Cara Reset Printer Canon 287 Error 287

cara-reset-printer-canon-287

Sedang diburu tugas namun alat mencetak yang ada di rumah bermasalah? Jika kalian membutuhkan informasi cara reset printer Canon 287, lanjutkan membaca artikel ini.

Cara reset printer Canon 287 menjadi solusi yang paling banyak dicari pemiliknya. Karena printer ini memang multifungsi.

Banyak orang membeli printer yang memiliki nama lengkap Epson MP 287 ini. Salah satu alasannya, alat ini bisa digunakan untuk mencetak, mengkopi sekaligus sebagai scanner.

Dengan kemampuannya tersebut, pasti banyak yang tertarik. Dibandingkan harus membeli printer sendiri, mesin fotokopi sendiri dan scanner secara terpisah.

Masa Pakai Printer

Tahukah kalian jika printer yang kalian beli dari toko sudah diseting soal masa pakainya?

Ya, benar, printer memiliki masa pakainya. Pada saat mencapai jumlah cetakan maksimum, maka penghitung penyerap tinta secara otomatis akan memberikan kode kesalahan. 

Saat printer kalian berada dalam kondisi seperti ini, maka kalian tak akan bisa mencetak.

Meski perintah untuk mencetak diberikan, printer tidak bisa mencetak layar dan akan ada pesan pada monitor.

Tampilan pesannya berbunyi: Waste Ink Absorber Full. Peringatan ini disertai lampu pada panel printer berkedip bergantian.

Serta masih ada penanda lain, yakni display mini LCD akan keluar kode E08. Itu artinya printer Canon MP 287 kalian error.

Cara Reset Printer Canon 287 Error 287

Jangan berpikiran printer kalian sudah saatnya dipensiunkan. Masih bisa diselamatkan dengan bantuan software.

Yang dibutuhkan ialah software resetter atau service tool. Software ini memiliki kegunaan mereset atau menghapus file histori pengeprinan yang telah dilakukan dan tersimpan pada IC Eeprom pada motherboard printer.

1. Cara Manual

Jika memilih cara manual, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Matikan terlebih dahulu Canon MP287 seperti biasa, tanpa mencabut kabel listrik
  • Tekan serta Tahan tombol STOP/RESET, kemudian tekan dan tahan juga tombol power on/off sehingga kedua tombol ini ditekan.
  • Setelah lampu pada panel menyala, lepaskan tombol Stop/Reset, akan tetapi jangan melepas dulu tombol powernya.
  • Kemudian setelah tombol stop/reset dilepas, segera pencet-pencet tombol tersebut sebanyak 6x dan pada hitungan ke 6 lepaskan juga tombol power on/off nya
  • Apabila tombol power menyala hijau, display mini lcd akan blank gelap serta pada layar monitor pc/laptop terdeteksi adanya hardware baru, berarti printer sudah dalam keadaan mode servis (service Mode) dan sudah siap untuk dilakukan reset menggunakan software.

Yang harus diperhatikan dengan cara ini ialah, bila printer tidak dapat masuk ke service mode, ada dua kemungkinan yaitu catrid rusak atau IC Eeprom yang telah rusak.

2. Menggunakan Resetter

Cara kedua yang bisa kalian coba mengatasi printer Canon 287 Error 287 ialah menggunakan resetter.

Kita asumsikan kalian sudah menginstal resetter ini pada komputer kalian. Untuk softwarenya silakan diunduh dari internet.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Jalankan Resetter Printer Canon MP287
  • Pada aplikasi yang terbuka pilih menu Clear ink counter serta pada sub menu Absorber pilih Main, selanjutnya klik Set, maka printer akan mencetak satu lembar yang berisi keterangan bahwa IC Counter sudah nol (D=000.0)
  • Pada menu dibawahnya juga sama ink absorber counter pilih main dan klik set pada kotak disebelah kanan.
  • Langkah terakhir yaitu klik tombol Eeprom (posisinya ada diatas)
  • Matikan dan nyalakan printer kembali.

Demikianlah sobat, semoga artikel Cara Reset Printer Canon 287 Error 287 ini menambah pengetahuan kita bersama. Kalian juga bisa membaca artikel Cara Mereset Printer Epson L3110 di sini. ***

0 Response to "Cara Reset Printer Canon 287 Error 287"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel