Cara Memunculkan Keyboard Arabic Laptop

keyboard-arabic-laptop-4

Keyboard arabic laptop bisa jadi akan sangat berguna ketika kita berhadapan dengan pekerjaan yang ada hubungannya dengan huruf arab.

Apa yang saya tuliskan di sini merupakan pengalaman pribadi saat saya dimintai tolong pegawai Dishub Kota Tanjungpinang untuk mendesain huruf arab pada papan nama jalan.

Bagi teman-teman yang suka bepergian, mungkin nggak terasa aneh di suatu daerah ada papan nama jalan dengan dua jenis huruf. 

Satu menggunakan huruf biasa sedangkan satunya huruf tradisional. Kalau di Yogyakarta misalnya, nama jalan juga mencantumkan huruf jawa kuno yang terdiri dari ha na ca ra ka dan seterusnya.

Nah, berhubung saya di Kota Tanjungpinang, Kepri, maka selain huruf biasa nama jalannya juga diberi pelengkap huruf arab.

Cara Memunculkan Keyboard Arabic Laptop

keyboard-arabic-laptop-1

Bagaimana caranya agar muncul tulisan arab di laptop saya? Bagi teman-teman yang membutukan informasi ini silakan baca artikel ini sampai tuntas agar nggak ada yang terlewatkan.

Sebelumnya saya harus sampaikan jika laptop saya diinstal operating system Windows 7.

1. Pertama sekali kalian harus membuka Control Panel, lalu carilah menu Clock, Language and Region. Klik saja untuk menruskan pengaturan.
keyboard-arabic-laptop-2

2. Kalian akan dibawa ke menu selanjutnya, pilihlah Change or other Keyboard Methods. Silakan klik saja.
3. Selanjutnya klik menu Change Keyboard akan muncul menu jendela Text Services and Input Language, carilah tombol Add.
4. Beragam font akan muncul, pilihlah Arabic (Saudi Arabia) dengan klik dua kali atau klik sekali dilanjutkan klik tanda (+).
5. Secara otomatis akan muncul keyboard dengan menu Arabic (101), centang cek listnya kemudian klik tombol Ok.keyboard-arabic-laptop-3

6. Layar akan kembali ke jendela “Text Services and Input Language“, langkah terakhir adalah mengklik tombol Apply. Selesai.

Demikianlah cara memunculkan Keyboard Arabic Laptop pada Windows 7. Saya kurang memahami apakah cara ini juga bisa digunakan pada Windows versi lain karena saya hanya menggunakan yang Windows 7.

Dengan cara ini maka kalian nggak perlu instal software lain sehingga agak ribet. Nggak semua orang bisa melakukannya.

Namun dengan cara ini Insya Allah kalian bisa melakukannya. Kini kalian sudah siap untuk membuat tulisan meski dengan huruf arab. Jika merasa ada yang nggak fungsi keyboard laptopnya bisa baca artikel tentang keyboard rusak.***

0 Response to "Cara Memunculkan Keyboard Arabic Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel