Cara Membuat Stiker Scotlite Manual

membuat-cutting-stiker-scotlite-manual

Cara membuat stiker scotlite manual adalah teknik tanpa menggunakan mesin cutting. Teknik ini sudah dilakukan tukang stiker zaman old, mungkin puluhan tahu lalu ketika mesin cutting belum dibuat.

Atau ada mesin cutting tetapi masih terbatas orang bule yang menggunakannya. Tetapi sebenarnya cara membuat stiker scotlite manual sudah dilakukan sejak dahulu.

Mengingat teknologinya adalah tangan dan peralatan sederhana, maka hasil karyanya kebanyakan di bentuk tulisan. Bukankah kaca-kaca mobil pada zaman dahulu juga sudah dihiasi stiker cutting. Dan itu buatan tangan.

Alat Pemotong Stiker Manual

Berdasarkan penjelasan seorang tukang stiker yang tinggal di Tanjungpinang, Pak Edy yang mengelola Cahaya Variasi, pada zaman ia muda kebanyakan tukang stiker hanya bermodalkan gunting.

Gunting ini digunakan untuk membentuk huruf atau bentuk lain yang sederhana. Ia dan para pemain stiker zaman dahulu terbantu karena di bagian belakang bahan stiker ada kotak-kotaknya. Hingga sekarang backing paper atau release paper juga masih mempertahankan bentuk kotak-kotak. Ada yang dibuat per centimeter, per 10 centimeter dan ukuran lainnya.

Berpedoman pada kotak-kotak itulah tukang stiker cutting tempe dulu menerima orderan stiker. Meski hanya menggunakan gunting namun mereka mampu membuat beberapa jenis font yang berbeda-beda, karena terbiasa. Usaha dan kreativitas mereka harus dihargai dibandingkan ketika dibuat dengan mesin cutting stikcker.

Membuat Tulisan dari Skotlet

Cara membuat stiker scotlite manual berupa tulisan sebenarnya sangat sederhana. Kalian di zaman sekarang juga masih bisa menggunakannya. 

Langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Tentukan dahulu tinggi huruf yang dipesan oleh konsumen.
  • Potong skotet atau scotlite sesuai tinggi yang dipesan konsumen. Justru tanpa mesin kalian bisa memotongnya pas di ukuran. Kalau pakai mesin cutting, butuh jarak minimal satu centimeter untuk penjepit bahan di roller mesin.
  • Potong-potong lebar per huruf tadi sesuai lebarnya. Caranya hitung dahulu ada berapa huruf yang sama. Untuk lebar huruf pasti tak akan sama, misalnya huruf W sudah pasti lebih lebar ketimbang huruf U, S atau N dan sebagainya.
  • Gunakan pedoman ukuran kotak-kotak pada backing paper atau release paper untuk membentuk pola.
  • Untuk huruf yang sama, tumpuk jadi satu lali gunting bersamaan.
  • Berikutnya susunlah sesuai rangkaian katanya di media yang diminta. Biasanya zaman dahulu yang masang ya tukang stikernya, bukan pemesan.

Kertas Stiker Scotlite

Bahan atau material yang digunakan pada zaman itu belumlah sebanyak yang kita kenal sekarang ini. Kala itu hanya ada satu merek yaitu DC Fix. Hebatnya, produk ini masih diproduksi hingga hari ini.

Meski banyak pesaing merek scotlite namun tidak sedikit yang masih fanatik dan menjadi penggemar bahan merek ini.

"Zaman dulu adanya DC Fix, itu sudah bagus. Nyatanya dibandingkan dengan bahan merek lain yang lebarnya sama, DC Fix masih lebih awet warnanya," jelas Pak Edy.

Sekarang Lebih Keren

Zaman sekarang masih ada tukang stiker yang memang menggeluti pembuatan cutting stiker scotlite manual. Kalau kalian membuka Youtube dan memasukkan kata kunci yang tepat, maka akan banyak diupload video berisi kreasi cutting sticker manual.

Bukan lagi mengandalkan gunting, justru anak-anak muda yang kreatif memanfaatkan piasu cutting stiker. Dengan pisau sebenarya bentuk yang dihasilkan bisa lebih beragam. Apalagi bahan juga semakin mudah didapatkan, baik yang harganya murah, sedang atau mahal.

Orang-orang yang mampu mengerjakan cutting stiker manual ini jelas memiliki perasaan seni yang tinggi. Mereka peka dengan apa yang akan dibuatnya. Dengan keyakinan dan rasa seni, mereka mahir menggores, memotong, menempel, menumpuk dan memasangnya di kendaraan.

Beberapa link berikut ini adalah video tentang bagaimana kerennya pembuatan cutting stiker manual:

Link 1 : Stiker cutting manual kepala truk colt diesel dari FA Official

Link 2: Seperti ini cara membuat cutting sticker manual dari Cutting Manual82

Link 3: Free hand cutting sticker Mane Project

Dari video di atas, kalian juga bisa menyaksikan bentuk stiker cutting yang dihasilkan juga membuat banyak orang kagum. Bukan lagi pola yang sederhana, melainkan sudah berani menyentuh desain yang rumit. Bravo buat tukang stiker manual di Indonesia.

Demikian sobat penjelasa singkat tentang Cara membuat stiker scotlite manual. Semoga bermanfaat. ***

Sumber foto: tangkapan layar youtube/fa official


0 Response to "Cara Membuat Stiker Scotlite Manual"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel