Pisau Mesin Cutting, Jenis dan Peruntukannya yang Wajib Diketahui

Pisau mesin cutting adalah piranti pelengkap pada sebuah mesin produksi yang wajib ada di sebuah usaha sticker. Memang bentuknya kecil, malah sangat kecil untuk beberapa merek, namun fungsinya sangat utama.

Bicara benda runcing yang kecil ini, sebenarnya bukan hanya sekadar cara memasang. Jika sobat adalah pemula dan baru memiliki mesin cutting sticker, ada baiknya membaca penjelasan di bawah ini.

Ukuran Mata Pisau Mesin Cutting

pisau-mesin-cutting

Perlu saya tegaskan di sini, ukuran yang dimaksud bukanlah besar atau kecilnya. Melainkan sudut ujung mata pisau yang tajam.

Sekilas tidak akan terlihat perbedaannya. Namun cobalah sesekali membandingkan beberapa mata pisau mesin cutting sticker, Perhatikan ujungnya. Pasti akan terlihat ada yang beda, kecuali memang satu ukuran yang dibandingkan hehe.

Mata Pisau Sudut 30 Derajat

Ukuran ini sangat dianjurkan untuk memotong bahan dengan ketebalan 20-30 mikron. Kalau bahan sticker yang sobat gunakan dibuat oleh pabrikan yang terkenal, maka akan ada keterangan ukuran tebal bahan tersebut.

Bahan sticker dengan ketebalan tersebut bisa sobat temukan pada sebagian besar reflective sheet. Misalnya seicholite, prolite, ablaze, xlite, goodlite, best dan sejenisnya.

Mata Pisau Sudut 45 Derajat

Jika bahan sticker yang akan dipotong jenisnya adalah polyflex atau bahan untuk sablon kaos, sebaiknya gunakan ukuran yang ini.

Mata pisau kategori ini dianjurkan untuk pemotonga media dengan ketebalan 60-100 mikron. Namun harus dicatat, tidak semua polyflex bisa dipotong dengan pisau ini. Hal ini karena banyak bahan sablon yang ketebalannya di atas 100 mikron.

Polyflex PU, PU stretch, foil, glow in the dark, printable bolehlah menggunakan pisau ini.

Mata Pisau Sudut 60 Derajat

Ini adalah jenis mata pisau mesin cutting terakhir. Biasa digunakan untuk memotong bahan dengan tingkat ketebalan sekitar 100 - 150 mikron. Ia akan memotong bahan sticker seperti pvc, flock, glitter dengan lebih detil.

Meski demikian hal tersebut di atas tidak mutlak. Karena kalau sobat menerapkannya sebaiknya memiliki tiga holder untuk tiga jenis pisaunya. Kalau hanya satu holder maka akan membuat waktu kurang efektif.

Selain itu akan memerlukan pengaturan manual lagi ketika harus mengganti pisau ke holder atau rumahnya.

Di Indonesia, saya melihat jarang sekali penjual yang menyediakan jarum dengan sudut 30 derejat. Kebanyakan menjual yang 45 atau 60 derajat. Dan ini juga saya percaya jarang atau bahkan tak pernah sobat perhatikan.

Pokoknya saat membeli dapat ya syukur. Soal berbagai bahan yang akan dipotong, seting atau pengaturannya tak begitu penting. Asalkan bahan terpotong ya sudah hehe.

Akibat Salah Penggunaan

Tak sedikit teman sticker yang mengirimkan pertanyaan ke saya mengenai masalah ini. Karena sebelumnya saya juga pernah menuliskan artikel tentang mata pisau mesin cutting. Bahkan ada yang bertahun-tahun menekuni usaha ini baru tahu ada ukuran mata pisau yang berbeda.

Kalau menurut saya sih nggak masalah sobat menggunakan ukuran yang mana. Namun yang patut dipertimbangkan adalah bagaimana mengatur tekanan (force) dan kecepatan (speed).

Baca Juga:

Indahnya Berbagi Ilmu yang Bermanfaat

Perbedaan Die Cut dan Kiss Cut Sticker

FAQ Terkait Printer Dot To Garment

Kalau memang tak punya pilihan, gunakan saja yang 45 derajat biar bisa memainkan fungsi mata pisau yang 30 atau 60 derajat. Tetapi sobat juga harus memilih, jangan semua bahan yang dibawa konsumen sobat sanggupi untuk dipotong.

Jika kebetulan yang dibawa ialah polyflex yang sangat tebal ya akan cepat merusak atau membuat pisau mesin cuttingnya tumpul.

Blade Holder Buatan China

pisau-mesin-cutting-sticker

Di pasaran Indonesia ada pisau mesin cutting dengan merek yang berbeda. Secara garis besar adalah Roland, Mimaki, Graphtec. Selain itu ada pisau mesin cutting untuk CraftROBO atau Silhouette Cameo.

Semuanya memiliki bentuk yang tidak sama. Jangan pernah sobat berpikir mesin cutting Mimaki menggunakan pisau Roland atau Graphtec. Tidak akan masuk ke holdernya.

Yang unik ialah jarum CraftROBO, yaitu mesin cutting lebar 20 centimeter buatan Graphtec. Ia memiliki satu jenis mata pisau. Sementara untuk pengaturan saat memotong bahan sticker, menggunakan kepala holder.

Kepala warna kuning untuk ketebalan bahan sekian, merah ketebalan bahan sekian dan biru untuk ketebalan sekian.

Meski sama-sama buatan Graphtec, Siulhouette Cameo juga memiliki bentuk mata pisau yang berbeda.

Kemajuan teknologi pun telah mempermudah pengguna mesin cutting. China yang kemudian memproduksi mesin cutting juga memproduksi holder yang bisa disesuaikan dengan beragam mesin cutting premium.

Sehingga sobat yang mesin cuttingnya merek Liyu, Suda, PCut, Jinka, Innograph, Teneth, Rhinotec, Lidar dan sejenisnya bisa menggunakan mata pisau mesin cutting Roland atau Mimaki. Kuncinya ialah mengganti holder bawaan pabrik dengan holder rekayasa China.

Pelajari Cara Pasangnya

Bagi pemilik mesin cutting sticker baru, maksudnya baru pertama kali membelinya sebaiknya membaca dahulu cara mengoperasikannya. Setiap pembelian mesin cutting seharusnya mendapatkan buku manual berisi pedoman penggunaannya.

Pada umumnya memasang pisau mesin cutting hampra sama pada kebanyakan merek. Terutama merek buatan China yang menggunakan blade holder yang bisa diisi dengan pisau yang sama.

Caranya ialah membuka pengunci blade holder dari head mesin cutting. Kebanyakan menggunakan ulir atau semacam baut tangan yang dapat diputar. Diputar ke kanan untuk mengencangkan dan diputar sebaliknya untuk melepasnya.

Kemudian diputar kepala blade holder. Putar ke kiri sampai lepas agar pisaunya bisa dikeluarkan. Kemudian gantilah dengan pisau yang baru dengan cara memasukkan ujungnya terlebih dahulu.

Selanjutnya tutup kembali dan putar penutup blade holder dengan cara memutarnya ke aras kiri. Dengan ujung ibu jari tangan kiri, rasakan apakah ujung pisau sudah menyembul atau belum.

Jika belum terus putar bagian atas blade holder hingga ujung jarum mulai merasa di kulit ibu jari tangan kanan sobat.

Nah, soal sebarapa banyak ujung pisaunya keluar biasanya tergantung kebiasaan. Jangan sampai mengoyak backing paper karena terlalu keluar. Juga jangan sampai tidak memotong bahan sticker karena ujungnya terlalu dangkal dikeluarkan.

Semoga artikel tentang pisau mesin cutting ini membantu. ***

0 Response to "Pisau Mesin Cutting, Jenis dan Peruntukannya yang Wajib Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel