Skip to main content

Merindukan Kontes Sekelas Jogja Truck Festival (JTF) 2018


jogja truck festival 2018
Kategori Lomba The Best Truck Miniature.
Foto - instagram/jogjatruckfest
cuttingstickerupdate - Jogja Truck Fetival (JTF) 2018 seakan ledakan yang dinantikan pengusaha karoseri, pengusaha ekspedisi, penggemar truk, pelaku variasi truk dan tukang sticker. Kok ada tukang stickernya?

Sebab, Jogja Truck Festival 2018 yang diselenggarakan 8 - 9 September 2018 di Jogja Expo Center, Yogyakarta ini salah satunya mengadakan kompetisi Kategori Truck Theme Cutting Sticker Art. Nah, pasti banggalah bisa menampiknja karyanya di hadapan begitu banyak peserta dan pengunjung.

Saya lansir dari laman resmi Jogja Truck Festival (JTF) 2018, beberapa komunitas truk yang mendukung kegiatan ini serta dengan senang hati menjadi media publikasi cukup banyak. Seperti tertera di bawah ini.
  • Kontes Truk Cakep Indonesia ( KTCI ), 176.711 orang anggota.
  • Truck Mania Jogja ( TMJ ), 11.974 orang anggota.
  • Malang Raya Truck Lover ( MRTL ), 28.307 orang anggota.
  • Canter Mania Indonesia Community ( CMIC ), 17.432 orang anggota.
  • Plad Ad Truck Lovers ( PATL ) 4.639 orang anggota.
  • Lampung Truck Community ( LTC ) 15.313 orang anggota.
  • Truck Mania West Borneo ( TMWB ) 9.748 orang anggota.
  • Truk Mania Palembang ( TMP ) 2.099 orang anggota.
  • Lumajang Truck Community ( LTC ) 2.200 orang anggota.
Wow, melihat data di atas pasti kita membayangkan betapa hebohnya acara tersebut. Dari komunitas di atas jika ditotal anggotanya mencapai 268.423 ribu orang anggota, dengan rincian 70 persen sopir truk, 25 persen pencinta truk, sisanya yang 15 persen terbagi dari kalangan pengusaha ekspedisi, karoseri, cutting sticker, pelukis truk, dealer, suku cadang dan pemasang audio.

[Baca JugaMemilih Masking Tape Cutting Sticker]

Penyelenggaraan Jogja Truck Festival 2018 mengangkat tema “Panorama Indonesia”. Sebuah pilihan yang bijaksana karena tahun-tahun belakangan ini dunia pariwisata Indonesia tengah naik daun. Setiap daerah berlomba menggali potensi wisatanya masing-masing.

Secara lengkap, kategori yang dilombakan meliputi:
  • Kompetisi Kategori Truck Exterior
  • Kompetisi Kategori Truck Interior
  • Kompetisi Kategori Truck Audio Performance
  • Kompetisi Kategori Truck Extreme Modfication
  • Kompetisi Kategori Truck Elegant Modfication
  • Kompetisi Kategori Truck Elegant Standard
  • Kompetisi KategoriTruck Classic Modification
  • Kompetisi Kategori Truck Box Modification
  • Kompetisi Kategori Truck Theme Painting Art
  • Kompetisi Kategori Truck Theme Cutting Sticker Art
  • Kompetisi Kategori Dum Truck Modification
  • Kompetisi Kategori Truck Lighting
  • Kompetisi Kategori Truck Audience Favourite
  • Kompetisi Kategori Truck Social Media Favourite
Panitia juga menyelenggarakan kompetisi khusus berupa The Best Truck Miniature dan The Best Pick Up Modification. Par kategori diambil Juara 1, 2 dan 3.

Bahkan dari seluruh peserta akan diambil The Best King Of Truck Modification dengan Trofi Bergilir Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X.

Meski saya tak datang di acara tersebut, namun atmosfir kemeriahannya bisa saya rasakan. Berita tentang Jogja Truck Festival 2018 bertebaran di internet, demikian juga dengan para YouTuber, memaksimalkan konten mereka selama penyelenggaraannya.

Juri yang dipakai oleh panitia juga bukan abal-abal. Semua memiliki kompetensi dan kapabilitas yang meumpuni. Dengar saja penurutan Ketua Tim Juri, Noor Kholik, yang mengatakan salah satunya bekerja sama dengan IASCA (International Auto Sound Challenge Association) Indonesia.

"Khusus untuk Kontes Audio di event JTF 2018 ini, kami bekerja sama dengan IASCA yang akan menilai sistem audio dengan standar kontes yang tepat," begitu kata Noor Kholik, seperti dituliskan di laman resmi Jogja Truck Festival 2018.

Sobat sticker tahu nggak, IASCA adalah salah satu organisasi asal Amerika Serikat yang membidangi kompetisi car audio tertua di dunia. Dunia car audio di Indonesia sendiri semakin bergairah berkat hadirnya asosiasi IASCA ini. Dan IASCA Indonesia telah menyiapkan serangkaian kompetisi car audio yang akan diselenggarakan di berbagai kota besar di Indonesia.

[Baca JugaSticker Kaca Belakang Mobil Keren]

Melihat penampilan truk peserta, nyaris semuanya gahar-gahar. Sebagai orang yang menyukai seni cutting sticker, melihat bodi-bodi mobil berukuran besar dihiasi sticker cutting, pasti menimbulkan sesuatu yang berbeda.

Saya merindukan ada kontes seperti ini yang diselenggarakan secara kontinyu. Lokasinya bisa saja berubah-ubah, sehingga Jawa, Saumatera, Kalimantan, Sulawesi dan pulau lain tersinggahi. Dengan dikemas yang sangat profesional, tentu tidak berlebihan jika berharap kontes semacam ini akan menjadi daya tarik wisatawan.

parade truck cakep jtf 2018
JTF 2018 Melibatkan pejabat daerah dan institusi terkait.
Foto - jogjatruckfestival.com/
Belajar dari Jogja Truck Festival 2018, lihatlah keseriusan panitia. Saat pelepasan peserta Parade Truck Cakep, dilakukan Ketua Penyelenggara JTF, KRMT Indro Kimpling Suseno; Ketua Dewan Juri, Noor Kholik; Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Purwadi; Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Armaini.

[Ingin mengetahui dunia batik? Baca handmadebatikshoes]

Melibatkan pemerintah daerah serta instansi terkait seperti Polri menjadikan event seperti ini lebih bersinar. Siapa tahu setelah membaca ini ada Pemda-Pemda, baik Pemkab, Pemkot atau Pemprov di Indonesia yang menjadikannya ikon wisata tetap.

Sobat tukang sticker bisa ikut berkompetisi, melahirkan desain dan karya terbaik. Sementara saya juga punya bahan untuk selalu menulis hehe. Oke sobat, salam hangat tetap bersemangat kalau badan penat segera minum obat supaya segera sehat. ***

Comments

Postingan Terpopuler

Mengenal Bahan Sticker Oracal dan Kegunaannya

cuttingstickerupdate - Oracal adalah bahan sticker berkualitas asli buatan Jerman. Di Indonesia, bahan vinyl ini paling banyak dipakai khususnya untuk mereka yang menerima jasa wrapping (bungkus) kendaraan.

Kelebihannya pada kelenturan bahan saat dipanaskan dengan heatgun serta ketahanan warnanya. Yuk kita kupas (buah kalee hehe) seri seri Oracal sesuai penggunaannya agar teman teman tidak salah pilih. Semua demi satu tujuan: kepuasan konsumen.



Seri 651 Merupakan bahan sticker Oracal kelas menengah (Intermediate Cal). Ada dua jenis yaitu gloss dan matt (doff). Biasa diaplikasikan untuk cutting sticker, wrapping kendaraan, pembuatan huruf pada papan nama dan sejenisnya.

Saya sendiri menggunakan jenis untuk untuk lapisan dasar pembuatan cutting sticker tumpuk karena konsumen biasanya ingin jika suatu saat stickernya akan dikelupas dan diganti desain baru tak akan kesulitan melepasnya. Jika lapisan bawah menggunakan scothclite (reflective) residu atau lem sisa akan menempel dan sulit mel…

Cutting Sticker untuk Pelat Nomor Kendaraan

cuttingstickerupdate - Pelat nomor kendaraan seharusnya menjadi salah satu pemasukan sobat yang membuka usaha cutting sticker. Bisa bekerja sama dengan sejumlah pembuat pelan nomor atau hanya membuka jasa cutting untuk nomor kendaraan.

Mesin cutting sticker tak harus digunakan hanya untuk membuat cutting sticker berupa gambar, logo atau tulisan. Lebih jauh dari itu, manfaatkan mesin cutting sticker Anda untuk hal lain yang juga menghasilkan uang.



Pernahkah Anda terlintas bahwa begitu banyak kendaraan lalu lalang di depan rumah, berseliweran di jalan raya, adalah target operasi. Asal jangan target buron karena kriminalitas hehe.

Perhatikan bahwa setiap kendaraan bermotor harus dilengkapi pelat nomor kendaraan yang dikeluarkan oleh Samsat. Memang ada yang memodifikasinya, entah itu ukuran pelatnya yang lebih kecil, bentuk huruf dan angkanya atau bentuk lain.

Pelat Nomor Lebih Rapi Namun aturan tetaplah aturan, jika ada yang melanggar pasti suatu saat kena batunya. Sepandai pandai bawa k…

Cara Setting Mesin Cutting Jinka Agar Presisi

cuttingstickerupdate - Mesin Cutting Jinka banyak penggunanya di Indonesia. Dan pabrikannya juga terus mengeluarkan seri seri terbaru. Namun demikian tak semua, khususnya yang baru membeli mesin cutting ini, bisa menghasilkan produk cutting sticker yang presisi.

Dari hasil browsing di Mbah Google, pertanyaan seperti: mengapa mesin cutting jinka saya tidak bisa memotong sempurna? apa penyebab mesin cutting jinka tidak presisi saat memotong dan pertanyaan serupa masih banyak diketikkan oleh para pengguna internet di Indonesia.

Tentunya mereka adalah para pemilik mesin cutting Jinka yang mengalami masalah hasil pemotongan dengan peralatan kerjanya.

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda bisa membuka artikel saya sebelumnya yang menguraikan beberapa hal penyebab hasil cuttingan tidak presisi.




Diantaranya karena holder yang yang kurang bersih atau sudah aus, kondisi pisau mesin cutting yang sudah tumpul, karena hasil editan yang kurang sempurna dalam artian terlalu banyak node yang membuat pis…

Cara Pasang Sticker Mobil Sendiri (Sistem Kering)

cuttingstickerupdate - Memasang sticker untuk mobil sering disebut banyak orang sebagai pekerjaan yang hanya bisa dilakukan ahlinya. Memang benar, segala sesuatunya sebaiknya diserahkan ke ahlinya.

Tetapi menurut saya, mengapa Anda tidak mencobanya? Paling tidak untuk mobil Anda sendiri? Yang pasti tak membutuhkan uang jasa pemasangan sticker, kan?

Kali ini saya menjelaskan cara memasang sticker ke mobil dengan sistem kering. Sistem kering adalah pemasangan tanpa bantuan air yang sudah dicampur shampoo. Oh ya, mungkin ada diantara Anda yang pernah mendengar istilah wrapping.

Wrapping artinya membungkus, jadi sama saja dengan pemasangan, namun lebih umum diartikan sebagai memasang sticker pada bidang yang lebih luas, bahkan bodi mobil secara utuh. Namanya juga membungkus.



Yang pasti, jika Anda bisa melakukannya sendiri akan muncul kebanggan. Dan Anda adalah salah satu orang yang berani mencoba. Wrapping mobil bagi pemula pasti merasakan sulitnya, meski tidak saya katakan tidak bisa. An…

Tutorial Lengkap Proses Membuat Cutting Sticker

cuttingstickerupdate - Membuat cutting sticker adalah pekerjaan yang membutuhkan ketelitian. Karena akan berpengaruh kepada hasilnya. Apalagi jika Anda menerima jasa pembuatan cuting sticker, ketelitian akan diperhatikan konsumen Anda.



Kali ini saya akan menjelaskan proses pembuatan cutting sticker dari awal hingga siap untuk dipasang. Usahakan baca dengan teliti, karena kalau terselip satu tahap sobat akan bingung. Maaf, tutorial ini untuk pemula, bukan tukang sticker profesional.

Membuat Cutting Sticker Logo Google Langkah 1 Buka Coreldraw, buka lembar kerja baru, lalu import logo Google yang sudah Anda download dari internet. Seperti tampak pada gambar 1 di atas.

Langkah 2 Karena mesin cutting sticker tak bisa membaca file berformat gambar seperti jpg, bmp dan sebagainya, Anda harus mengubahnya menjadi vector. Untuk gambar dengan gradiasi jelas seperti gambar hitam putih dapat Anda trace langsung menggunakan fasilitas trace bitmap di Coreldraw. Namun jika gambar banyak warna, apala…