Di IKN Wajib Mobil Listrik, Bagaimana Mobil Kepresidenan?

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur dirancang sebagai lingkungan yang ramah lingkungan. Karena hal itu, kelak suatu saat jika pembangunannya rampung, yang berseliweran adalah mobil listrik.

Kebijakan ini diambil agar suasana alam di IKN Nusantara tetap segar dan membuat betah manusia yang ada di dalamnya.

mobil-listrik-ikn-nusantara-98676yhu
Foto - instagram @ikn_id

Nah, pertanyaannya ialah, bagaimana dengan mobil kepresidenan?

Untuk diketahui, mobil kepresidenan Republik Indonesia saat ini menggunakan produk Mercedes-Benz S 600 Guard. Ini merupakan mobil bermesin pembakaran yang dipakai oleh Presiden Joko Widodo.

Mobil ini dibuat dan dirancang secara khusus sebagai kendaraan kepresidenan. Meski anti peluru, namun belum termasuk mobil listrik.

Mengenai kemungkinan Mecedes-Benz akan menyuplai mobil kepresidenan di IKN Nusantara, disampaikan oleh Deputy Director Sales Operations & Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), Kariyanto Hardjosoemarto.

Kariyanto mengatakan Mercedes-Benz belum memproduksi mobil listrik dengan spesifikasi sebagai mobil kepresidenan. Jadi, hal itu belum bisa jika untuk saat ini.

Pihaknya akan mencoba menawarkan mobil listrik di IKN, namun bukan untuk jenis mobil kepresidenan. Karena untuk mobil kepresidenan kan ada requirements (persyaratan) tersendiri soal faktor safety-nya, security-nya, harus antipeluru dan lain sebagainya, yang mana kalau sekarang EQS belum ada yang antipeluru.

Sepengerahuannya, mobil listrik yang lain pun belum ada yang istilahnya antipeluru. 

"Tapi nanti by the time misalnya IKN udah pindah ya siapa tahu," kata Kariyanto kepada wartawan di Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Pihaknya juga tak menginginkan segmen tersebut tak tergarap. Apalagi selama ini Mercerdes-Benz memang memiliki divisi khusus, mobil guard, yang antipeluru dan selalu menyuplai ke kepala-kepala negara di dunia, pejabat-pejabat VIP dan sebagainya.

Kariyanto lantas menyebutkan, di Jerman sendiri EQS yang bullet proof saat ini belum ada. Saat ini memang belum, namun mungkin ke depan ada EQS ini jadi mobil kepresidenan.

Nah, kalian harus tahu jika Mercedes-Benz Indonesia memiliki rencana memasarkan mobil listrik EQS. 

Namanya juga buatan Mercedes-Benz, harganya juga lumayan. Diperkirakan bisa dibeli dengan harga di atas Rp2,5 miliar. Dalam versi global, Mercedes-Benz EQS hadir dalam dua tipe, yakni model EQS 450+ dan EQS 580 4MATIC, dengan output tenaga hingga 516 dk.

Bicara mobil listrik pasti bicara baterei sebagai sumber tenaganya. Kabarnya, Mercedes-Benz EQS ini diklaim bisa menempuh jarak sejauh 770 km saat pengujian Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP).

Pabrikan Jerman ini juga menyebut mobil ini mampu menempuh perjalanan Munchen - Berlin tanpa istirahat. Jarak antara dua tempat tersebut setara dengan Surabaya ke Jakarta.

Sementara itu, melansir Instagram @ikn_id, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan Ibu Kota Nusantara akan menerapkan sistem transportasi cerdas (Intelligent Transport System).

Hal itu diungkapkannya dalam webinar Intelligent Transport System (ITS) dengan tema Merancang Transportasi Cerdas di Ibu Kota Nusantara, Kamis (14/7/2022).

Ia menjelaskan dalam pengembangan sistem transportasi cerdas di IKN terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan. 

Pertama, integrasi dengan rencana induk transportasi, lalu sistem yang dikembangkan harus mampu menjawab tantangan teknologi transportasi di masa depan. Terakhir, teknologi yang dikembangkan harus sesuai kapasitas institusi yang menjalankannya.

Bambang mengatakan, ITS Indonesia dapat berperan besar dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara, terutama di bidang investasi, pengetahuan dan jaringan.

Dalam rencana induk, angkutan umum menjadi tulang punggung mobilitas IKN. Terdapat empat koridor transportasi yakni koridor regional menggunakan kereta regional dan juga tol, koridor primer dengan kereta dalam kota, koridor sekunder menggunakan Bus Rapid Transit (BRT) listrik, serta koridor tersier menggunakan kendaraan listrik otonom, sepeda, dan bus feeder. ***

0 Response to " Di IKN Wajib Mobil Listrik, Bagaimana Mobil Kepresidenan?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel