Stiker Cutting Tabel di Media Lebar, Begini Cara Pasang Garis Tipisnya

stiker cutting papan nama (3)


Stiker cutting bukan hanya dimanfaatkan sebagai penghias kendaraan. Masih banyak juga instansi, lembaga atau kantor yang masih mempertahankan tabel pada papan menggunakan stiker cutting.

Biasanya konsumen datang membawa papan sendiri. Tugas tukang stikernya hanyalah memotong stiker cutting sesuai dengan desain yang sudah dibuat oleh konsumen. Untuk membuat tabel, salah satu unsur penting wajib ada adalah garis tipis sebagai pembatas.

Di sini saya akan mencontohkan lebar garis tipis untuk tabel dengan ukuran 150 cm x 120 cm. Dengan media seluas itu, tebal garis sebagai pembatas tabelnya hanya 0,5 cm atau 5 milimeter atau setengah centimeter. Tentu saja ini sesuai dengan pemesan, namun kalau dibuat garisnya setebal 1 centimeter, pasti terlalu besar.

Langkah Membuat Tabel dengan Stiker Cutting

Langkah-langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini adalah proses yang selama ini digunakan. Bukan pengalaman orang lain, melainkan apa yang kami kerjakan sendiri di toko.

1. Buatlah Desain Sesuai Pesanan

Di sini, ukuran media sangatlah penting untuk diketahui. Sebab terlalu besar atau kecil bisa jadi itulah pangkal persoalannya. Sebisa mungkin jangan dikira-kira lebar dan tinggi media yang akan dipasang stiker menjadi tabel.

Konsumen juga seyogyanya dilibatkan saat desain. Atau kalaupun tidak bisa datang, komunikasikan melalui berbagai cara, termudah ialah WhatsApp. Mengapa ini diperlukan? Sebab konsumen perlu tahu jenis font yang diharapkan sesuai permintaannya, ukurannya dibandingkan kotak tabel dan sebagainya.

2. Cetak Menggunakan Printer

stiker cutting papan nama (2)


Maksudnya di sini ialah desain yang sudah jadi kemudian dibuat dalam ukuran kecil, misalnya A4. Terlebih dahulu buatlah catatan jarak antar baris atau lebar tabel untuk memudahkan pemasangan.

3. Buat Tabel di Media dengan Pensil

Ambil pensil dan penggaris yang lurus lalu mulailah membuat garis-garis tabel pada media yang sudah disiapkan. Gunakan panduan hasil print desain pada langkah nomor 2 di atas.

Pensil adalah peralatan yang tepat untuk membuat garis karena bekas goresannya mudah dihapus. Dibersihkan pakai tangan saja sudah bersih. Ikuti saja panduannya sehingga tidak salah ukurannya. Jangan sampai terbalik urutan kolom tabelnya.

4. Cutting Garis-garis Tabel

Selain kata-kata pengisi kolom tabel, potong juga garis-garisnya yang akan kita jadikan pembatas antar kolom atau baris. Tidak perlu sepanjang media. Misalnya di sini medianya 150 cm x 120 cm, saya memotong dengan panjang 120 cm sesuai lebar bahan. 

Untuk membuat garis yang lebih panjang, saya biasa menyambungnya. Usahakan saat menyambung ada di pertemuan garis tabel.

5. Pasang dari Atas ke Bawah

stiker cutting papan nama (1)


Teknik memasang garis tabel di media yang lebar ialah posisikan media agar garisnya paoa posisi dari atas ke bawah. Jangan memasang garis tabel pada posisi mendatar.

Pada umumnya, benda memiliki sifat akan jatuh dari atas ke bawah. Prinsip itulah yang kita ikuti. Pasang ujung stiker cutting garisnya pada titik teratas, kemudian tarik ke bawah namun direnggangkan. Maksudnya agar ada jarak antara bentangan garis tadi dengan permukaan media.

Lalu pada posisi paling bawah atas ujung garis stiker cutting tempelkan. Sebelum ditempelkan, usahakan untuk menarik sedikit stikernya agar terentang lurus.

Setelah menempel lekatkan dengan jari atau squeeze atau rakel dari atas ke bawah.

Jangan menempelkan stiker cutting garis sedikit demi sedikit, dipastikan akan bergelombang. Sementara kalau mau diluruskan, bahan stiker memiliki sifat memuai. Jika dilepas pasang berkali-kali akan sulit membuatnya tetap lurus.

Intinya, jadikan semua garisnya vertikal saat pemasangan. Meski aslinya ada garis tabel yang horizontal atau mendatar, baliklah media sehingga posisinya menjadi vertikal.

Jika Anda membutuhkan papan nama seperti foto di atas, ketikkan saja kata kunci Bintan Wrapping Sticker Variasi di Google Search.

Demikian cara memasang garis stiker cutting untuk tabel. Semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Stiker Cutting Tabel di Media Lebar, Begini Cara Pasang Garis Tipisnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel