Mengatasi Hasil Cuttingan Terputus

cuttingstickerupdate - Mendesain untuk digunakan dalam proses cutting stiker berbeda dengan cetak untuk spanduk atau sejenisnya. Pada prinsipnya, mesin cutting hanya memotong outline dari setiap pola yang dipilih lalu jarum mesin cutting akan bergerak mengikutinya.

Jika pada desain untuk printing, saling tumpuk warna tak menjadi masalah. Namun tidak demikian dengan proses cutting.

hasil cutting terputus


Kali ini saya ingin berbagi sedikit ilmu saya yang diperoleh dari hasil mencoba dan mencoba sewaktu pertama kali memiliki mesin cutting dan mencoba memotong huruf sambung lewat CorelDraw.

Ini juga saya tulis untuk menjawab beberapa pertanyaan teman teman yang baru memulai belajar usaha cutting sticker, sekaligus belajar mengoperasikan mesin cutting dan desain lewat CorelDraw.

Untuk jenis huruf atau font seperti Brush Script atau jenis font sambung lain, tulisan yang terbentu seharusnya menyambung dan menyatu antara satu huruf dengan huruf lain dalam satu kata.

Jika diberi warna tanpa outline memang tak akan terlihat. Namun cobalah kosongan warnanya (uniform fill) dan berilah outline fill dengan hitam.

Maka akan terlihat bahwa antar huruf sebenarnya saling memotong. Jika langsung dipotong dengan mesin cutting akan antara satu huruf dengan lainnya juga akan saling memotong. Tentunya ini, selain tidak rapi juga akan menyulitkan pembeli saat pemasangan di media yang diinginkannya.

Untuk membuat antar huruf tidak terpotong dan menyambung sehingga membentuk satu kesatuan maka langkah langkahnya cukup sederhana. Saya menggunakan CorelDraw X4, namun pada versi lain saya rasa caranya sama.

Baik langkah atau tool yang digunakan. Sekali lagi, yang saya tuliskan ini hasil coba coba saya waktu pertama kali bersentuhan dengan mesin cutting. Jika ada teman teman yang memiliki langah lebih singkat mohon untuk berbagi.

Pertama, pilihlah klik tulisan yang akan disatukan dengan pick tool. Selanjutnya arahkan mouse ke menu CorelDraw dan pilih Arrange, lalu klik break apart atau dengan shortcut Ctrl + K ditekan bersamaan.

Hasilnya, antara satu huruf dengan huruf lainnya terpisah. Untuk mengeceknya, cobalah pilih salah satu hurufnya dan drag (tarik dengan tetap menekan mouse), maka huruf tersebut lepas dari kesatuannya semula.

Jika sudah terlepas, Anda bisa bebas membuat sedikit improvisasi. Misalnya huruf awalnya diputar ke kanan, huruf akhir diputar agak ke kiri atau sebagainya.

Sebenarnya dengan belajar menguasai shortcut pada CorelDraw akan mempermudah pekerjaan. Bisa sangat membantu dalam hal kecepatan.

Jika masih bingung tentu tak harus dipikirkan. Jika shortcut dipakai hampir setap saat dalam pekerjaan maka lama lama akan terbiasa dengan sendirinya.

Oh, ya, untuk Ctrl + K saya kotai dengan warna outline merah pada gambar nomor dua. Jika proses ini sudah dilalui, hanya tinggl beberapa klik untuk membuat hasil cuttingan menyatu dan tak lag terputus putus.

Putus cinta tinggal minta balik, lha kalau putus hasil cuttingan  terus mesin cuttingnya dibalik? Kwkwkwkw... ya hantjur mas bro.

Selanjutnya, pilih kata yang ingin diatur dengan pick tool. Ingat, bukan huruf ya yang dipilih, melainkan kata. Jika sudah, kembali arahkan pointer ke menu Arrange.

Kali ini yang harus diklik ialah pada perintah nomor dua dari bawah. Dari bawah kotak menu maksudnya Bro, bukan bawah kursi tempat Anda duduk. Hehe... bercanda.

Perintah yang dimaksud ialah Convert to Curve atau shortcutnya Ctrl + Q. Nah apa saya katakan di atas, daripada sibuk mencari mouse yang tba tba tak ada di samping komputer karena dimainkan anak atau keponakan yang tngannya nggrathil (artnya silakan cari di kamus Jawa - Indonesia ya hehe).

Apakah sudah siap untuk dicutting. Eit jangan buru buru sahabat, lihatlah cermat cermat. Antar huruf masih saling memotong tuh. Mau kalau hasil cuttinganmu nanti berantakan.

Ujung ujung hurufnya saling mengris. Duh malunya kalau sampai ketahuan yang pesan stiker. Karena banyak lho konsumen yang rela antri sambil duduk di samping Anda hanya untuk memperhatikan bagaimana proses cuttingnya.

Tinggl satu langkah lagi kok. Masih tetap pada posisi semua kata terpilih, arahkan pointer mouse ke atas. Pilihlah ikon seperti yang ada pada gambar. Yaitu ikon weld.

Klik saja dengan klik kiri dan tralala.... kata yang ingin dicutting nyambung kini sudah tak lagi putus putus. Langah ini bisa diterapkan untuk rangkaian huruf pada satu kata atau beberapa kata.

Begitulah tutorial singkat ni. Mohon maaf kepada para master yang ilmunya saya yakin sudah tingkat dewa. Harapan saya agar bisa membantu teman teman yang baru dan belajar CorelDraw dan cutting stker.

Baca Juga:

Jangan Potong Bahan Sticker yang Bergelombang

Stiker Mobil Tahan Sampai 5 Tahun

Menyimpan Bahan Stiker Gulungan

Semoga semangat para stickerist Indonesia tidak gampang terputus putus melainkan tetap berkobar.

0 Response to "Mengatasi Hasil Cuttingan Terputus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel