Teknik Memasang Masking Tape Manual

masking-tape-teknik-pasangnya

Masking tape adalah plastik bening yang wajib ada jika kalian tukang pasang stiker cutting.

Biasanya masking tape dijual dalam bentuk gulungan atau rol. Pada umumnya lebarnya dari pabrik 60 centimeter dengan panjang kurang lebih 90 meter.

Namun belakangan ini muncul masking tape dengan panjang separoh dari produk pertamanya, yakni hanya 50 meter.

Selain panjangnya yang bisa dipilih, lebar masking tape di pasaran juga beragam. Ada yang lebarnya hanya 5 centimeter, 10 centimeter, 20 centimeter, 30 centimeter hingga 60 centimeter.

Untuk pertanyaan yang banyak masuk ke cuttingstickerupdate.com tentang ukuran mana yang paling tepat? Jawabannya tergantung kebutuhannya. Jadi harus pas memilih masking tape.

Misalnya kalian banyak memasang tulisan pada papan nama, mungkin harus memiliki masking tape dengan lebar 5 centimeter, 10 centimeter hingga 20 centimeter.

Penjelasannya seperti ini, untuk masking tape dengan lebar 20 centimeter bisa dijadikan media pengangkat stiker cutting yang tinggi hurufnya 17 sampai 20 centimeter.

Untuk tulisan yang tingginya lebih rendah, gunakan saja masking tape yang lebarnya mencukupi.

Jangan memaksakan menggunakan masking tape dengan lebar yang terlalu kecil untuk ukuran tinggi huruf yang lebih besar.

Mengapa demikian? Karena tidak semua huruf bisa diperlakukan sama saat diangkat dengan masking tape untuk dipasang di media yang sudah disiapkan.

Teknik Memasang Masking Tape Manual

Untuk mendapatkan hasil stiker cutting yang menempel sempurna, proses sebelumnya yakni pemasangan masking tape sangat menentukan.

Bila pemasangan masking tape pada stiker cutting rata dan lurus, maka seharusnya stiker cutting yang dipindahkan dari backing paper ke medianya akan tertempel rapi.

Namun bila saat pemasangan masking tapenya berantakan, ada banyak gelembung serta sambungan, ya maklum saja kalau hasilnya kurang memuaskan.

Celakanya jika yang tidak puas adalah pelanggan, bisa muncul penyesalan di kelak kemudian hari. Seperti itulah penyesalan, selalu datangnya belakangan.

Sebab kalau munculnya di depan namanya bukan penyesalan, melainkan pendaftaran hihihi (jangan serius banget bosss).

Karena memegang peranan yang sangat penting terhadap hasil akhir pemasangan stiker cutting, sebaiknya kalian yang baru belajar stiker memperhatikan hal-hal di bawah ini.

1. Tentukan Lebar Masking Tape

Sudah disinggung di atas, semoga nggak tersinggung hehe. Pastikan lebar masking tape yang akan digunakan sesuai dengan keseluruhan stiker cutting yang akan dilapisi.

Kalau memang terpaksa, nggak ada salahnya menimpa antar tepi masking tape jika ukuran stikernya terlalu lebar.

Sebagai contoh kalian hanya memiliki masking tape dengan lebar 15 centimeter, sementara tinggi huruf yang akan dipasang 25 centimeter. 

Masking saja setengah tinggi huruf, lalu separohnya lagi pasang dengan cara yang sama. Otomatis yang tengah akan ada pertemuan antar tepi masking tape.

2. Jangan Sendiri

Sumpah ini bukan urusan takut atau sejenisnya. Lha wong cuma masking tape saja kok takut sendiri. Selain itu juga belum pernah kita dengar ada hantu menyerupai masking tape hehehe.

Kalau hanya memasang masking tape untuk stiker cutting ukuran kecil seperti 10 x 30 cantimeter, sendiri ya harus berani. Kalau nggak berani bawa cutter.

Kalau cutter nggak cukup membuat kalian pemberani sekalian bawa serta hotgunnya. Kalau ada yang macam-macam keluarkan cutter atau hotgun.

Ngeeeeng ngng....ng.... maka uap panas aka menyembur dari moncong hotgun.

Minta tolong teman jika media yang akan dipasangi masking tape cukup lebar. Percayalah seorang teman akan terasa betapoa berharganya dia saat-saat kalian menghadapi kondisi seperti ini.

3. Jangan Boros

Ingat, hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai. Hematlah biar menjad kaya, jangan boros. Kaya hati maksudnya boss...

Biar nggak membuang masking tape sia-sia, coba kalian balik posisi masking tape. Di atas permukaan lantai atau meja atau apapun tempat meletakkan stiker cutting, tarik masking tape dengan posisi yang berperekat di atas.


Satu orang menarik atau melepasnya dari gulungan, seorang lagi memegang gulungan masking tapenya. Apakah kira-kira penjangnya menutupi semua lebar stiker cutting di bawahnya?

Selanjutnya potonglah masking tape menggunakan pisau dapur hihihihi. Bisa keriting semua ujung masking tapenya nanti. Yup, pakai pisau cutter.

4. Pasang Masking Tape Bukan Tarik Tambang

Saatnya memasang masking tape yang sudah dipotong ke permukaan stiker cutting yang ada di bawahnya. Pertama baliklah posisinya, sehingga sekarang masking tape yang berperekat menghadap ke bawah.

Di posisi ini hati-hati, jangan sampai masking tape terjatuh ke bawah. Kalau itu terjadi dan dengan entengnya plastik berperekat ini berciuman dengan permukaan stiker cutting, haiyaa.....

Satu orang memagang kedua ujung masking tape, lalu seorang lagi juga memegang kedua ujung yang lain. Usahakan menariknya setara sehingga permukaan masking tape tampak rata.

Jangan karena yang satu badannya gede lalu menariknya kuat-kuat, bisa-bisa temannya njerungup wajahnya ke masking tape.

5. Satu di Bawah Satu di Atas

Ups jangan parno ya, jangan ngeres. Ini soal pemasangan masking tape.

Ketika yakin sudah siap untuk dipasangkan, salah satu dari dua orang menempelkan masking tape ke permukaan stiker cutting. 

Berulah diikuti oleh teman satunya dengan meletakkannya pelan-pelan. Asalkan orang pertama meletakkan masking tape dengan sempurna, maka tugas orang kedua lebih ringan.

Namun ada juga teknik meletakkan masking tape ke permukaan stiker cutting bersmaan antara empat sudut.

Demikian artikel Teknik Memasang Masking Tape Manual ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan secepat-cepatnya. Semoga bermanfaat ya gaes (ben koyok youtuber kae bro). ***

0 Response to "Teknik Memasang Masking Tape Manual"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel