Perlunya Head Cleaning Printer agar Cetakan Maksimal

head-cleaning-printer

Head cleaning printer merupakan salah satu cara yang sering digunakan jika printer bermasalah. Dengan melakukannya, ada banyak manfaat yang kalian dapatkan.

Untuk melakukan pemberihan, biasanya digunakan head cleaner. Yaitu berupa cairan yang digunakan ketika head printer kalian mengalami masalah. Seperti mampet atau tersumbat. 

Head cleaner untuk keperluan head cleaning printer banyak mereknya di pasar. Dari sisi harga masih sangat terjangkau.

Proses pembersihan head sebuah printer terbagi menjadi dua yaitu cleaning dan deep cleaning.

Dari istilahnya bisa dijelaskan jika cleaning adalah proses pembersihan yang dilakukan untuk membersihkan head dari tinta yang menghambat jarum head printer. 

Sementara itu deep cleaning adalah proses pembersihan dengan kadar pembersihan printer yang lebih maksimal. Jadi jelas, perbedaannya hanya pada kadar pembersihannya. 

Perlunya Head Cleaning Printer

Perlu kalian ketahui, head berada di bagian bawah catridge. Jenis catridge printer berfungsi sebagai peran utama dalam pencetakan. Fungsi dari head ialah mengeluarkan tinta menuju ke kertas untuk menjadikan sebuah hasil cetakan yang maksimal.

Head cleaning dilakukan untuk membuang dan membersihkan tinta yang mengendap dan menggumpal di bagian bawah catridge. Jika prosesnya berhasil, maka proses cetak melalui catridge berjalan dengan lancar dan tinta dapat keluar secara maksimal.

Perlu kalian bedakan istilah cleaning dan deep cleaning. Cleaning dapat diartikan sebagai proses pembersihan tinta yang lebih ringan. Proses cleaning ini disarankan untuk dilakukan sebelum menuju proses head cleaning. 

Sementara deep cleaning adalah proses pembersihan yang lebih mendalam untuk melakukan pembersihan. Jika kalian memutuskan untuk head cleaning, yang harus diperhatikan ialah pasokan tinta pada tabungnya. Sebab deep cleaning ini dalam prosesnya cepat menguras tinta.

Lakukan Head Cleaning Seperlunya

Penting untuk dicatat dalam memori, jangan terlalu sering melakukan head cleaning, apalagi deep cleaning. Lakukan proses ini ketika printer memang membutuhkan penanganan.

Jika kalian merasa jika hasil cetak printer baru saja mengalami error, itu artinya kerusakan yang terjadi tidak terlalu parah. Dalam kondisi ini gunakan saja proses cleaning (pembersihan biasa).

Itupun seyogyanya dilakukan pada warna tertentu yang butuh untuk ditangani secepatnya.

Berbeda ketika upaya dengan cleaning biasa nggak membawa perubahan hasil cetakan, silakan gunakan deep cleaning. Dengan kata lain lakukan deep cleaning setelah printer benar-benar bermasalah.

Dalam perjalanan waktu penggunaan printer, kalian pasti membutuhkan proses cleaning dan deep cleaning. Hal ini disebabkan mesin mengalami aus.

Saat printer baru dibeli, tentu sangat menyenangkan menggunakanannya. Warna yang dihasilkan sangat tajam. Lalu berlembar kertas bahkan ribuan yang sudah dicetak.

Maka mulai muncul cetakan printer yang putus-putus, hingga tinta warna atau hitam tidak keluar. Nah, saat permasalahan tersebut muncul, pasti kalian akan memerlukan head cleaning ini. 

Kalian juga bisa membaca artikel tentang Mengatasi Epson L360 Lampu Berkedip Tombol Kertasnya di sini. Atau tentang Cara Memunculkan Keyboard Arabic Laptop, semuanya dibahas secara jelas dan detil.

Demikianlah artikel Perlunya Head Cleaning Printer agar Cetakan Maksimal, semoga bisa memberikan tambahan wawasan. ***

0 Response to "Perlunya Head Cleaning Printer agar Cetakan Maksimal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel