Skip to main content

Melihat Sticker Mobil Keren di IIMS

sticker mobil keren
Juara Honda Decal Competition di IIMS 2028, karya
Hapsoro Tities Suwarno. Foto- instagram/hondaisme
cuttingstickerupdate - Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) menjadi ruang pamer kendaraan yang selalu ditunggu. Bahkan saat penyelenggaraan IIMS 2018 di JIExpo Kemayoran, pameran otomotif terbesar di Indonesia ini menghadirkan sticker mobil keren.

Ya, pada gelaran yang berlangsung 19 - 29 April 2018 ini salah satu booth mengundang ketertarikan pengunjung. Adalah booth Honda yang menampilkan sebuah Civic Type R dengan sticker mobil keren karya pemenang dari Honda Decal Competition yang digelar pada periode 12 Maret hingga 5 April 2018.

Biar sobat lebih paham, dari beberapa referensi yang saya kumpulkan Honda Civic Type R merupakan pemecah record mobil FWD tercepat. Lokasi pengujiannya di Sirkuit Nurburgring - 7 menit, 43,8 detik - mengusung mesin 2.000 cc turbo, mampu menghasilkan tenaga hingga 310 PS @ 6.500 rpm dan torsi 400 Nm sejak 2.500 rpm.

[Baca Juga CV Sinar Jaya Kini Jual Sticker untuk Mobil Boks / Angkutan]

Pemenang Honda Decal Competition ialah Hapsoro Tities Suwarno. Lelaki yang sehari-hari bekerja sebagai desainer di Tangerang ini mengungguli 400-an desain yang masuk. Akhirnya sticker mobil kerennya ditampilkan, membalut bodi Honda Civic Type R.

Sobat, apa yang saya tuliskan di artikel ini ingin mengatakan bahwa apapun profesinya asal dikerjakan dengan sungguh-sunhhuh suatau saat akan mendatangkan prestasi. Patut digarisbawahi di sini, preatsi seharusnya bukan hanya dilihat dari uang.

sticker mobil keren (3)
Foto - instagram/hondaisme

Saya percaya, betapa bangganya Hapsoro Tities Suwarno atau akrab disapa Hepi ini ketika desain sticker mobil keren karyanya dipajang di pameran sekelas IIMS. Uang hadiah yang diterimanya pasti tak sebesar kebanggaannya kala itu. Apalagi saat Hepi dipanggil ke panggung dan namanya disebut.

Dan hal yang sama juga dirasakan  Azka Wrap, salah satu anggota KPPS Indonesia saat menjadi juara pertama Fespa World Wrap Masters Asia WWMA 2019 yang berlangsung di Bangkok, Thailand, 21 sampai 23 Februari 2019.

Dua contoh tadi setidaknya mewakili apa yang akan saya tuliskan: bahwa sticker juga bisa membuat sobat bangga. Dapat hadah. Mendapatkan pengakuan diri dan sebagainya.

Baca Juga: Tukang Sticker Ini Harumkan Indonesia di Pentas Asia

Namun semua pasti butuh kerja keras. Hepi sendiri mengatakan, dirinya memang bergelut dengan product design. Selama ini lebih banyak menggarap sepeda motor dan mobil custom.

Cari Inspirasi Sticker Mobil Keren

Untuk mendapatkan desain yang akhirnya menang, Hepri mengaku mendapatkan ide atau inspirasi dari Kabuki. Kabuki adalah seni teatrikal Jepang yang pemainnya di rias. Cara meriasnya tajam sehingga tampak jelas.

Karena panitia mintanya sporty, ia pun menggabungkannya dengan budaya Jepang yang sudah melegenda, demikian saya kutip dari mobilinanews.

sticker mobil keren (1)
Foto - instagram/hondaisme

Penilaian untuk Honda Decal Competition dilakukan oleh tiga orang juri independen yang berpengalaman di bidang modifikasi dan desain decal. Kriteria penilaian untuk kompetisi ini terdiri dari estetika grafis, kekuatan tema yang diusung dan juga aplikatif ketika diaplikasikan di mobil aslinya.

Saya tambahkan juga kutipan dari bisnis.com, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis menuturkan, Honda Decal Competition adalah ruang untuk kreator decal di Indonesia.

Sebagai pemenang kompetisi ini, Hapsoro juga berhak atas hadiah uang tunai sebesar Rp 10.000.000,- dan akan diberikan pengalaman melaju dengan Honda Civic Type R yang dikendarai oleh pembalap nasional Alvin Bahar dari Honda Racing Team Indonesia di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor.

Masih soal sticker mobil keren, Tommy Gunawan, Juri Honda Decal Competition, mengatakan secara keseluruhan, desain para peserta yang masuk memiliki kualitas yang sangat baik.

sticker mobil keren (2)
Foto - instagram/hondaisme

Selain Hepi, panitia juga menetapkan kategori “People’s Favorite Award” yang dinilai berdasarkan pilihan publik melalui akun instagram @hondaisme. Di kategori ini, Rizky Fauzi Satria Purnama dari Sleman berhasil menjadi juara setelah mengumpulkan 3.406 voting. Pemilihan untuk kategori dilakukan terhadap 5 finalis dalam kurun waktu 6 hari yang mengumpulkan total voting sebanyak 10.484.

Sobat yang menggeluti dunia desain sticker, masih banyak kesempatan untuk menunjukkan apakah sobat bakal menjadi yang terhebat? Karena suatu saat pasti ada kontes-kontes yang diselenggarakan secara terjadwal.

[Baca Juga: Mesin Cutting Jinka Pro dan Harga Suku Cadangnya]

Jika sekarang belum, mungkin kesempatan mengikuti kontes itu ada di negeri orang. Hayo, siapa nggak ingin mengikuti jejak Azka Wrap atau Hepi?

Semoga sobat sticker terus berkreasi menciptakan sticker mobil keren. Dan semoga juga penyelenggara IIMS atau pameran kendaraan lainnya memberikan ruang pamer dan aktualisasi diri untuk tukang sticker. ***

Comments

Postingan Terpopuler

Mengenal Bahan Sticker Oracal dan Kegunaannya

cuttingstickerupdate - Oracal adalah bahan sticker berkualitas asli buatan Jerman. Di Indonesia, bahan vinyl ini paling banyak dipakai khususnya untuk mereka yang menerima jasa wrapping (bungkus) kendaraan.

Kelebihannya pada kelenturan bahan saat dipanaskan dengan heatgun serta ketahanan warnanya. Yuk kita kupas (buah kalee hehe) seri seri Oracal sesuai penggunaannya agar teman teman tidak salah pilih. Semua demi satu tujuan: kepuasan konsumen.



Seri 651 Merupakan bahan sticker Oracal kelas menengah (Intermediate Cal). Ada dua jenis yaitu gloss dan matt (doff). Biasa diaplikasikan untuk cutting sticker, wrapping kendaraan, pembuatan huruf pada papan nama dan sejenisnya.

Saya sendiri menggunakan jenis untuk untuk lapisan dasar pembuatan cutting sticker tumpuk karena konsumen biasanya ingin jika suatu saat stickernya akan dikelupas dan diganti desain baru tak akan kesulitan melepasnya. Jika lapisan bawah menggunakan scothclite (reflective) residu atau lem sisa akan menempel dan sulit mel…

Cutting Sticker untuk Pelat Nomor Kendaraan

cuttingstickerupdate - Pelat nomor kendaraan seharusnya menjadi salah satu pemasukan sobat yang membuka usaha cutting sticker. Bisa bekerja sama dengan sejumlah pembuat pelan nomor atau hanya membuka jasa cutting untuk nomor kendaraan.

Mesin cutting sticker tak harus digunakan hanya untuk membuat cutting sticker berupa gambar, logo atau tulisan. Lebih jauh dari itu, manfaatkan mesin cutting sticker Anda untuk hal lain yang juga menghasilkan uang.



Pernahkah Anda terlintas bahwa begitu banyak kendaraan lalu lalang di depan rumah, berseliweran di jalan raya, adalah target operasi. Asal jangan target buron karena kriminalitas hehe.

Perhatikan bahwa setiap kendaraan bermotor harus dilengkapi pelat nomor kendaraan yang dikeluarkan oleh Samsat. Memang ada yang memodifikasinya, entah itu ukuran pelatnya yang lebih kecil, bentuk huruf dan angkanya atau bentuk lain.

Pelat Nomor Lebih Rapi Namun aturan tetaplah aturan, jika ada yang melanggar pasti suatu saat kena batunya. Sepandai pandai bawa k…

Cara Setting Mesin Cutting Jinka Agar Presisi

cuttingstickerupdate - Mesin Cutting Jinka banyak penggunanya di Indonesia. Dan pabrikannya juga terus mengeluarkan seri seri terbaru. Namun demikian tak semua, khususnya yang baru membeli mesin cutting ini, bisa menghasilkan produk cutting sticker yang presisi.

Dari hasil browsing di Mbah Google, pertanyaan seperti: mengapa mesin cutting jinka saya tidak bisa memotong sempurna? apa penyebab mesin cutting jinka tidak presisi saat memotong dan pertanyaan serupa masih banyak diketikkan oleh para pengguna internet di Indonesia.

Tentunya mereka adalah para pemilik mesin cutting Jinka yang mengalami masalah hasil pemotongan dengan peralatan kerjanya.

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda bisa membuka artikel saya sebelumnya yang menguraikan beberapa hal penyebab hasil cuttingan tidak presisi.




Diantaranya karena holder yang yang kurang bersih atau sudah aus, kondisi pisau mesin cutting yang sudah tumpul, karena hasil editan yang kurang sempurna dalam artian terlalu banyak node yang membuat pis…

Cara Pasang Sticker Mobil Sendiri (Sistem Kering)

cuttingstickerupdate - Memasang sticker untuk mobil sering disebut banyak orang sebagai pekerjaan yang hanya bisa dilakukan ahlinya. Memang benar, segala sesuatunya sebaiknya diserahkan ke ahlinya.

Tetapi menurut saya, mengapa Anda tidak mencobanya? Paling tidak untuk mobil Anda sendiri? Yang pasti tak membutuhkan uang jasa pemasangan sticker, kan?

Kali ini saya menjelaskan cara memasang sticker ke mobil dengan sistem kering. Sistem kering adalah pemasangan tanpa bantuan air yang sudah dicampur shampoo. Oh ya, mungkin ada diantara Anda yang pernah mendengar istilah wrapping.

Wrapping artinya membungkus, jadi sama saja dengan pemasangan, namun lebih umum diartikan sebagai memasang sticker pada bidang yang lebih luas, bahkan bodi mobil secara utuh. Namanya juga membungkus.



Yang pasti, jika Anda bisa melakukannya sendiri akan muncul kebanggan. Dan Anda adalah salah satu orang yang berani mencoba. Wrapping mobil bagi pemula pasti merasakan sulitnya, meski tidak saya katakan tidak bisa. An…

Tutorial Lengkap Proses Membuat Cutting Sticker

cuttingstickerupdate - Membuat cutting sticker adalah pekerjaan yang membutuhkan ketelitian. Karena akan berpengaruh kepada hasilnya. Apalagi jika Anda menerima jasa pembuatan cuting sticker, ketelitian akan diperhatikan konsumen Anda.



Kali ini saya akan menjelaskan proses pembuatan cutting sticker dari awal hingga siap untuk dipasang. Usahakan baca dengan teliti, karena kalau terselip satu tahap sobat akan bingung. Maaf, tutorial ini untuk pemula, bukan tukang sticker profesional.

Membuat Cutting Sticker Logo Google Langkah 1 Buka Coreldraw, buka lembar kerja baru, lalu import logo Google yang sudah Anda download dari internet. Seperti tampak pada gambar 1 di atas.

Langkah 2 Karena mesin cutting sticker tak bisa membaca file berformat gambar seperti jpg, bmp dan sebagainya, Anda harus mengubahnya menjadi vector. Untuk gambar dengan gradiasi jelas seperti gambar hitam putih dapat Anda trace langsung menggunakan fasilitas trace bitmap di Coreldraw. Namun jika gambar banyak warna, apala…