Membuat File Cutting Pelat Nomor Kendaraan di CorelDraw

cuttingstickerupdate - Selamat pagi, siang, malam sobat sticker. Topik terkait pelat nomor kendaraan rupanya masih menduduki trending di blog ini, yang saya lihat dari Google Serach Console. Hampir setiap hari ada yang memasukkan kata kunci pelat nomor kendaraan cutting.

Sebenarnya saya sudah pernah menguraikan bagaimana membuat master file untuk pelat nomor kendaraan yang siap dicutting dengan plotter. Namun kali ini saya akan berikan ulasan yang jauh lebih mudah dibandingkan teknik sebelumnya.

pelat nomor kendaraan cutting

Kali ini saya perkenalkan perangkat yang akan sangat membantu sobat untuk mendesain angka dan huruf untuk pelat nomor kendaraan. Baik pelat nomor kendaraan untuk mobil atau motor.

Langkah-langkah Membuat File Pelat Nomor Kendaraan


  1. Sobat harus memiliki lempeng bekas pelat nomor kendaraan secara lengkap. Lengkap maksudnya untuk motor ada angka 0 sampai 9, sedangkan huruf ada huruf A sampai Z. Usahakan lengkapi dahulu biar tidak bolak-balik dan capek sendiri. Sobat bisa mencarinya di tukang buat pelat nomor, kalau ada yang bekas punya konsumen pinjam saja untuk mendapatkan angka dan huruf yang lengkap.
  2. Kemudian sobat siapkan scanner. Scannar di sini ialah desktop scanner. Bukan aplikasi scanner yang bisa diunduh melalui play store di Android. Kemudian scan satu persatu lempengan pelat nomor kendaraan tadi secara bergantian. Untuk pelat nomor motor, satu kali scan bisa dua lempeng sekaligus.
  3. Langkah selanjutnya ialah mengolah hasil scan yang muncul di layar kompoter di aplikasi CorelDraw. Butuh ketelitian bagi sobat untuk meniru bentuk setiap tepi angka dan huruf yang ada. Buat saja dahulu, kalau butuh perbaikan nanti pada proses atau langkah malakukan pengecekan ukuran.
  4. Sekarang sobat sudah memiliki daftar lengkap huruf dan angka yang dibutuhkan untuk membuat sticker cutting pelat nomor kendaraan. Buatlah urutan angkanya juga hurufnya yang rapi lalu simpanlah file vektor tersebut ke folder yang sobat inginkan.

[Baca Juga: Traffic Sings Films dan CE Certified Buatan Orafol]

Itulah langkah-langkah mendesain file pelat nomor kendaraan yang banyak dipasan warga. Selanjutnya sobat harus melakukan uji coba apakah desain yang sudah disimpan ukurannya benar-benar pas saat ditempelkan di atas angka pada pelat nomor kendaraan aslinya.

Sobat harus melakukan pemotongan semua huruf dan angka untuk mendapatkan ukuran file master yang benar-benar siap digunakan. Setelah dicutting, misalnya huruf BP dan WA, cobakah tempelkan di pelat nomor kendaraan aslinya. Sobat akan melihat apakah ada bagian yang harus dipotong, ditebalkan, ditipiskan atau diperlakukan sedemikian rupa agar pas ukurannya.

Setelah yakin semua ukurannya pas, simpan kembali dengan menekan tombol Ctr + S di keyboard komputer atau laptop.

Modifikasi Bentuk Lain

Konsumen tidak hanya memesan satu bentuk pelat nomor kendaraan. Biasanya ada yang minta dibuatkan agak tebal, tebal, agak kurus, kurus, sudutnya tumpul. Oleh karena itu sobat modifikasi saja agar memiliki kategorinya per set.

Misalnya standar satu set, tebal satu set, gendut satu set, kurus satu set, lidi satu set dan tumpul satu set. Jika sobat sudah memiliknya secara langkap, sebenarnya sobat sudah memiliki file master pelat nomor kendaraan komplit.

Baca Juga: Cutting Sticker untuk Pelat Nomor Kendaraan

Perhatikan, saat mengubahnya ke dalam bentuk lain, misalnya dari standar ke tebal, dengan menggunakan tool di CorelDraw pasti ukuran tingginya lebih sekian milimeter. Sobat harus samakan lagi. Demikian juga dengan bentuk kurus atau lidi, harus disamakan lagi dengan tinggi jenis yang standar.

Hal tersebut akan sangat membantu saat memasang sticker cutting di atas huruf pelat aslinya. Jika tidak diubah terlebih dahulu, ada yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Cara Aman Saat Cutting

Alhamdulillah, sobat sudah memiliki master file pelat nomor kendaraan lengkap. Ada mobil standar, tebal, gemuk, kurus, lidi, tumpul dan sebagainya. Demikian juga dengan motor, jenis-jenisnya sama.

Nah, yang harus sobat perhatikan ialah saat ada pesanan dan harus memotongnya di plotter. Buka saja file master tadi, lalu kopilah huruf atau angka sesuai pesanan. dengan CorelDraw caranya sangat mudah. Klik kanan huruf atau angka yang ingin diduplikat, jangan dilepas mousenya lalu tarik ke area lain (drag) dan klik kanan secepatnya. Maka objek yang ingin diduplikat akan terkopi secara otomatis.

Selanjutnya, pilihlah huruf dan angka yang sudah terduplikat tadi lalu klik edit, cut atau klik kanan pilih cut. Buka halaman baru lalu klik kanan paste atau klik menu edit, lalu klik paste.

Mengapa harus dipindah ke halaman baru saat hendak dicutting? Jawabannta untuk menghindari hilangnya salah satu atau beberapa angka atau huruf di file masternya. Kalau dipindah ke halaman baru sudah pasti file master aman terkendali.

Itulah langkah langkah Membuat File Cutting Pelat Nomor Kendaraan di CorelDraw. Sebenarnya desain juga bisa dilakukan di aplikasi lain seperti Adobe Ilustrator atau AutoCad. Lihat dahulu mesin cutting sobat support aplikasi yang mana. Yuk semangat sobat sticker. ***

0 Response to "Membuat File Cutting Pelat Nomor Kendaraan di CorelDraw"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel