan oleh para pengguna internet di Indonesia.

Tentunya mereka adalah para pemilik mesin cutting Jinka yang mengalami masalah hasil pemotongan dengan peralatan kerjanya.

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda bisa membuka artikel saya sebelumnya yang menguraikan beberapa hal penyebab hasil cuttingan tidak presisi.




Diantaranya karena holder yang yang kurang bersih atau sudah aus, kondisi pisau mesin cutting yang sudah tumpul, karena hasil editan yang kurang sempurna dalam artian terlalu banyak node yang membuat pis…

Cara Pasang Sticker Mobil Sendiri (Sistem Kering)

cuttingstickerupdate - Memasang sticker untuk mobil sering disebut banyak orang sebagai pekerjaan yang hanya bisa dilakukan ahlinya. Memang benar, segala sesuatunya sebaiknya diserahkan ke ahlinya.

Tetapi menurut saya, mengapa Anda tidak mencobanya? Paling tidak untuk mobil Anda sendiri? Yang pasti tak membutuhkan uang jasa pemasangan sticker, kan?

Kali ini saya menjelaskan cara memasang sticker ke mobil dengan sistem kering. Sistem kering adalah pemasangan tanpa bantuan air yang sudah dicampur shampoo. Oh ya, mungkin ada diantara Anda yang pernah mendengar istilah wrapping.

Wrapping artinya membungkus, jadi sama saja dengan pemasangan, namun lebih umum diartikan sebagai memasang sticker pada bidang yang lebih luas, bahkan bodi mobil secara utuh. Namanya juga membungkus.



Yang pasti, jika Anda bisa melakukannya sendiri akan muncul kebanggan. Dan Anda adalah salah satu orang yang berani mencoba. Wrapping mobil bagi pemula pasti merasakan sulitnya, meski tidak saya katakan tidak bisa. An…

Tutorial Lengkap Proses Membuat Cutting Sticker

cuttingstickerupdate - Membuat cutting sticker adalah pekerjaan yang membutuhkan ketelitian. Karena akan berpengaruh kepada hasilnya. Apalagi jika Anda menerima jasa pembuatan cuting sticker, ketelitian akan diperhatikan konsumen Anda.



Kali ini saya akan menjelaskan proses pembuatan cutting sticker dari awal hingga siap untuk dipasang. Usahakan baca dengan teliti, karena kalau terselip satu tahap sobat akan bingung. Maaf, tutorial ini untuk pemula, bukan tukang sticker profesional.

Membuat Cutting Sticker Logo Google Langkah 1 Buka Coreldraw, buka lembar kerja baru, lalu import logo Google yang sudah Anda download dari internet. Seperti tampak pada gambar 1 di atas.

Langkah 2 Karena mesin cutting sticker tak bisa membaca file berformat gambar seperti jpg, bmp dan sebagainya, Anda harus mengubahnya menjadi vector. Untuk gambar dengan gradiasi jelas seperti gambar hitam putih dapat Anda trace langsung menggunakan fasilitas trace bitmap di Coreldraw. Namun jika gambar banyak warna, apala…