Cutting Sticker untuk Siluet Wajah

cuttingstickerupdate - Cutting sticker adalah sarana untuk mewujudkan berbagai ide. Bukan hanya untuk membuat sticker yang dijual pada umumnya, untuk menghias mug dan sebagainya.

Bahkan seni cutting sticker juga bisa digunakan sebagai pengganti kuas dan cat untuk melukis. Bedanya, lukisan dengan cutting sticker tak bisa sedetil lukisan dengan media lainnya seperti cat minyak, cat air, crayon, pastel, kapur warna dan sejenisnya.

Namun demikian, dengan sentuhan unik yang hanya bisa dilakukan dengan mesin cutting akan lahir karya seni yang tak kalah menariknya. Apakah itu? Saya menamakannya siluet wajah. Seperti namanya, siluet adalah karya seni rupa yang hanya menggunakan warna minim untuk merefleksikan bentuk utuh.

Hanya Warna Hitam

sticker siluet wajah


Kalau saya hanya menggunakan warna hitam untuk memproduksi siluet wajah. Dan sampai saat ini, pelanggan saya tak hanya dari dalam kota, melainkan sudah merambah berbagai provinsi di Indonesia.

Warna hitam adalah warna yang paling bagus untuk memunculkan kesan unik dari sebuah sticker siluet. Bahkan kalau diganti warna lain, putih misalnya, akan tampak berantakan dan untuk beberapa desain tak bisa ditebak itu wajah siapa. Warna hitam bisa dikombinasikan dengan warna lain.

Calon Pengantin

Pangsa pasar siluet wajah saya adalah calon mempelai (pengantin) yang menjadikannya sebagai kado pernikahan, ada juga pelajar yang ingin memberikan kado ulang tahun kepada pacar atau temannya dengan siluet wajah.

Untuk pelanggan luar kota, mereka hanya mengirimkan file wajah lewat email. Biasanya saya akan menyeleksi beberapa foto yang dikirimkan dan memilih satu foto yang menurut saya memiliki pose menarik sehingga hasil siluet wajahnya juga menarik.

Saya menggunakan program ilustrasi atau grafis CorelDraw. Mungkin Anda berpikir mudah sekali membuat gambar siluet dari foto. Jika yang Anda maksudkan ialah teknik trace dengan fitur di CorelDraw atau Photoshop, saya menjawabnya bisa iya bisa tidak.

Hindari Auta Trace

Jika foto yang akan kita buat siluetnya bagus sekali gelap terangnya, hasil trace sempurna. Namun sayang, kebanyakan foto yang dikirimkan ke saya adalah jepretan kamera ponsel, meski ada satu dua yang hasil foto studio. Alhasil, tak ada yang bisa dilakukan selain meredesain ulang garis garis wajah dalam foto menggunakan pen tool.

Karena sticker suluet saya jenisnya sticker cutting, maka auto trace hanya sebagai jembatan atau langkah bantuan. Karena tetap saja saya menyelesaikannya dengan manual. Mengikuti lengkung demi lengkung wajah.

Alasannya mau tahu? Hasil autotrace pasti meninggalkan banyak node di file vector. Artinya akan membuat gerakan jarum pisau mesin cutting saya tak bisa berjalan mulus. Akan banyak berhenti dan mengetuk. Dan.... mempercepat tumpul.

Setelah proses editinga, hanya garis garis yang akan terbentuk. Dan garis atau lengkung itulah yang nanti membentuk karakter wajah seseorang. Kadang ada juga konsumen yang mengaku hanya memiliki satu foto kesayangan yang ingin dibuatkan siluetnya.

Kuncinya Sabar

sticker siluet gnr jakarta


Nah, yang kayak gini harus butuh kesabaran. Memang, foto baru saya redesain ketika konsumen sudah melakukan transfer pembayaran ke rekening saya plus ongkos kirimnya. Artinya dia sudah membayar, jika saya desain lalu kirimkan mungkin beres.

Tetapi bisnis online tak bisa seperti itu. Saya harus mengirimkan ulang hasil desain saya kepada calon konsumen, saya persilakan memberikan koreksi. Wajar, jika kualitas foto aslinya buram, agak kabur, saya harus mencari cari di mana posisi sudut mata, sudut hidung dan sudut bibir.

Karena pada sudut sudut bagian wajah itulah biasanya menentukan apakah siluet saya mirip atau tidak dengan wajah pada foto aslinya. Jika sudah dikoreksi dan setuju, baru saya cutting seperti memotong sticker pada umumnya.

Yang harus diingat, memotongnya harus sesuai dengan ukuran yang diminta konsumen. Untuk calon pengantin, biasanya siluet wajah dikategorikan mahar pernikahan yang akan ditempelkan di pigura yang alasnya sudah dipasangi deretan uang receh atau koin.

Buat Seserahan

Di atas koin koin itulah nanti siluet wajah kedua anak manusia yang berencana membentuk keluarga (semoga pelanggan siluet wajah saya dari kalangan calon pengantin diberikan keluarga sakinah, mawaddah dan warahmah) kecil yang mandiri.

Momen diberikannya pada saat seserahan. Jadi calon pengantin lelaki membawa barang-barang untuk calon istrinya sesuai adat. Selain barang-barang yang lazom, dibawa juga sebuah bingkai sticker siluet. Owh, so sweet.

Anda berminat turut meramaikan bisnis jasa membuat siluet wajah dengan cutting sticker? Peluangnya masih terbuka lebar kok. Yang ulang tahun selalu ada, yang mau menikah juga tak kalah banyak.

Saya harus mengakui hasil siluet saya mungkin lebih bagus karya Anda, namun prinsip saya kalau saya tidak mencoba dan mencoba, saya tidak tahu apakah karya saya bernilai komersil atau tidak. Ternyata alhamdulillah laku.

Baca Juga:

Pertolongan Pertama Ketika Tuas Penjepit Bahan Sticker Patah

Mesin Cutting Rusak Gara Gara Bensin

Cara Wrapping Helm dengan Bahan Sticker

Dan mesin cutting sticker Anda pun bisa lebih dimaksimalkan. Siang melayani order konsumen, malam bisa digunakan untuk cutting siluet wajah. Kecuali mesin cutting sticker Anda jalan 24 jam nonstop untuk terima orderan sticker cutting. Wuih....

Oh, iya, saya menerima orderan melalui Instagram @stickersiluet. ***

2 Responses to "Cutting Sticker untuk Siluet Wajah"

  1. Saya mao pesen siluet nya hubungin kemana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. KLik halaman Contact di bawah mas, di sana tertera ke mana harus menghubungi saya, terima kasih

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel