Skip to main content

Mengatasi Hasil Cutting Tidak Sempurna

cuttingstickerupdate - Hasil cutting yang cacat atau tidak sempurna hampir menjadi persoalan bagi para pemula bisnis stiker cutting. Bintan Wrapping pun kerap kali mendapatkan pertanyaan seputar hal ini.

Untuk mengatasi cacatnya hasil cutting, ada baiknya saya bahas dahulu pengertian cacat. Cacat bisa berarti lapisan stiker yang berperekat susah dikopek dari backing paper (lapisan paling bawah yang dibuang jika stiker akan dipasang); bisa juga saat diangkat ternyata ada lapisan backing paper yang menempel di lapisan stiker; atau lapisan stiker cutting tidak menempel sempurna di media yang dilekati.

Jangan langsung memvonis pedagang bahan stiker jika barang yang dijualnya sudah kedaluwarsa alias stok lama. Lebih baik perhatikan hal hal sebagai berikut agar Anda tahu kesalahan sebenarnya berada di pihak mana. Pada kebanyakan kasus, mohon maaf, kesalahan justru dilakukan oleh pengguna atau kita sebagai pelaku usaha cutting stiker.

Pengaturan Pisau Mesin Cutting

cek pisau mesin cutting


Kesalahan tukang stiker pemula yang kerap dilakukan adalah kurang tepat mengatur ketajaman atau kedalaman jarum mesin cutting. Jika jarum terlalu masuk ke holder, ujungnya hampir tak terasa di kulit jari tangan, kebanyakan akan menghasilkan potongan yang tidak sempurna.

Akibatnya, saat Anda akan mengopek bahan tidak terpotong sama sekali. Ini mungkin Anda terlalu hati hati atau takut jarum akan cepat tumpul. Jarum dibuat pabriknya sudah memiliki ketentuan sendiri yang harus diikuti.

Sementara jika jarum terlalu menonjol akan mengakibatkan lapisan backing paper ikut terpotong mengikuti pola pada lapisan stikernya. Jika ini terjadi, Anda juga akan mengalami kesulitan saat mengopeknya.

Misalnya mengopek huruf A, maka di bagian belakang huruf A, pada lapisan berperekatnya malah ikut terangkat lapisan backing papernya. Anda akan bekerja dua kali untuk mengopek stiker cutting. Rugi waktu dan juga membuat pelanggan merasa tidak nyaman.

Untuk melakukan tes pada jarum mesin cutting, bisa dicoba melepaskannya lalu goreslah bahan stiker dengan mata pisau yang dipegang dengan jari tangan. Jika menghasilkan tarikan yang halus, lalu bahan bisa dikopek, berarti jarum Anda bagus.

Baca Juga:

Pasang Stiker Harga Termurah

Belajar Nyablon Polyflex Bersama Rhino

Mengenal Bahan Stiker Ablaze

Pada umumnya, ujung mata pisau keluar dari sarungnya atau holder hanya 0,06 inchi. Artinya ini hampir tak terlihat tonjolan keluar ujungnya dari ujung holder atau sarung jarum. Namun pada beberapa mesin cutting, diperlukan pisau keluar agak banyak.

Untuk hal ini Anda harus belajar mengatur pisau. Selanjutnya tes menggunakan mesin dengan fasilitas tes yang selalu ada pada mesin cutting.


Cek Jenis Masking Tape


Jika ketajaman dan pengaturan jarum mesin cutting Anda sudah benar namun lapisan stiker tetap sulit dilepas dari backing papernya, cobalah cek apakah Anda menggunakan masking tape yang benar. Untuk diketahui, masking tape untuk bahan gloss dan matt berbeda.

Jika anda memotong stiker menggunakan bahan jenis gloss, menggunakan masking tape bening akan lebih memudahkan pekerjaan memindahkan stiker ke media yang akan dipasang. Sementara untuk bahan stiker berjenis matt, gunakan masking tape berjenis kertas.

Anda ingin membuktikannya? Cobalah cutting pola menggunakan bahan oracal 651 gloss, kopeki lalu pidahkan stikernya ke atas media yang diinginkan. Meski masking sudah diratakan dengan rakel, saat dikelupas pola stiker cuttingnya tetap menempel di backing paper. ganti masking tapenya dengan jenis kertas, ratakan, lalu angkat, maka stiker cutting akan terlepas dari backing papernya dengan mudah.

Namun bisa juga disebabkan kondisi masking tapenya. Ingat ingat, sudah berapa lama anda membeli masking tapenya. Kalau Anda termasuk orang yang suka menyimpan stok barang banyak, bisa jadi kondisi masking tape mengalami kerusakan saat disimpan. Usia masking tape seyogyanya tidak lebih dari enam bulan. Apalagi jika disimpan pada ruangan yang sering terkena panas matahari langsung.

Ganti Warna Bahan Stikernya

Ini yang tidak Anda ketahui secara mendalam. Meski Anda memiliki bahan stiker merek sama, belum tentu pengaturan pisaunya sama untuk semua warna. Pengalaman saya, ini terjadi pada bahan stiker jenis reflektif buatan Tiongkok.

Paling sering adalah warna hitam yang butuh tekanan jarum lebih dalam. Mengapa? Karena untuk menciptakan warna hitam pekat, pabrik bahan stiker memberikan material yang lebih padat. Berbeda dengan warna lain seperti kuning, putih dan lainnya.

Jadi Anda tidak bisa menggunakan pengaturan jarum yang sama untuk semua warna bahan meski satu merek. Tak ada yang paling tepat menyelesaikan vinyl yang cacat kecuali dengan tiga langkah yaitu tes, tes dan tes. Seberapa lamakah untuk melakukan langkah tes cutting? Tidak lama bukan? Daripada hasil cutting stiker cacat, Anda frustasi pembeli tak datang lagi.

Semoga bermanfaat...

Comments

Postingan Terpopuler

Mengenal Bahan Sticker Oracal dan Kegunaannya

cuttingstickerupdate - Oracal adalah bahan sticker berkualitas asli buatan Jerman. Di Indonesia, bahan vinyl ini paling banyak dipakai khususnya untuk mereka yang menerima jasa wrapping (bungkus) kendaraan.

Kelebihannya pada kelenturan bahan saat dipanaskan dengan heatgun serta ketahanan warnanya. Yuk kita kupas (buah kalee hehe) seri seri Oracal sesuai penggunaannya agar teman teman tidak salah pilih. Semua demi satu tujuan: kepuasan konsumen.



Seri 651 Merupakan bahan sticker Oracal kelas menengah (Intermediate Cal). Ada dua jenis yaitu gloss dan matt (doff). Biasa diaplikasikan untuk cutting sticker, wrapping kendaraan, pembuatan huruf pada papan nama dan sejenisnya.

Saya sendiri menggunakan jenis untuk untuk lapisan dasar pembuatan cutting sticker tumpuk karena konsumen biasanya ingin jika suatu saat stickernya akan dikelupas dan diganti desain baru tak akan kesulitan melepasnya. Jika lapisan bawah menggunakan scothclite (reflective) residu atau lem sisa akan menempel dan sulit mel…

Cutting Sticker untuk Pelat Nomor Kendaraan

cuttingstickerupdate - Pelat nomor kendaraan seharusnya menjadi salah satu pemasukan sobat yang membuka usaha cutting sticker. Bisa bekerja sama dengan sejumlah pembuat pelan nomor atau hanya membuka jasa cutting untuk nomor kendaraan.

Mesin cutting sticker tak harus digunakan hanya untuk membuat cutting sticker berupa gambar, logo atau tulisan. Lebih jauh dari itu, manfaatkan mesin cutting sticker Anda untuk hal lain yang juga menghasilkan uang.



Pernahkah Anda terlintas bahwa begitu banyak kendaraan lalu lalang di depan rumah, berseliweran di jalan raya, adalah target operasi. Asal jangan target buron karena kriminalitas hehe.

Perhatikan bahwa setiap kendaraan bermotor harus dilengkapi pelat nomor kendaraan yang dikeluarkan oleh Samsat. Memang ada yang memodifikasinya, entah itu ukuran pelatnya yang lebih kecil, bentuk huruf dan angkanya atau bentuk lain.

Pelat Nomor Lebih Rapi Namun aturan tetaplah aturan, jika ada yang melanggar pasti suatu saat kena batunya. Sepandai pandai bawa k…

Cara Setting Mesin Cutting Jinka Agar Presisi

cuttingstickerupdate - Mesin Cutting Jinka banyak penggunanya di Indonesia. Dan pabrikannya juga terus mengeluarkan seri seri terbaru. Namun demikian tak semua, khususnya yang baru membeli mesin cutting ini, bisa menghasilkan produk cutting sticker yang presisi.

Dari hasil browsing di Mbah Google, pertanyaan seperti: mengapa mesin cutting jinka saya tidak bisa memotong sempurna? apa penyebab mesin cutting jinka tidak presisi saat memotong dan pertanyaan serupa masih banyak diketikkan oleh para pengguna internet di Indonesia.

Tentunya mereka adalah para pemilik mesin cutting Jinka yang mengalami masalah hasil pemotongan dengan peralatan kerjanya.

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda bisa membuka artikel saya sebelumnya yang menguraikan beberapa hal penyebab hasil cuttingan tidak presisi.




Diantaranya karena holder yang yang kurang bersih atau sudah aus, kondisi pisau mesin cutting yang sudah tumpul, karena hasil editan yang kurang sempurna dalam artian terlalu banyak node yang membuat pis…

Cara Pasang Sticker Mobil Sendiri (Sistem Kering)

cuttingstickerupdate - Memasang sticker untuk mobil sering disebut banyak orang sebagai pekerjaan yang hanya bisa dilakukan ahlinya. Memang benar, segala sesuatunya sebaiknya diserahkan ke ahlinya.

Tetapi menurut saya, mengapa Anda tidak mencobanya? Paling tidak untuk mobil Anda sendiri? Yang pasti tak membutuhkan uang jasa pemasangan sticker, kan?

Kali ini saya menjelaskan cara memasang sticker ke mobil dengan sistem kering. Sistem kering adalah pemasangan tanpa bantuan air yang sudah dicampur shampoo. Oh ya, mungkin ada diantara Anda yang pernah mendengar istilah wrapping.

Wrapping artinya membungkus, jadi sama saja dengan pemasangan, namun lebih umum diartikan sebagai memasang sticker pada bidang yang lebih luas, bahkan bodi mobil secara utuh. Namanya juga membungkus.



Yang pasti, jika Anda bisa melakukannya sendiri akan muncul kebanggan. Dan Anda adalah salah satu orang yang berani mencoba. Wrapping mobil bagi pemula pasti merasakan sulitnya, meski tidak saya katakan tidak bisa. An…

Tutorial Lengkap Proses Membuat Cutting Sticker

cuttingstickerupdate - Membuat cutting sticker adalah pekerjaan yang membutuhkan ketelitian. Karena akan berpengaruh kepada hasilnya. Apalagi jika Anda menerima jasa pembuatan cuting sticker, ketelitian akan diperhatikan konsumen Anda.



Kali ini saya akan menjelaskan proses pembuatan cutting sticker dari awal hingga siap untuk dipasang. Usahakan baca dengan teliti, karena kalau terselip satu tahap sobat akan bingung. Maaf, tutorial ini untuk pemula, bukan tukang sticker profesional.

Membuat Cutting Sticker Logo Google Langkah 1 Buka Coreldraw, buka lembar kerja baru, lalu import logo Google yang sudah Anda download dari internet. Seperti tampak pada gambar 1 di atas.

Langkah 2 Karena mesin cutting sticker tak bisa membaca file berformat gambar seperti jpg, bmp dan sebagainya, Anda harus mengubahnya menjadi vector. Untuk gambar dengan gradiasi jelas seperti gambar hitam putih dapat Anda trace langsung menggunakan fasilitas trace bitmap di Coreldraw. Namun jika gambar banyak warna, apala…