Cara Memotong Decal Motor Manual agar Rapi

cara-memotong-decal-manual

Cara memotong decal adalah tahapan awal yang harus dikerjakan sebelum pemasangan. Untuk urusan ini, sebaiknya diserahkan kepada orang yang memang sudah terbiasa menanganinya.

Agar menghasilkan potongan tepi decal yang bagus, cara memotong decal juga harus hati-hati. Sebenarnya memotong dengan teknik konvensional ini bisa saja ditinggalkan.

Hal ini sangat memungkinkan karena sudah ada mesin cutting sticker yang memiliki fitur contour cut. Yaitu jarum akan memotong mengikuti garis outline desain.

Artinya jika bentuk stikernya berupa lingkaran, maka jarum mesin cutting juga akan mengikuti lingkatan bagian luarnya. 

Namun demikian, masih banyak yang menjual decal dalam bentuk lembaran. Dengan demikian kalian harus praktik cara memotong decal secara manual.

Cara Memotong Decal

Untuk melakukan pemotongan decal yang akan segara dipasang pada kendaraan bermotor, silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Siapkan Pisau Cutter

Pisau cutter mutlak diperlukan untuk memotong decal. kebanyakan tukang pasang stiker memilih menggunakan cutter ketimbang gunting untuk memotong bagian tepi bentuk desainnya.

Perhatikan bahwa ujung pisau cutter yang digunakan harus dalam kondisi masih bagus. Silakan potong ujungnya jika sudah tidak tajam atau kotor bekas memotong buah atau sejenisnya, sehingga meninggalkan getah.

2. Siapkan Gunting

Lho, katanya tadi menggunakan pisu cutter? Iya, pisau cutter akan lebih digunakan kala memotong bagian yang lurus atau lengkung lebar.

Sementara untuk memotong lengkungan kecil, ada baiknya menggunakan gunting sebagai finishingnya.

3. Siapkan Penggaris Panjang

Penggaris panjang, minimal 60 centimeter harus kalian siapkan. Cara memotong decal motor akan berhadapan dengan desain yang lurus.

Pada saat menemui outline desain yang lurus, gunakan penggaris ini untuk membantu pemotongan menggunakan pisau cutter menjadi lurus.

4. Pemotongan Jangan Terhenti

Cara memotong decal motor secara manual yang benar ialah, kalian harus terbiasa menggerakkan pisau cutter sgar terus jalan di atas bagian yang akan dipotong.

Karena biasanya decal motor sudah dilapisi plastik bening sebagai protector agar terlihat lebih mengkilap. Pengaruhnya pada pemotongan menggunakan pisau cutter ialah, seringkali keluar dari garis yang seharusnya dipotong.

Pelan-pelan saja lebih baik daripada cepat-cepat namun hasilnya tidak lurus. Banyak yang keluar garis atau justru menggores ke dalam.

Kalau sudah berhenti, biasanya saat diteruskan akan menciptakan sudut. Kalau memang harus berhenti, jangan terlalu pendek jaraknya, karena kalau harus tanpa berhenti utuh satu bentuk desain rasanya juga tak mungkin.

5. Sekali Potong 

Tips lainnya tentang cara memotong decal manual ialah usahakan menekan pisau cutter yang memungkinkan decal terputus sempurna.

Baik lapisan plastik protectornya, decalnya atau backing papernya. Karena itu, pemotongan harus dilakukan dengan rasa percaya diri yang tinggi.

Kalau nggak percaya, cobalah serahkan kepada orang yang baru pertama memotongnya, bisa jadi banyak bagian yang tak terpotong sempurna.

6. Waspadai Arah Potongan

Yang ini tidak ada kaitannya dengan rapi atau tidaknya cara memotong decal. Melainkan lebih kepada waspada agar jari tangan kalian terhindar dari tergores pisau cutter.

Bukan hany satu dua orang, cukup banyak tukang stier yang mengalami luka terpotong pisau cutter saat melakukan pemotongan decal secara manual.

Itulah tadi beberapa hal penting yang bisa kalian lakukan saat atau sebelum memotong decal. Cara memotong decal yang benar akan memudahkan pemasangan sehingga pelanggan menjadi pusa atas kinerja kalian. ***

0 Response to "Cara Memotong Decal Motor Manual agar Rapi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel