Skip to main content

Posts

Showing posts from September 18, 2016

Mengatasi Hasil Cuttingan Terputus

cuttingstickerupdate - Mendesain untuk digunakan dalam prosescutting stiker berbeda dengan cetak untuk spanduk atau sejenisnya. Pada prinsipnya, mesin cutting hanya memotong outline dari setiap pola yang dipilih lalu jarum mesin cutting akan bergerak mengikutinya.

Jika pada desain untuk printing, saling tumpuk warna tak menjadi masalah. Namun tidak demikian dengan proses cutting.



Kali ini saya ingin berbagi sedikit ilmu saya yang diperoleh dari hasil mencoba dan mencoba sewaktu pertama kali memiliki mesin cutting dan mencoba memotong huruf sambung lewat CorelDraw.

Ini juga saya tulis untuk menjawab beberapa pertanyaan teman teman yang baru memulai belajar usaha cutting sticker, sekaligus belajar mengoperasikan mesin cutting dan desain lewat CorelDraw.

Untuk jenis huruf atau font seperti Brush Script atau jenis font sambung lain, tulisan yang terbentu seharusnya menyambung dan menyatu antara satu huruf dengan huruf lain dalam satu kata.

Jika diberi warna tanpa outline memang tak akan te…

Jangan Potong Bahan Sticker yang Bergelombang

cuttingstickerupdate - Vinyl yang akan dipotong dengan mesin cutting kadangkala muncul gelembung atau bekas lipatan namun tidak patah. Karena telanjur sudah dipasang di mesin cutting, ah,,, langsung potong saja.

Pada saat pengopekan, nah Anda baru merasakan deritanya. Tepian desain atau pola yang seharusnya terpotong sempurna eh tak bisa ditarik. Ditarik kuat, eh lapisan stikernya ikut tercabut.

Mungkin benar peribahasa dagelan: kalau ingin mencari pacar tukang stiker saja. Mengapa? Lihatlah cara mereka bekerja, memotong bahan dengan penggaris, membuat desain, memotong, mengopeki, memasang dan terima duit hehe. Saya suka bagian terakhir itu, terima dudududuiiit.Nikmatnya...



Halah hahaha. Tetapi benar, sepertinya dibutuhkan kekuatan untuk sabar agar menghasilkan karya stiker yang memuaskan bagi konsumen. Oke, saya akan membahas hal yang saya rasa pasti pernah dialami oleh tukang tukang stiker seperti saya.

Yaitu persoalan bahan stiker bergelombang. Menurut penjelasan saya, begini, di t…

Stiker Mobil Tahan Sampai 5 Tahun

cuttingstickerupdate - Membungkus mobil dengan bahan stiker vinyl yang diharapkan bisa awet sampai lima tahun? Jika Ada calon konsumen seperti itu apakah Anda akan langsung menerima tantangan darinya?

Hati hati, sebuah proses wrapping kendaraan bukan semata mata menerima ongkos pemasangannya plus harga bahan.

Yang saya maksudkan di sini ialah, pertama baca dahulu data teknis yang ada pada setiap bahan stiker. Bahan merek Oracal, Mactac, Avery, Arlon, Hexis, Teckwrap, 3M dan sebagainya tentu dibuat oleh pabrikan yang canggih.

Sudah dirancang sedemikian rupa, lalu berbagai penelitian sudah dilakukan sebelumnya agar produk mereka bisa bertahan sekian waktu.



Ada memang yang memberikan garansi ketahanan warna sampai lima tahun. Tetapi, ya tetapi semua tahapan harus dijalani secara benar. Misalnya kebiasaan membersihkan bodi mobil yang akan dilapisi stiker utuh.

Meski mobil yang datang terlihat bersih, jangan hanya disapu atau bersihkan dengan telapak tangan. Telapak tangan manusia hidup (s…

Menyimpan Bahan Stiker Gulungan

cuttingstickerupdate - Untuk menyimpan bahan stiker gulungan atau rol, diperlukan penanganan tersendiri. Cara menyimpan bahan stiker gulungan yang benar akan mempengaruhi kualitas bahan stiker itu sendiri. Juga memudahkan untuk pemakaian. Akhirnya akan didapatan waktu yang efektif.



Elemen atau faktor yang mempengaruhi bahan stiker gulungan dalam tempat penyimpanan adalah panas, air (kelembaban) dan tekanan.

Waspadai Panas Pertama panas, ada baiknya Anda menyimpan bahan stiker gulungan tidak di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Sehari dua hari mungkin tak akan terlihat. Tetapi jika lebih lama, akan mengakibatkan pemudaran warna stiker pada bagian yang terkena panas.

Bahkan jika sangat lama akan mempengaruhi lemnya. Usahakan menyimpan bahan stiker gulungan dalam ruangan atau setidaknya terlindung dari sinar matahari langsung.

Waspadai Air Kedua air, benda cair ini harus diwaspadai. Air bukan hanya air hujan yang jatuh dari atap bengkel Anda yang bocor dan mengenai gulungan ba…

Innograph, Mesin Cutting Stiker Rp4 Jutaan

cuttingstickerupdate - Satu lagi merek mesin cutting stiker buatan Tiongkok (China) yang masuk ke Indonesia. Ingat namanya, Innograph. Indonesia termasuk negara yang belakangan dimasuki Innograph setelah sebelumnya sukses di Singapura dan Thailand.

Dengan harga yang mampu bersaing serta tongkrongan yang kokoh, Innograph bisa menjadi jagoan baru para pebisnis cuting stiker di Indonesia.

Di pasaran Indonesia, Innograph meluncurkan tiga varian yakni Innograph R500 dengan lebar area potong 400 milimeter, Innograph R720 dengan lebar area potong 620 milimeter, dan Innograph R135 yang mampu memotong pada are efektif 1250 milimeter.



Harganya juga terbilang terjangkau, Innograph R500 dijual dengan harga Rp4 jutaan, Innograph R720 dibanderol Rp6 jutaan dan yang paling lebar Innograhp R135 bisa Anda bawa pulang dengan membayar Rp8 jutaan.

Itu kalau Anda membelinya di toko mesin percetakan yang letaknya di depan rumah atau saku kota. Kalau Anda berada di luar kota apalagi provinsi, ya harus tamba…

Membuat Stiker Cutting yang Rapi

cuttingstickerupdate - Membuat stiker cutting yang rapi? Silakan tertawa membaca postingan saya tersebut. Anggap saja stiker cutting sebagai wajah gadis cantik yang halus dan menawan. Ketika ia tumbuh remaja, ada jerawat menghias pipinya.

Bagi yang melihat mungkin menambah cantik. Namun tidak demikian dengan pemilik wajah tadi, ia akan sibuk mencari obat atau menghilangkannya. Hubungan jerawat dan stiker?

Begini, stiker tanpa jerawat bagaikan wajah gadis yang cantik yang saya sebutkan di atas. Soal siapa gadis cantik yang Anda bayangkan tentu saja bukan lagi urusan saya. Silakan Anda membayangkan wajah aktris dalam atau luar negeri yang wajahnya menakjubkan.

Nah membuat stiker cutting yang rapi bisa dilakukan jika tak ada banyak debu yang menghiasinya. Kecuali memang pemasan sudah lebih dahulu berpesan: mas stiker saya nanti dikasih debu dikit dikit ya hahahaha.



Debu ini akan sangat mengganggu ketika Anda membuat stiker cutting tumpuk. Bahan stiker, apalagi jenis reflektif akan sangat…