Lampu Hias Paralon atau PVC Karya Niki NTT yang Viral

lampu-hasi-paralon-1

Lampu Hias Paralon atau PVC adalah bentuk kerajinan tangan yang membutuhkan kesabaran. Proses pembuatannya yang tidak semua orang mau melakukannya. Karananya, hanya yang hebat bisa melakukannya.

Salah satunya Niki, penduduk Nusa Tenggara Timur yang menekuni usaha lampu hias paralon. Semasa pandemi, ia mengaku mamaksimalkan usahanya. Salah satu yang digunakan ialah pemasaran melalui cara online atau daring.

Lampu hias PVC yang dibuat Niki memiliki desain beragam. Dari siluet wajah, pemandangan hingga ornamen seperti kaligrafi. Bahkan tidak sedikit yang memesan logo.

lampu-hasi-paralon-3

Jika sudah menjadi lampu hias dan dinyalakan malam hari, pasti nggak ada yang menyangka jika bahan dasarnya adalah paralon. Ya, paralon yang lebih dikenal sebagai pipa untuk pembangunan sebuah rumah atau gedung.

Di tangan orang terampil, maka lampu hias paralon dapat diciptakan. Untuk memberi kesan wah, lampu yang digunakan di dalamnya sengaja dipilih yang berwarna-warni.

Setiap bentuk desain yang berbeda pasti memiliki tingkat kerumitan yang berbeda saat mengerjakannya. Niki menggunakan mini gerinda untuk mengukir mili demi mili desain yang sudah dibuatkan sekatsanya pada permukaan paralon yang berwarna putih.

lampu-hasi-paralon-4

Membentuk garis lengkung atau sudut membutuhkan kehati-hatian sebab Niki harus mengerahkan tenaga lebih banyak untuk membuat mata mini gerindanya belok di tengah proses.

Jika tidak hati-hati maka akan membentuk garis atau goresan yang salah. Dan ini tak bisa diulang lagi, mengingat jika disorot lampu dari dalam maka goresan yang salah akan tetap terlihat.

Jika semua desain atau pola sudah diukir, apakah pekerjaan membuat lampu hias paralon selesai? Belum, karena masih harus menghaluskan bekas potongan mata pisau mini gerindanya.

Ada serabut PVC yang tertinggal di sekitar menancapnya mata mini gerinda. Dan ini hanya bisa disempurnakan dengan bantuan kertas kasar yang banyak dijual di toko bahan bangunan untuk menghaluskan permukaan paralon.

lampu-hias-paralon-2

Bahkan jika mata mini gerindanya harus tembus ke dalam, maka pembersihan serabut juga harus dilakukan pada bagian dalam paralon. 

Pelanggan Niki beragam profesinya, dari warga biasa hingga pejabat. Ada yang memesan hanya untuk dipasang di rumah sebagai hiasan. Ada juga yang dijadikan cinderamata bagi seseorang laksana kado dan bingkisan lain.

Jika kalian ingin memesan lampu hias paralon atau PVC ke Niki, klik saja tautan berikut. ***

0 Response to "Lampu Hias Paralon atau PVC Karya Niki NTT yang Viral"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel