Stiker Smoke Lampu Mobil, Pertanyaan yang Belum Terjawab

Stiker smoke lampu mobil adalah istilah yang sudah umum dipakai tukang stiker di Indonesia. Istilah ini merujuk pada bahan stiker transparan untuk melapisi kaca lampu kendaraan.

Soal istilah stiker smoke lampu mobil, saya sendiri juga kurang paham. Bahkan mencoba browsing di internet juga belum ketemu bagaimana sejarahnya hingga stiker seperti itu menggunakan kata smoke segala.

Apalagi artikel yang berbahasa Indonesia, jika kalian ketikkan stiker smoke maka yang keluar adalah marketplace. Bukan menjelaskan soal pengertiannya, melainkan ramai-ramai jualan bahan stikernya.

sttiker-smoke-lampu-mobil-98jh7g

Namun saya memang sabar kalau mencari informasi tentang hal-hal berbau beginian. Rasa penasaran akhirnya terjawab sudah, meski saya juga nggak berani menggaransi apakah benar seperti ini atau bukan.

Pada halaman ke sekian pencarian dengan kata kunci mengandung kata smoke dan headlamp, keluarlah website Amazon. 

Lalu ada yang menjual produk yang diberi nama Auto Car Smoke Fog Light Headlight Taillight Tint Vinyl Film Sticker Black. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, saya menangkap ada lampu kabut di sana. Atau lampu kabut asap.

Lantas saya mencoba browsing menggunakan kata kunci fog light dan muncul banyak hasil pencarian. Hingga ketemu istilah fog lampu atau lampu kabut.

Apakah bahan stiker yang dipakai gunanya untuk menutup lampu kabut? Atau bagi kendaraan roda empat yang belum memiliki lampu kabut seolah-olah memilikinya hanya karena dipasang stiker smoke tadi?

Entahlah...

Coba perhatikan sejumlah hasil pencarian di bawah ini ketika saya mengetikkan kata smoke sticker headlamp.

Baca JugaBody Wrapping Mobil Beda Warna? Segini Dendanya Kalau Kena Tilang

Ada yang menawarkan sticker smoke terlengkap, jual sticker lampu smoke stiker headlamp mobil, sticker smoke headlamp, jual produk sticker lampu smoke termurah, harga stiker smoke motor terbaru dan sebagainya.

Bisa kalian tebak, semua itu adalah postingan dari marketplace yang sudah punya nama besar di Indonesia.

Saya pun mendatangi Wahyu Hidayat, pemilik Bengkel Kreatif Jaya Mandiri di Jalan Garuda, Tanjungpinang. Kepadanya saya tanyakan soal lampu kabut tadi.

Menurut pemilik bengkel yang juga memiliki akun YouTube yang namanya sama dengan nama bengkel ini mengatakan, fog lampu atau lampu kabut penting fungsinya.

"Setahu saya mobil keluaran terbaru memang dilengkapi lampu kabut. Kalau yang lama belum ada," ujarnya, Selasa (28/6/2022) malam.

Wahyu mengatakan jika lampu kabut termasuk bagian yang sangat penting bagi pengemudi tatkala melewati cuaca buruk seperti hujan lebat, kepulan asap atau melewati lokasi berkabut.

"Dengan lampu kabut, akan membantu pengemudi menemukan arah jalan. Kabut kan pasti membuat jarak pandang terbatas, karena itulah diciptakan lampu kabut," terang orang bengkel yang jago mesin, listrik, audio hingga dempul dan pengecatan ini.

Baca JugaSticker Velg Mobil Carbon, Perhatikan Arah Garisnya

Saat kepadanya saya tanyakan istilah stiker smoke lampu mobil, ia pun tak memberikan jawaban secara pasti.

Ia pun meminta saya menanyakannya kepada tukang stiker. Lalu saya pun mencari informasi kepada Yono, pemilik Konstick Sticker yang juga di Tanjungpinang.

"Oh, kalau stiker smoke lampu mobil itu yang warnanya hitam tranparan itu mas. Konsumen saya bilangnya seperti itu, karena banyak yang membeli bahannya online dan pasangnya di tempat saya," ujarnya, Rabu (29/6/2022) sore.

Ia lantas menunjukkan bahan sticker yang dimaksud. Warnanya hitam transparan, lalu ada lagi yang lebih terang. Menurut Yono, jenis bahan stiker ini termasuk laku dibandingkan yang lain.

Begitulah hasil pelacakan saya tentang stiker smoke lampu mobil. Semoga bermanfaat buat kalian ya sobat. ***

0 Response to "Stiker Smoke Lampu Mobil, Pertanyaan yang Belum Terjawab"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel