Cara Membuat Stiker Mobil Sendiri (Cutting)

cara-membuat-stiker-mobil-sendiri-1


Pernah melihat sebuah mobil dengan stripping pada bodi kanan kirinya? Bagaimana ya cara membuat stiker mobil sendiri seperti itu?

Jika kalian sudah mengetahui teknik membuat objek atau desain sederhana dengan CorelDraw, sebenarnya kalian sudah tahu cara membuat stiker mobil sendiri.

Apalagi jika kalian juga menguasai teknik pemasangan stiker pada kendaraan. Maka pengeluaran yang kalian gelontorkan tak sebesar jika semuanya itu dikerjakan orang lain. Stiker mobil pun bisa dibuat dengan harga lebih murah.

Cara Membuat Stiker Mobil Sendiri Teknik Cutting

Artikel ini hanya membahas pembuatan stiker cutting. Mohon jangan kirimkan pertanyaan ke WA atau email saya tentang pengertiannya.

Sebab dalam blog ini saya sudah beberapa kali mengunggah artikel tentang stiker cutting dan stiker printing.

Untuk membuatnya, silakan kalian baca penjelasan di bawah ini secara seksama.

1. Taruh Foto Mobil di Layar Komputer

cara-membuat-stiker-mobil-sendiri-2

Terserah, apakah kalian mau menggunakan CorelDraw atau Adobe Photoshop, itu tergantung kebiasaan kalian.

Misalnya yang mau dibuatkan stiker stripping bodi kanan kiri adalah Honda Jazz. Kalian bisa mengambil foto mobil orang yang memesan stiker.

Cara pengambilan fotonya harus persis dari samping, boleh kanan atau kiri. Transfer ke komputer lalu bukalah di program grafis.

2. Mulai Mendesain

cara-membuat-stiker-mobil-sendiri-3

Kuncilah foto tadi agar tidak bergerak-gerak ketika tak sengaja kursor kalian melakukan drag. 

Cara melakukan kuncian objek di CorelDraw silakan kalian cari referensinya di internet. Banyak yang menuliskan hal itu.

Silakan mengeksplore desain sesuai kebutuhan. Boleh hanya garis-garis atau ditambah lengkung. Bisa juga ditambahi tulisan. Kalian juga bisa membuat desain stiker motor dengan CorelDraw.

Oh, ya, kalian harus paham jika stripping pada sisi kanan dan kiri mobil berbeda. Penjelasannya yang paling mudah ialah, jika pada bodi kanan kalian ingin memasang stiker gambar kalajengking dengan arah kepala ke kanan,

Maka pada bodi kiri bentuknya harus kalian ubah dengan cara dibalik atau dimirror. Hal ini tidak berlaku di tulisan atau huruf, sebab pasti salah satu ada yang jadi terbalik tulisannya. Kecuali konsumen menghendakinya.

3. Ketahui Wheelbase Mobil Sesungguhnya

cara-membuat-stiker-mobil-sendiri-4

Pada tahap nomor dua, kalian sudah memiliki desain stiker yang akan dicutting dan dipasang pada bodi mobil bagian kanan dan kiri.

Apakah bisa langsung dopotong menggunakan mesin cutting sticker? Belum. Mengapa? Karena ukurannya belum diseting.

Bisa jadi desainmu terlalu kecil atau bahkan terlalu besar. Kuncinya ada di wheelbase, yaitu jarak antara pusat roda depan dengan pusat roda belakang. 

Untuk kendaraan bermotor roda 4 alias mobil yang dimaksud jarak sumbu roda adalah jarak horisontal dari sentral rotasi roda belakang dan roda depan.

Silakan kalian ukur menggunakan penggaris yang biasa dipakai tukang bangunan biar lurus. Ambil as roda depan sebagai ririk awal, lalu tarik menuju as roda belakang atau sebaliknya.

Sebagai contoh, wheelbase Jazz Hatchback 5 penumpang adalah 2530 milimeter.

4. Samakan Desain dengan Ukuran Sebenarnya

mengukur-wheelbase-mobil

Nah, kalian tinggal menarik wheelbase mobil yang ada di desain hingga angkanya 2530 milimeter.

Kalau kurang sekian milimeter masih bisa dimaklumi, namun kalau bedanya sampai dua atau lima centimeter berarti teknik kalian harus diperbaiki.

5. Potong dengan Mesin Cutting Sticker

Karena ukuran wheelbase desain kalian sudah sama dengan ukuran wheelbase aslinya, maka desain yang dibuat sudah bisa dipotong.

Untuk teknik memotong ini juga ada caranya khusus agar bahan kalian tidak terlalu banyak terbuang. Meski harganya sudah kalian bebankan ke pelanggan, kalau mereka dapat lebih murah sedikit kan pasti senang.

Langkah terakhir ialah pemasangan. Jika kalian tak yakin, serahkan saja sama ahlinya. Demikian artikel tentang cara membuat stiker mobil sendiri.

Semoga memberikan manfaat.***

0 Response to "Cara Membuat Stiker Mobil Sendiri (Cutting)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel