Mengatasi Hasil Cutting Tidak Sempurna

cuttingstickerupdate - Hasil cutting yang cacat atau tidak sempurna hampir menjadi persoalan bagi para pemula bisnis stiker cutting. Bintan Wrapping pun kerap kali mendapatkan pertanyaan seputar hal ini.

Untuk mengatasi cacatnya hasil cutting, ada baiknya saya bahas dahulu pengertian cacat. Cacat bisa berarti lapisan stiker yang berperekat susah dikopek dari backing paper (lapisan paling bawah yang dibuang jika stiker akan dipasang); bisa juga saat diangkat ternyata ada lapisan backing paper yang menempel di lapisan stiker; atau lapisan stiker cutting tidak menempel sempurna di media yang dilekati.

Jangan langsung memvonis pedagang bahan stiker jika barang yang dijualnya sudah kedaluwarsa alias stok lama. Lebih baik perhatikan hal hal sebagai berikut agar Anda tahu kesalahan sebenarnya berada di pihak mana. Pada kebanyakan kasus, mohon maaf, kesalahan justru dilakukan oleh pengguna atau kita sebagai pelaku usaha cutting stiker.

Pengaturan Pisau Mesin Cutting

cek pisau mesin cutting


Kesalahan tukang stiker pemula yang kerap dilakukan adalah kurang tepat mengatur ketajaman atau kedalaman jarum mesin cutting. Jika jarum terlalu masuk ke holder, ujungnya hampir tak terasa di kulit jari tangan, kebanyakan akan menghasilkan potongan yang tidak sempurna.

Akibatnya, saat Anda akan mengopek bahan tidak terpotong sama sekali. Ini mungkin Anda terlalu hati hati atau takut jarum akan cepat tumpul. Jarum dibuat pabriknya sudah memiliki ketentuan sendiri yang harus diikuti.

Sementara jika jarum terlalu menonjol akan mengakibatkan lapisan backing paper ikut terpotong mengikuti pola pada lapisan stikernya. Jika ini terjadi, Anda juga akan mengalami kesulitan saat mengopeknya.

Misalnya mengopek huruf A, maka di bagian belakang huruf A, pada lapisan berperekatnya malah ikut terangkat lapisan backing papernya. Anda akan bekerja dua kali untuk mengopek stiker cutting. Rugi waktu dan juga membuat pelanggan merasa tidak nyaman.

Untuk melakukan tes pada jarum mesin cutting, bisa dicoba melepaskannya lalu goreslah bahan stiker dengan mata pisau yang dipegang dengan jari tangan. Jika menghasilkan tarikan yang halus, lalu bahan bisa dikopek, berarti jarum Anda bagus.

Baca Juga:

Pasang Stiker Harga Termurah

Belajar Nyablon Polyflex Bersama Rhino

Mengenal Bahan Stiker Ablaze

Pada umumnya, ujung mata pisau keluar dari sarungnya atau holder hanya 0,06 inchi. Artinya ini hampir tak terlihat tonjolan keluar ujungnya dari ujung holder atau sarung jarum. Namun pada beberapa mesin cutting, diperlukan pisau keluar agak banyak.

Untuk hal ini Anda harus belajar mengatur pisau. Selanjutnya tes menggunakan mesin dengan fasilitas tes yang selalu ada pada mesin cutting.


Cek Jenis Masking Tape


Jika ketajaman dan pengaturan jarum mesin cutting Anda sudah benar namun lapisan stiker tetap sulit dilepas dari backing papernya, cobalah cek apakah Anda menggunakan masking tape yang benar. Untuk diketahui, masking tape untuk bahan gloss dan matt berbeda.

Jika anda memotong stiker menggunakan bahan jenis gloss, menggunakan masking tape bening akan lebih memudahkan pekerjaan memindahkan stiker ke media yang akan dipasang. Sementara untuk bahan stiker berjenis matt, gunakan masking tape berjenis kertas.

Anda ingin membuktikannya? Cobalah cutting pola menggunakan bahan oracal 651 gloss, kopeki lalu pidahkan stikernya ke atas media yang diinginkan. Meski masking sudah diratakan dengan rakel, saat dikelupas pola stiker cuttingnya tetap menempel di backing paper. ganti masking tapenya dengan jenis kertas, ratakan, lalu angkat, maka stiker cutting akan terlepas dari backing papernya dengan mudah.

Namun bisa juga disebabkan kondisi masking tapenya. Ingat ingat, sudah berapa lama anda membeli masking tapenya. Kalau Anda termasuk orang yang suka menyimpan stok barang banyak, bisa jadi kondisi masking tape mengalami kerusakan saat disimpan. Usia masking tape seyogyanya tidak lebih dari enam bulan. Apalagi jika disimpan pada ruangan yang sering terkena panas matahari langsung.

Ganti Warna Bahan Stikernya

Ini yang tidak Anda ketahui secara mendalam. Meski Anda memiliki bahan stiker merek sama, belum tentu pengaturan pisaunya sama untuk semua warna. Pengalaman saya, ini terjadi pada bahan stiker jenis reflektif buatan Tiongkok.

Paling sering adalah warna hitam yang butuh tekanan jarum lebih dalam. Mengapa? Karena untuk menciptakan warna hitam pekat, pabrik bahan stiker memberikan material yang lebih padat. Berbeda dengan warna lain seperti kuning, putih dan lainnya.

Jadi Anda tidak bisa menggunakan pengaturan jarum yang sama untuk semua warna bahan meski satu merek. Tak ada yang paling tepat menyelesaikan vinyl yang cacat kecuali dengan tiga langkah yaitu tes, tes dan tes. Seberapa lamakah untuk melakukan langkah tes cutting? Tidak lama bukan? Daripada hasil cutting stiker cacat, Anda frustasi pembeli tak datang lagi.

Semoga bermanfaat...

0 Response to "Mengatasi Hasil Cutting Tidak Sempurna"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel