Tool Coreldraw untuk Tukang Sticker Pemula

coreldraw
Coreldraw merupakan program grafis yang sangat populer. Tak hanya di Indonesia, aplikasi ini juga populer di seluruh dunia. Tak heran ya sobat, jika program ini selalu diperbarui hingga versi terbaru.

Membuat cutting sticker sebenarnya tak harus menggunakan Coreldraw. Ada aplikasi lain yang bisa digunakan, seperti Flexi Sign dan ArtCut. Bahkan banyak mesin cutting yang bisa dioperasikan dengan Photoshop.

Namun harus diakui, Coreldraw yang paling banyak digunakan sehingga pabrikan mesin cutting berlomba. Yang saya maksudkan berlomba menciptakan mesin cutting yang bisa potong langsung dari aplikasi ini.

Sebut saja Silhouette Cameo 3 yang selain bisa digunakan menggunakan Silhouette Studio juga bisa lewat Corel Connect. Fitur ini bahkan ada yang menjualnya secara terpisah.

Lalu ada Jinka, mesin cutting sejuta umat. Pada seri Jinka Pro, mesin ini juga dilengkapi fitur Corel Connect. Hal tersebut menandakan jika Coreldraw menjadi program grafis populer di kalangan tukang sticker.

Tool Coreldraw yang Wajib Dikuasai

Sama seperti pogram grafis atau proggram komputer lainnya, Coreldraw juga memiliki banyak tools yang masing-masing memiliki kegunaan berbeda.

Bagi tukang sticker cutting pemula tak usah khawatir, untuk bisa mengoperasikan mesin cutting dengan Coreldraw hanya butuh beberapa saja.

Baca uraian saya di bawah ini agar sobat bisa memahaminya.

Pick Tool

pick tool coreldraw
Adalah tool untuk memilih objek, memiringkan, memutar dan lebih banyak lagi. Ini menurut saya tool utama. Jika ingin melakukan perubahan terhadap suatu objek, maka objek tersebut harus diseleksi dahulu menggunakan Pick Tool.

Kegunaan lain yang mutlak harus dikuasai ialah, dengan tool ini sobat bisa mengatur warna outline dan warna dalam sebuah objek.

Misalnya sobat akan membuat gambar kotak warna merah dengan garis luar (outline) biru, langkah awal buatlah kotak. Masih dalam kondisi kotak terseleksi, klik palet warna di bawah atau samping kanan (default).

Ada dua fungsi, klik warna dengan klik kiri mouse adalah memasukkan warna solid di dalam objek. Coba klik warna merah, maka kotak akan berwarna merah.

Jika menggunakan klik kanan mouse, itu artinya sobat akan menambahkan outline atau garis luar. Cobalah klik kanan warna biru maka kotak berwarna merah tadi sudah ada outline birunya.

Text Tool

Dilambangkan dengan ikon huruf A besar. Gunanya untuk menambahkan teks atau huruf pada desain. Lengkapnya, kegunaan Text Tool adalah membuat huruf lepas, paragraf dan mengedit huruf seperti memberikan warna dan mengatur ukuran huruf.

Freehand Tool

Tool ini ada di sebelah kiri layar (default) dengan ikon tanda plus (+) dan seperti ombak di bawahnya. Tool ini memiliki dua fitur unggulan yaitu Freehand dan Pen.

Freehand untuk membuat garis lurus yang bisa disambungkan antar node. Sementara Pen digunakan jika ingin membuat desain yang memiliki lengkungan.

Pada dasarnya fungsinya tak berubah meski beda versi. Baik di croreldraw 2019, coreldraw 2018, coreldraw2020 kalau menemukan Freehand Tool fungsinya seperti yang saya sampaikan.

Rectangle Tools

Tool ini untuk membuat kotak, baik bujursangkar atau persegi panjang. fungsi ini akan dipakai misalnya ada orang minta dibuatkan sticker cutting nama toko minta dibuatkan garis di luarnya.

Ellipse Tool

Tool ini ditandai dengan ikon berbentuk lingkaran. Gunanya, sesuai namanya untuk membuat lingkaran. Ada lingkaran yang dibuat simteris, lonjong, oval dan sebagainya. 

Interactive Contour Tool

Dengan tool ini sobat bisa dengan mudah membuat sticker cutting yang hanya menyisakan garis luar. Bagian dalamnya dibuang, sehingga kalau dipasang maka warna bagian tengah mengikuti warga media yang ditempel.

Outline Tool

tool outline coreldraw
Bagi sebagian besar mesin cutting China, sistemnya hanya mampu membaca garis. Kalau sobat mengimport gambar bola ke tengah layar Coreldraw lalu mengatur ukurannya dan diberi perintah cutting, tak terjadi apa-apa.

Namun coba pakai Ellipse Tool lalu tirulah ukuran bola tadi. Hapus foto bolanya sehingga menyiusakan outline berbentuk lingkaran. Silakan beri perintah ke mesin cutting untuk memotong.

Dan hasilnya.... nggak mau jalan hehe. Kalau seperti ini biasanya sobat harus mengatur agar tebal outline tadi setipis rambut atau Hairline. Barulah mesin akan bekerja.

Semua tool yang saya sebutkan di atas ada di Toolbox ya sobat. Ada lagi menu-menu Coreldraw yang penting. Misalnya File dengan fungsi membuat file baru, menyimpan.

Lalu Arrange untuk fungsi Break Artistic Text. Fungsi ini mampu memisah-misah antar kata juga antar huruf. Misalnya ada yang pesan sticker Aku Memang Keran dengan dua jenis font.

Font pertama dan kata ketiga sama, sementara kata kedua berbeda. Kalau nggak dipisahkan, semuanya akan mengikuti perintah.

Saya rasa tool Coreldraw di atas sudah cukup sebagai bekal bagi sobat membuka usaha cutting sticker. Akan banyak tool lain yang silakan dieksplore sendiri dengan coba-coba.

Semoga bermanfaat apa yang saya sampaikan tentang tool andalan tukang cutting di Coreldraw. ***


0 Response to "Tool Coreldraw untuk Tukang Sticker Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel