Skip to main content

Posts

Showing posts from March 6, 2016

Cara Jitu Mendongkrak Penjualan Cutting Sticker

cuttingstickerupdate - Siapa pembuat cutting sticker yang tak ingin mendapatkan hasil lebih? Kecuali yang beli mesin cutting sticker hanya untuk hobi rumahan. Ada banyak hal kecil (saya yakin yang akan saya uraikan mungkin tak terpikirkan oleh Anda) yang menghasilkan sesuatu yang besar. Jika Anda adalah pembuat cutting sticker bisa melakukan hal ini.

Pernahkah Anda berpromosi untuk usaha cutting sticker Anda secara MLM? Multi Level Marketing? Anda merekrut satu tenaga markering yang Anda gaji, ketika dia mendapatkan downline Anda harus mengeluarkan uang lebih?

Hoho.. maksud saya bukan MLM yang itu, melainkan Marketing Lewat Mulut. Memang gratis, tetapi kalau Anda selalu mempromosikannya kepada setiap orang yang Anda temui di jalan, weh bisa panas bibir dibuatnya. Mengapa tak menggunakan cara yang lebih efisien dan efektif?

Manfaatkan Email

Yang saya gunakan sederhana sekali. Tinggal buat email. Dengan email ini saya senantiasa bekerja saat orderan lagi kosong. Caranya, saya buka websi…

Mengenal Bahan Sticker Oracal dan Kegunaannya

cuttingstickerupdate - Oracal adalah bahan sticker berkualitas asli buatan Jerman. Di Indonesia, bahan vinyl ini paling banyak dipakai khususnya untuk mereka yang menerima jasa wrapping (bungkus) kendaraan.

Kelebihannya pada kelenturan bahan saat dipanaskan dengan heatgun serta ketahanan warnanya. Yuk kita kupas (buah kalee hehe) seri seri Oracal sesuai penggunaannya agar teman teman tidak salah pilih. Semua demi satu tujuan: kepuasan konsumen.



Seri 651 Merupakan bahan sticker Oracal kelas menengah (Intermediate Cal). Ada dua jenis yaitu gloss dan matt (doff). Biasa diaplikasikan untuk cutting sticker, wrapping kendaraan, pembuatan huruf pada papan nama dan sejenisnya.

Saya sendiri menggunakan jenis untuk untuk lapisan dasar pembuatan cutting sticker tumpuk karena konsumen biasanya ingin jika suatu saat stickernya akan dikelupas dan diganti desain baru tak akan kesulitan melepasnya. Jika lapisan bawah menggunakan scothclite (reflective) residu atau lem sisa akan menempel dan sulit mel…

Pembuat Cutting Sticker Jangan Pelit Pelit Amat

cuttingstickerupdate - Orang yang pelit itu kalau dibuat bercanda pasti bikin ketawa. Katanya orang pelit kuburnya sempit hehe. Tetapi mohon maaf artikel saya kali ini bukan membicarakan soal itu. Jadi kita sepakati saja ya hanya sebatas pelit-nya.

Tak usahlah divoting dengan suara terbanyak, lebih menyenangkan dengan kesepakatan dan musyawarah kok. Dan saya sudah bermusyawarah dengan PC saya. Gubrak...

Bahan cutting sticker sudah dibuat pabriknya dengan ukuran tertentu. Jadi pemesan cutting sticker harus memahami hal itu. Kecuali saya dan Anda pembuat cutting sticker bisa beli sesuai ukuran kita mungkin lebih enak.



Yuk Bicara Bahan Tetapi ada tak enaknya juga. Mengapa? Karena ternyata mesin cutting sticker juga dibuat pabrik dengan ukuran yang sudah ditetapkan. Misalnya Craftrobo hanya memiliki area lebar potong 20 centimeter, Silhouette Cameo hanya mampu memotong bahan selebar 30 cm, lalu mesin dengan kategori menengah lebar potongnya kurang lebih 60 centimeter.

Kalau kita pesan bah…

Cara Mengetahui Jenis Font yang Sudah di Bitmap di CorelDraw

cuttingstickerupdate - Ada kalanya pembuat cutting sticker seperti saya mendapatkan orderan dari pelanggan yang membawa contoh desain dalam flashdisk. Begitu dibuka, ternyata format gambarnya bukan gambar vector, melainkan dalam bentuk bitmap.

Padahal ada jenis font yang saya yakin tak ada dalam komputer saya. Saya mau menelepon yang order, dia sudah pergi. Nomor ponselnya saya tidak tanya, karena ia hanya mengatakan kalimat seperti ini sebelum pulang: Mas, besok saya ambil ya.



Apa yang harus saya lakukan? Sementara bukan hanya order dari dia yang harus saya selesaikan. Ada caranya sobat cutting sticker mania.

Ikuti langkah langkah yang saya paparkan di bawah ini agar Anda bisa menyelesaikan order tepat waktu. Artinya, uang semakin cepat didapat. Oh ya, tips ini dilakukan di lembar kerja CorelDraw ya. Bismillah...

Saya umpamakan orderan tadi ada font yang sudah dibitmap seperti pada Gambar 1 di bawah ini:

Selanjutnya langkah langkahnya sebagai berikut:

1. Select object bitmap, pada Me…

Cara Setting Mesin Cutting Jinka Agar Presisi

cuttingstickerupdate - Mesin Cutting Jinka banyak penggunanya di Indonesia. Dan pabrikannya juga terus mengeluarkan seri seri terbaru. Namun demikian tak semua, khususnya yang baru membeli mesin cutting ini, bisa menghasilkan produk cutting sticker yang presisi.

Dari hasil browsing di Mbah Google, pertanyaan seperti: mengapa mesin cutting jinka saya tidak bisa memotong sempurna? apa penyebab mesin cutting jinka tidak presisi saat memotong dan pertanyaan serupa masih banyak diketikkan oleh para pengguna internet di Indonesia.

Tentunya mereka adalah para pemilik mesin cutting Jinka yang mengalami masalah hasil pemotongan dengan peralatan kerjanya.

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda bisa membuka artikel saya sebelumnya yang menguraikan beberapa hal penyebab hasil cuttingan tidak presisi.




Diantaranya karena holder yang yang kurang bersih atau sudah aus, kondisi pisau mesin cutting yang sudah tumpul, karena hasil editan yang kurang sempurna dalam artian terlalu banyak node yang membuat pis…

Mesin Cutting Servo dan Stepper, Piliha Mana?

cuttingstickerupdate - Secara haris besar, hanya ada dua sistem penggerak pada motor mesin cutting sticker. Keduanya adalah Stepper dan Servo.

Singkatnya, motor stepper didorong oleh magnet yang dipotong menjadi beberapa bagian. Ketika magnet berdenyut, mereka memutar satu tingkat. Sebuah motor stepper khas mungkin memiliki 200 takik per revolusi.



Sedangkan servo adalah motor biasa dengan disk encoder di belakang poros yang dapat dibaca oleh optik. motor memiliki rem juga. motor berputar, membaca posisinya di disk encoder dan kemudian berhenti poros atas perintah.

Servo Motor adalah sebuah motor dengan sistem umpan balik tertutup di mana posisi dari motor akan diinformasikan kembali ke rangkaian kontrol yang ada di dalam servo motor.  Motor ini terdiri dari sebuah motor DC, serangkaian gear, potensiometer dan rangkaian kontrol. 
Baca Juga:
Promosikan Usaha Sticker dengan Maskot Keren
Biar Mesin Cutting Bisa Bekerja di CorelDraw
Menjadi Tukang Sticker Berpenghasilan Ganda
Potensiometer ber…

Promosikan Usaha Sticker dengan Maskot Keren

cuttingstickerupdate - Banyak perusahaan menganggarkan biaya hanya untukpromosi atau memperkenalkan brand mereka. Anda pun bisa melakukan hal yang sama, meski caranya tak harus seperti perusahaan perusahaan raksasa itu. Dengan cara sederhana namun efektif toko cutting sticker Anda akan cepat diketahui orang lain.

Ingat, sebuah tempat usaha yang dikenal masyarakat akan mendatangkan keuntungan bagi pemiliknya. Paling tidak jika ada calon konsumen baru ia akan dengan mudah mendapatkan informasi di mana alamat usaha Anda.

Bisa jadi calon konsumen baru mendapatkan informasi alamat toko cutting sticker Anda berupa penjelasan sebuah bangunan di jalan anu yang ada spanduk bergambar anu.

Ciptakan Maskot

Ya, cara memperkenalkan toko atau usaha yang saya maksudkan di sini adalah dengan menciptakan logo atau maskot. Saya lebih suka menggunakan maskot, karena desain maskot yang menarik atau eye catching akan membantu sebuah merek.

Bukankah Anda kenal maskot raksasa ayam goreng yakni Kentucky Fried…

Biar Mesin Cutting Bisa Bekerja di CorelDraw

cuttingsrickerupdate - Ada mesin cutting stickeryang sangat mudah dioperasikan dengan software gratis andal seperti Coreldraw, namun ada juga yang tidak. Padahal, Anda sudah sangat familiar dengan seting atau pengaturan serta mendesain di program ini.

Biasanya mesin cutting sticker yang baru Anda beli dilengkapi dengan CD bawaan berisi tutorial lengkap, termasuk program bawaan seperti Artcut, Flexisign, Casmate, Silhouette Studio dan sebagainya.



Namun Anda masih berangan angan ingin mengoperasikan mesin cutting sticker lewat Coreldraw, apakah ada solusinya.

Ada solusinya namun sobat mesti mengeluarkan biaya untuk membelinya. Dengan software ini maka melakukan koneksi dari CorelDraw ke mesin cutting sobat dapat dilakukan dengan mudah. Memang diakui, program grafis yang paling banyak dipakai para pemain sticker di Indonesia ialah CorelDraw.

Oha, ya nama software ini adalah SignTool. Tidak hanya bisa dipakai untuk memotong desain cutting sticker langsung dari Coreldraw, SignTool juga dil…

Menjadi Tukang Sticker Berpenghasilan Ganda

cuttingstickerupdate - Anda memiliki usaha cutting sticker? Anda juga sekaligus tukang desain stickernya? Pernahkah Anda ingin menambah penghasilan di luar potong memotong cutting sticker, bisa dikerjakan di sela sela waktu saat toko Anda tak ada pembeli atau konsumen?

Atau bisa dikerjakan sebagai sambilan malam hari? Jadilah tukang sticker yang mendunia kawan. Dan di zaman seperti ini banyak yang bisa dilakukan bahkan tanpa harus keluar rumah
Menjadi Desainer Lepas

Sebenarnya ada peluang bagi tukang sticker mendapatkan penghasilan rangkap atau ganda. Memang tak semudah membalik telapak tangan, namun tak ada salahnya mencoba karena Tuhan akan memuliakan manusia yang mau bekerja keras (berusaha) disertai doa.

Uraian untuk topik ini akan saya awali dengan sebuah kisah nyata yang mendunia. Dan itu berasal dari sebuah kampung bernama Kaliabu, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kini kampung ini dikenal dengan sebutan Kampung Desain karena rata rata pemudanya memiliki peker…

Lengkapi Usaha Stcker dengan WiFi Gratis

cuttingstickerupdate - Sukses adalah sesuatu yang ingin digapai setiap pelaku usaha, termasuk usaha cutting sticker. Saya kembali menuliskan artikel tentang sukses menjalani usaha cutting sticker. Hal ini saya lakukan karena peluang di bidang ini masih sangat terbuka lebar. Pertanyaannya bukan apa mampu, melainkan apa mau?

Keberhasilan sebuah usaha sticker tak hanya ditentukan kepiawaian pemiliknya mengelola. Selain itu dibutuhkan piranti yang mutlak harus ada, apalagi di zaman seperti ini. Dan yang akan saya tuliskan kali ini ialah WiFi gratis.
Perlunya Akses Internet (bukan Indomie, Telor, Kornet) Di mana ada upaya, di sana ada jalan. Namun jalan bukan selalu semulus yang dibayangkan. Sebelum tema melenceng ke topik masalah, mari kita fokuskan saja. Ambil buku dan cataaaaat hehe. Kali ini saya akan menyinggung fasilitas pendukung dalam usaha cutting sticker yaitu internet.

Pasti ada yang tertawa nih, zaman sekarang mana ada yang tak pakai internet. Oh oke oke sahabat, memang benar i…

Menghitung Harga Jual Cutting Sticker

cuttingstickerupdate - Pembeli adalah raja, raja harus dilayani dengan baik. Kita asumsikan raja yang satu ini bukan raja catur yang hanya bisa diam dan bergerak jika dipindahkan, atau raja yang zalim. Kalau pembelinya berperilaku tak bagus ya kita kesampingkan ya hahaha.

Bagaimana melayani pembeli jasa cutting sticker kita? Apakah mumpung ia kelihatan orang berduit lantas harganya kita naikkan seenaknya? Jika ini yang Anda lakukan, pembeli yang sama hanya akan datang sekali ke tempat Anda.

Apalagi jika tingkat persaingan cutting sticker di kota Anda demikian sengit. Pembeli akan datang ke tempat yang dirasakannya memberikan kenyamanan berbelanja. Bicara masalah belanja, harga harus dipertimbangkan.

Berdasarkan Ukuran

Jika saya, harga cutting sticker saya tentukan berdasarkan ukurannya. Saya menggunakan ukuran per centimeter. Saya sengaja tidak cantumkan berapa harga per centimeternya, karena pasti akan berbeda dengan Anda yang ada di kota lain.

Di tempat saya, belanja senilai Rp5 jut…

Mengakali Pisau Cutting Biar Tak Lekas Tumpul

cuttingstickerupdate - Pisau mesin cutting sticker adalah komponen penting bagi pelaku usaha cutting sticker. Karena pisau yang dipakai bukan sembarang pisau, apalagi pisau dapur hahaha, ada baiknya saya harus pintar pintar mengakalinya.

Apalagi saya membuka usaha cutting sticker di kota kecil, di pulau, kalau kehabisan pisau cutting bisa berakibat fatal. Juga gatal di kepala kena garuk karena harus menolak pesanan lantaran pisau cutting sticker tumpul.

Masih ingat artikel saya tentang memilih pisau cutting sticker yang disesuaikan dengan jenis bahan sticker yang saya posting kemarin? Di sanalah sebenarnya kuncinya.



Tidak semua bahan cutting sticker bisa dipotong oleh pisau mesin cutting sticker dengan derajat ujung pisau yang sama. Ingat, ada tiga sudut ketajaman ujung piasu cutting, yaitu 30 derajat, 45 derajat dan 60 derajat. Lalu bagaimana saya mengakalinya?

Saya sengaja membeli holder pisau cutting sticker lebih dari satu untuk mesin mesin yang saya miliki. Sebenarnya sih cuma me…

Manfaatkan Sisa Bahan Menjadi Uang

cuttingstickerupdate - Siapa saja yang menekuni usahacutting sticker pasti mengalami hal seperti saya: menumpuknya sisa bahan. Mengapa bahan cutting sticker bisa sisa? Ada beberapa alasan, bisa lantaran mesin cutting sticker punya ukuran terbatas sehingga tak semua bahan sticker bisa dipasang di msein.

Alasan lain, media yang dipasang cutting sticker tak semuanya kotak atau persegi panjang, dan pasti ada bahan yang harus dipotong dan dibuang ke plastik sampah.

Saya dulu juga seperti itu. Setiap sore membuang sisa bahan sticker ke plastik sampah. Hingga akhirnya enam bulan lalu saya terpikir untuk menjadikan sisa bahan cutting sticker tadi menjadi uang.



Berawal dari beberapa pelajar sebuah SMK yang membeli bahan sticker dengan ukuran ukuran kecil untuk prakarya. Setelah itu saya kumpulkan sisa bahan sticker yang kira kira masih "wajar" untuk dijual. Misalnya 10 x 10 centimeter, 8 x 30 centimeter atau ukuran lain yang tak bisa lagi saya cutting.

Saya tidak pilih kasih, misalny…

Memilih Masking Tape

cuttingstickerupdate - Cutting Sticker tak bisa lepas dari masking tape. Memang ada pola cutting sticker setelah dipotong bisa dipasang dengan tangan tanpa masking tape. Namun masking tape tetap manjadi bagian penting bagi usaha cutting sticker.

Secara garis besar, ada dua jenis masking tape yang beredar di pasaran. Namun kebanyakan para pemain cutting sticker di Indonesia hanya mengandalkan salah satu masking tape.

Masking tape sejatinya adalah jembatan dari desain grafis vinyl ke tujuan yang hendak dicapai di media. Media bisa kaca, plastik, bodi kendaraan, dinding rumah atau permukaan lain yang lebih kasar.
Masking Tape Kertas atau Plastik

Ada tiga faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih masking tape, pertama kekuatan perekat masking tape dan bahan sticker, kedua kekuatan perekat antara masking tape dan media, dan kekuatan perekat antara bahan sticker dan media.

Jika kekuatan perekat masking tape lebih kuat dari kekuatan perekat bahan sticker dan media akan menyulitkan dala…

Cara Ngopeki Huruf Kecil dengan Mudah

cuttingstickerupdate - Saya tidak menemukan kata yang tepat untuk istilah mengopek ini. Jika dalam Bahasa Inggris ada yang lebih pas, yaitu weeding small letters. Namun jika diartikan akan seperti ini: menyiangi huruf huruf yang kecil.

Sementara istilah menyiangi akan tepat jika ditujukan untuk rumput, karena di daerah saya, Jawa, menyiangi artinya mencabuti rumput rumput liar di sekitar tanaman induk.

Saya beri pemahaman mengopek sebagai tindakan mengelupas bagian dari bahan cutting sticker yang tidak terpakai atau digunakan. Misalnya Anda sudah melakukan cutting sticker huruf Mas Noeng, Maka lubang bagian dalam huruf a, o,e dan g harus diambil. Demikian juga bahan diluar huruf Mas Noeng, harus diambil. Begitulah maksud saya dengan mengopek.



Mengopek cutting sticker berupa huruf huruf kecil tentu saja lebih sulit dibandingkan huruf yang lebih besar. Bahkan saya lebih sering memberikan harga agak mahal untuk konsumen yang pesan sticker dengan desain disertai huruf huruf yang kecil.

Ke…