Membersihkan Mesin Cutting Harian dan Berkala

membersihkan-mesin-cutting
Membersihkan mesin cutting berarti menjaga investasi usaha.

masnunung
- Bila kalian memakai pemotong vinyl atau mesin cutting stiker selaku pemilik usaha, membersihkannya adalah sebuah kewajiban. Jangan malas membersihkan mesin cutting.

Ketahuilah, dengan melakukan pembersihan berarti menerapkan perawatan.

Dengan merawat mesin cutting stiker berarti menjaga investasi serta kalian ingin mengoptimalkan keuntungan atas investasi (ROI) kalian untuk pembelian mesin.

Tetapi, kalian kemungkinan bertanya macam apa perawatan untuk plotter?

Inti dari artikel ini ialah langkah tepat untuk menjaga mesin cutting stiker tetap bersih? 

Langkah Bersihkan Mesin Cutting Stiker

Pertama sekali yang harus dipersiapkan ialah peralatan yang digunakan untuk prosesi pembersihan itu tadi.

Upayakan tidak menggunakan bahan-bahan yang justru merusak mesin. Beberapa pengalaman pemilik mesin ini yang pernah dishare ke saya ialah menggunakan bensin.

Akibatnya, beberapa bagian yang dibersihkan justru retak dan patah karena memang bensin tidak disarankan sebagai larutan pencuci mesin pemotong stiker.

Paling aman memiliki ciri sebagai berikut, tidak berbau, tidak berbahaya di metarial mesin, tidak bahaya kena kulit. 

Bila kalian bingung memikirkannya, pilihan sementara yang dapat digunakan ialah handuk halus. Kalau tidak ada tap apa gunakan saja kertas tisu.

Alkohol dan Kertas Tisu

Basahi kertas tisu tersebut dengan alkohol. Selanjutnya tautkan pada roda penjepit bahan stiker. 

Pencet tombol yang menggerakaan roda tadi berputar ke bawah dan atas. Dengan tisu basah oleh alkohol, maka roda penjepit akan bekerja maksimal.

Berbeda jika roda dibiarkan berdebu hingga menempel dan mengeras. Membuat pergerakan pada kertas yang dijepit tidak mendapatkan tekanan yang rata.

Penting untuk melakukannya seminggu sekali. Kecuali mesin cutting stiker kalian tempatkan di ruangan berpendingin ruangan atau AC.

Sementara rol grid atau besi pemutar juga harus dibersihkan. Bukan dengan kertas tisu dibasahi alkohol. Melainkan dengan sikit kawat yang halus dan menggosoknya juga dengan gerakan pelan.

Pastikan tidak ada cat atau permukaan mesin yang tergores ketika membersihkan rol grid. Pembersihan ini bisa dilakukan seminggu sekali.

Bagian lain yang bisa dibersihkan secara berkala ialah lubang udara tempat kipas ditaruh di bagian bawah mesin. Cobalah lihat bagian dasar mesin cutting.

Ada banyak rongga, itulah tempat kipas angin dipasang. Gunanya untuk membantu mendinginkan mesin kala dioperasikan. 

Jangan sampai tersumbat oleh debu yang menempel setiap hari tanpa kalian sadari. Semprot bagian ini dengan pompa atau tiup balon kuat kuat dan semburkan ke arah lubang kipas.

Perawatan Harian untuk Diperhitungkan

Perawatan harian untuk mesin cutting bisa dilakukan dengan mengelap permukaan mesin dengan kain halus. Ini sebenarnya pekerjaan yang sangat ringan, namun karenanya paling sering diabaikan.

Selain itu coba cek kabel yang biasanya tertutup penutup bagian atas. Karena kabel ini bergerak setiap hari entah berapa kali bolak-balik, maka berpotensi mengelupas.

Cek bagian ini setiap hari, kalau ada yang terlihat lepas perekatnya atasi sesegera mungkin. Kalau terlambat mengatasinya, kalian akan rugi karena otomatis mesin cutting tak bisa dioperasikan.

Dan ingat, senantiasa pasang pengait roda pada posisi off atau terangkat. Maksudnya roda tidak sedang menjepit bahan stiker.

Kalau roda dibiarkan menjepit bahan stiker saat tidak digunakan, bantalan karet roda akan menekan dan membuatnya tidak bundar lagi.

Itulah cara benar membersihkan mesin cutting baik harian atau berkala. Bagi pemilik mesin potong laser, membersihkannya seperti ini. ***

0 Response to " Membersihkan Mesin Cutting Harian dan Berkala"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel