Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Kursor Gerak Sendiri

cara-memperbaiki-keyboard-laptop-4

Cara memperbaiki keyboard laptop yang paling mudah ialah membawanya ke tempat perbaikan. Namun munngkin laptop yang sedang kalian gunakan hanya dipakai untuk kepentingan yattttng tak terlalu urgent.

Berbeda dengan orang kantor yang mau nggak mau harus menggunakan laptop dengan fungsi seluruh keyboard berjalan baik. Kalau laptop kalian di rumah hanya untuk nonton YouTube atau sesekali browsing, mungkin cara memperbaiki keyboard laptop ala saya berikut ini dapat dilakukan.

Sebenarnya apa yang saya lakukan dengan keyboard laptop tua saya lebih ke keputusan yang asal-asalan. Kalau memang akhirnya malah rusak mau nggak mau mikir untuk membewanya ke tempat perbaikan laptop.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Beberapa bulan lalu tiba-tiba keyboard laptop saya bermasalah. Setiap kali mengetikkan huruf atau kata atau kalimat pada notepad (saya selalu menggunakan notepad untuk mengetik) kursornya secara otomatis pindah ke baris atas.

Kalau saya tekan tombol enter, maka kata setelah kursos enter ada di bawah namun kursos kembali ada di atas.

Saya mencoba menghindari menggunakan tombol keyboard dengan menggunakan mouse, khusus untuk menggeser atau memindahkan kursos. Namun penyakitnya nggak juga mau hilang.

1. Bersihkan Sela-sela Tombol

Jujur saja saya bukan orang yang paham dengan dunia seperti ini. Kalau diminta menulis berlembar-lembar mungkin saya lebih memilihnya untuk saya kerjakan. Dibanding harus mengobati laptop sakit.

Saya awali cara memperbaiki keyboard laptop dengan membersihkan sela-sela tombol. Saya renggangkan tombol dengan kotak tempatnya ditanam agar agak renggang lalu saya ambil kuas kecil.

Pekerjaan ini butuh waktu yang agak lama. Setelah merasa bersih saya pun mencobanya lagi, ternyata hasilnya sema. Sama seperti kondisi sebelum saya bersihkan alias tetap bermasalah.

2. Cek Keyboard Online

Karena harus menyelesaikan konten berupa artikel yang dipesan orang lain, saya harus menyelesaikan pekerjaan itu secepatnya.

Lalu saya membuka internet dan mengetikkan kata kunci "cara memperbaiki laptop kursor jalan sendiri" pada kotak pencarian.

Lalu muncul banyak artikel, dan hampir kebanyakan menganjurkan untuk mengecek fungsi tombol tombol keyboard laptop.

Caranya pun sangat gampang, hanya membuka situs yang dituliskan sebagai referensi. Saya baca petunjuknya.

Sangat mudah, karena setiap tombol keyboard yang kita tekan dan itu berfungsi, maka indikator tombol keyboard di layar laptop akan menyala hijau (mungkin berbeda warna bisa saja).

Saya urutkan mengeceknya, dari tombol paling atas F1 sampai F12 normal, Demikian juga dengan angka, huruf, tanda dan simbol serta tombol Alt, Shift, Control dan sebagainya.

3. Tombol Panah Atas Rusak

cara-memperbaiki-keyboard-laptop-2

Hanya satu tombol yang tak menyala hijau, yakni tombol panah atas yang letaknya di sebelah kanan tombol Shift kanan dan di sebalah kiri tombol End.

Saya baru paham, karena rusak, atau pemikiran saya ia menekan dan tak mau kembali terangkat, maka akan dipaksa meneken terus sehingga kursos pasti balik dan balik ke atas.

Saya coba angkat tepi tombol menggunakan sendok plastik yang tipis. Saya tiup celahnya jangan-jangan ada sampah seperti debu atau bekas sisa makanan kecil ngumpet.

Setelah itu saya coba mengetik di notepad dan tombol bisa berfungsi seperti yang saya harapkan. Namun itu nggak lama, setengah menit kembali lagi.

4. Laptop Tanpa Tombol Panah Atas

cara-memperbaiki-keyboard-laptop-1

Saya memutuskan untuk melepaskan tombol panah atas di laptop saya dengan pertimbangan tidak terlau penting untuk pekerjaan saya.

Lalu saya lepas dengan susah payah, karena sekali lagi bukan ahlinya maka tidak semudah yang saya bayangkan.

Ternyata ada pengaitnya di tengah juga di bagian tepi. Namun akhirnya saya berhasil mencabutnya.

Terlihat ada benda di bawah tombol seperti plastik namun ada semacam tembaga yang mencuat. Itu saya potong dengan pisau cutter sehingga rapi dan rata.

Saya sebenarnya nggak begitu yakin 100 persen dengan Cara Memperbaiki Keyboard Laptop seperti ini. 

Nggak Perlu Beli Laptop Baru

cara-memperbaiki-keyboard-laptop-3

Saat artikel ini saya update, jaraknya dengan pencopotan tombol panah atas sekitar setahun. Dan nyatanya memang hanya gara-gara tombol panah atas saya dulu nggak bisa edit artikel.

Di bekas tombol panah atas masih menyembul semacam tembaga kecil dan itu bisa saya fungsikan untuk menggerakkan kursor ke atas.

Caranya saya sentuh bagian atas tembaga tadi dengan ujung jari lalu saya tekan sedikit, maka kursor akan melompat ke baris atasnya. Normal.

Dengan demikian saya simpulkan bagian atas tombolnya saja yang bermasalah, tidak termasuk komponen di bagian baeah tombol. Mengapa hanya tombol itu yang bermasalah, saya juga nggak tahu.

Begitulah teman-teman cara memperbaiki keyboard laptop ala saya sendiri. Jangan dicoba kalau nggak ingin penampakan keyboard laptop kalian ada yang bolong hehe.

Semoga artikel Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Kursor Gerak Sendiri ini bisa memberikan manfaat bagi kalian. ***

0 Response to "Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Kursor Gerak Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel