Jenis Stiker untuk Akrilik Apa, Ya?

Pertanyaan seperti itu mungkin sudah puluhan kali saya dengar ketika masih aktif bermain stiker cutting. Jenis stiker untuk akrilik apa yang paling bagus?

Ya, bagi sebagian besar pengguna stiker, apalagi yang awam, ada yang berpikir untuk akrilik ada bahan stiker khususnya. Misalnya merek Anu khusus untuk akrilik.

jenis-stiker-untuk-akrilik
Salah satu contoh jenis stiker untuk akrilik seperti pada foto di atas. Foto - bintan wrapping

Saya rasa wajar apa yang menjadi pertanyaan atau apa yang tersimpan dalam benak. Sebab mereka datang ke tempat tukang stiker pasti ingin mendapatkan hasil yang bagus.

Masa iya sih baru dipasangi stiker seminggu kemudian tulisannya pada lepas. Entan kena angin atau hujan. Kalau akibat hujan masih mendinganlah, sementara kalau kena angin saja lepas, wadow...

Jenis Stiker untuk Akrilik

Berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami, dan saya rasa juga pengalaman teman-teman yang menggeluti urusan stiker. Sebenarnya semua bahan stiker juga bisa dipakai untuk menempel akrilik.

Beberapa merek yang dipastikan bisa nempel seperti Romeo dan Juliet pada media akrilik adalah sebagai berikut.

Oracal

Jika akrilik tadi hanya dijadikan papan satu muka, seumpama papan tulis, maka cukup dengan menggunakan Oracal 651 semua warna. Iya, semua warnanya bisa diaplikasikan di akrilik.

Sementara untuk akrilik yang akan dijadikan media neon box, gunakan Oracal 5300 untuk yang dapat dipadukan dengan 5800. Uraian tentang Oracal bisa baca di artikel ini.

3M

Jika ingin mendapatkan kesan menyapa saat terkena sinar, Anda bisa menggunakan merek 3M Seri 610. 

Avery Dennison

Bahan stiker buatan Amerika ini juga dapat dijamin untuk dipasang di permukaan akrilik.

Kiwalite

Keteranganya hampir sama dengan poin 3M di atas. Produk ini juga banyak sekali jenis dan pilihan. Jika Anda memiliki stok di toko, gunakan sebagai jawaban jika ada yang bertanya: jenis stiker untuk akrilik apa ya yang terbaik?

Selain merek merek premium di atas, Anda juga sah-sah saja menggunakan bahan merek lain. Produk China misalnya, ada juga yang bagus.

Syarat Pemasangan Stiker untuk Akrilik

Pertama sekali, Anda harus memastikan jika permukaan akriliknya benar-benar bersih. Besihkan dengan menggunakan air yang sudah dicampuri sabun untuk memberihkannya.

Atau jika memiliki cairan pembersih kaca, boleh juga dipakai. Gunanya agar permukaan akrilik benar-benar mengkilap dan membuat lem bahan stiker menempel kuat.

Kedua, pasang sedikit demi sedikit. Ini untuk sistem kering, jangan langsung dibuka semua backing paper stikernya. Apalagi jika ukurannya besar, bisa-bisa antar bagian stiker bersentuhan dan itu berarti tusak.

Ketiga, gunakan air yang sudah dicampur sabun. Ini untuk pemasangan sistem basah. Gunakan sistem ini untuk pola atau desain yang besar.

Keempat, hindari gelembung yang terjebak pada stiker. Karenanya masuk pada keterangan ini ialah gunakan rakel atau kape atau bahasa sononya squeeze.

Demikian penjelasan tentang jenis stiker untuk akrilik dan cara pasangnya. ***

0 Response to "Jenis Stiker untuk Akrilik Apa, Ya?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel