Mau Pasang Sticker Mobil? Timbang Kelebihan dan Kekurangannya

cuttingstickerupdate - Sticker atau stiker mobil bukan sesuatu yang baru di Indonesia. Itulah salah satu alasan mengapa di negeri ini banyak bermunculan toko sticker yang menyediakan jasa pemasangan sticker di tempat.

Sticker mobil atau kerap disebut stiker mobil variasi ialah teknik mengubah tampilan mobil agar lebih private, unik dan berbeda dari mobil sejenis lainnya.

Disebut membuat kendaraan lebih private karena tak jarang pemilik mobil yang meminta desain sticker yang dia banget. Misalnya pemiliknya juragan bakso daging marmut, dan dia minta didesainkan sticker yang menonjolkan usahanya.

Saat mobil tersebut berjalan, orang lain yang melihatnya akan langsung tahu dan berkata; Ooooh, mobil juragan bakso daging marmut rupanya.

sticker mobil
Helmi dan Izul dari Inilah Sticker memasang sticker mobil.

Juga disebut membuat penampakan mobil lebih unik. Sobat pasti pernah melihat atau malah salah satu dari sobat yang membuatnya hehe. Ada mobil sedan dengan sticker kepala hiu muncul dari lautan. Lalu ada juga sticker mobil yang bentuknya tirai yang gelap, namun tepi tirai itu terbuka dan tampak dua pasang mata di dalamnya. Entah lagi ngapain mereka dalam gelap.

Awas, ya, kalau masih suka gelap-gelapan saya akan laporkan ke Pak Ketua RT. Biar Ketua RT lapor Ketua RW, bawa Satpam dan ditangkap sepasang mahluk yang gelap-gelapan.

Yealah, kenapa jadi sampai berurusan dengan Pak RT bro? Kan cuma sticker variasi?

Istilah Skotlet Mobil

Percayalah, ketika ada konsumen datang ke tempat sticker sobat dan mengatakan ingin skotlet mobilnya, yang dimaksud ialah memasang sticker untuk mobilnya. Tinggal dijelaskan saja, mau full body atau sekadar stripping tipis-tipis.

Saya juga tak tahu pasti, sejak kapan muncul istilah skotlet di Indonesia. Saya coba cari di Google Translate dengan kata yang menyerupai, seperti scoothlite, scothlite dan sebagainya tetap saja gak ketemu terjemahannya.

[Baca JugaOracal Mahal? Pakai Asahi Saja Bro]

Demikian juga sewaktu saya membuka alamat situs kbbi.kemdikbud yang merupakan kamus besar daring (online), saya masukkan kata skotlet. Yang keluar justru notifikasi jika saya ingin memasukkan kata tersebut ke dalam daftar kata baru.

Begitulah, sudah umum warga menyebut skotlet mobil, skoklet mobil, yang dimaksud ya sticker mobil.

Stiker Mobil Keren

Ada satu lagi yang kadang membuat adik-adik saya sewaktu masih ada Bintan Wrapping bingung. Ada pemilik mobil datang begitu saja dan dengan santai menginginkan stiker mobil keren di kendaraannya.

Ia datang tanpa konsep, maunya mobilnya harus ditempel sticker sehingga keren. Jika sobat kedatangan konsumen seperti ini paling apmuh ialah menunjukkan kolskei sobat yang sudah dibukukan.

Dan percayalah, sobat tidak memilikinya. Paling juga difoto di ponsel, sementara sewaktu dicari entah sudah dihapus anak atau di mana. Kebanyakan konsumen diminta ikut di depan komputer kerja lalu dibuka file berisi desain-desain yang selama ini sudah pernah dibuat.

Kelebihan Sticker Mobil

Pertama, sebenarnya sticker yang dibalutkan di seluruh bodi mobil menjadi pelapis dari cat aslinya. Kan tidak mungkin sobat membeli mobil kalau hanya dipajang di garasi. Pasti dijadikan moda transportasi yang akan menembus panas dan hujan, terpapar sinar matahari.

Kedua, bukan hanya pakaian yang berjamur. Banyak faktor menjadi penyebab munculnya jamur. Memang saat awal-awal sobat akan sulit untuk mendetaksi. Namun lama-lama jamur itu akan muncul, misalnya saat mobil sering kehujanan namun tidak segera dibasuh atau dicuci. Nah, sticker mobil bisa mengatasinya.

[Baca Juga Cara Cepat Wrapping Kap Mesin Mobil]

Bahan sticker yang sangat bagus, anti gores, mampu melindungi bodi mobil sibat dari goresan karena terserempet mobil lain. Atau ulah iseng orang-orang yang sengaja menggores bodi mobil.

Ketiga, stiker bisa melindungi bodi dari goresan yang tak diinginkan. Bukan tak mungkin saat macet-macet ria, mobil terbaret kendaraan roda 2 kan? Apalagi jika ada tangan iseng yang dengan sengaja menggores bodi mobil.

Keempat, sticker yang bagus dengan pemasangan mantap akan membuat tampilan mobil lebih keren. Misalnya dengan menggunakan warna yang sedang trend atau banyak dipakai.

Kelima, terkait fungsi sticker sebagai pelindung lapisan cat mobil, akan menambah poin tersendiri saat sobat akan menjual kendaraan itu. Jadi jangan heran jika suatu ketika sobat kedatangan pemilik mobil yang difull wrapping namun minta dilepas. Ternyata mobil tersebut mau dijual dan pemiliknya ingin menunjukkan kepada calon pembelinya bahwa kondisi cat mobilnya masih kinclong.

Keenam, lebih ngirit. Perawatan mobil zaman sekarang banyak ragamnya. Dari yang sekadar laminasi hingga nano, entah teknologi macam apa lagi beberapa tahun ke depan. Sementara jika mobil sobat dibalut bahan sticker, untuk membersihkannya cukup dibasuh air.

Kekurangan Sticker Mobil

Pertama, butuh biaya untuk memasang sticker secara utuh. Jangankan utuh, untuk mamasang stripping sederhana kalau bukan ahlinya juga belum tentu bisa. Seyogyanya, silakan beri sentuhan mobil sobat dengan sticker jika memang butuh dan diperlukan.

Kedua, aturan hukum yang berlaku di negara ini juga harus sobat perhatikan. Salah satunya ialah dengan memperhatikan apakah warna dasar mobil sobat seperti tertera di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Jangan asal minta warna kesukaan jika nanti akan berhadapan dengan polisi lalulintas.

[Baca Juga Stiker Mobil Tahan Sampai 5 Tahun]

Ketiga, kerepotan jika ingin menjualnya secara mendadak. Tak jadi masalah jika calon pembeli memberikan waktu longgar dan ingin tetap mempertahankan stickernya. Bermasalah ketika yang bersangkutan ingin cepat-cepat dan sobat harus melepas stickernya. Karena ada teknik khusus melepaskan bahan sticker tanpa harus merusak cat bodi mobil.

Keempat, butuh biaya ekstra jika sobat membawanya ke tempat pemasangan sticker. Sobat pasti bingung, mau dilepas sendiri tapi takut mengganggu cat. Sementara kalau disuruh melepas tukang sticker pasti ada biayanya.

Nah, sekarang sobat tahu kelebihan serta kekurangan sticker mobil, apalagi yang benar-benar full sekujur bodi. Bijaksanalah dan mintalah pendapat beberapa teman, orang rumah atau siapa saja yang sekiranya bisa diajak diskusi. ***

0 Response to "Mau Pasang Sticker Mobil? Timbang Kelebihan dan Kekurangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel